Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

20 Trik Cara Memakai Parfum agar Wanginya Tahan Lama

20 Trik Cara Memakai Parfum agar Wanginya Tahan Lama

Moms, Pernah enggak Anda merasa wangi parfum yang Anda gunakan kok cepat hilang? Dilihat dari jenisnya, wewangian berjenis eau de parfum atau yang biasa disebut parfum ini diklaim bisa tahan hingga 8 jam, karena tingginya konsentrat esens parfum tersebut. Namun, jika wangi parfum sudah hilang padahal baru disemprotkan 2 jam lalu, maka metode penggunaannya mungkin yang kurang tepat.

Ya, jika diaplikasikan tidak benar, aroma parfum akan mudah hilang. Namun, tak perlu khawatir, karena ada beberapa trik memakai parfum agar wanginya tahan lama. Let’s reveal the secrets!

1. Gunakan deodoran yang tidak wangi. Soalnya, wangi deodoran bisa menyatu dengan aroma parfum Anda, dan sering kali mengganggu keharmonisan aroma dari parfum itu sendiri.

2. Perhatikan jenis konsentrat parfum Anda. Dari sekian banyak jenis cairan wewangian, eau de parfum atau parfum adalah yang paling intens dan mengandung paling banyak konsentrat wewangian.

3. Aplikasikan parfum setelah menggunakan minyak tubuh yang tidak beraroma. Pasalnya, parfum akan lebih lama menempel pada kulit yang berminyak daripada kulit yang kering. Karena itu, gunakan minyak tubuh pada kedua tangan atau area tubuh lainnya sebelum menggunakan parfum.

4. Semprotkan parfum pada pakaian Anda. Serat pakaian mampu menahan aroma parfum dalam jangka waktu yang lama, lho.

5. Aplikasikan parfum dengan menyemprotkannya langsung ke tubuh, bukan ke udara dulu. Meski tampak keren, menyemprotkan parfum ke udara dulu lalu berjalan melaluinya adalah langkah sia-sia. Menyemprotkan langsung ke kulit merupakan cara terbaik.

6. Semprotkan parfum di telinga bagian atas. Meski terdengar aneh, trik ini sangat mujarab. Makin berminyak kulit Anda, maka makin tahan lama parfum menempel di tubuh Anda. Yang perlu Anda tahu, bagian atas telinga Anda sedikit lebih berminyak daripada bagian belakang telinga.

7. Jangan simpan parfum di kamar mandi. Panas, cahaya, dan kelembapan akan merusak kualitas dan intensitas parfum Anda. Karena itu, lebih baik simpan parfum Anda di tempat yang kering dan sejuk. Hindari menyimpan parfum di depan jendela ya, Moms.

8. Siapkan kulit dengan petroleum jelly sebelum mengenakan parfum. Moms bisa oleskan sedikit petroleum jelly di pergelangan tangan sebelum mengenakan parfum. Soalnya, balsam ini bisa menjaga aroma parfum lebih lama di kulit Anda.

9. Gunakan body lotion yang tak beraroma sebelum memakai parfum. Pijat kulit Anda dengan body lotion tanpa aroma sebelum menggunakan parfum. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, aroma parfum akan lebih tahan lama di kulit yang berminyak.

10. Kenakan parfum setelah mandi. Kulit yang lembap setelah mandi bisa membantu mengunci aroma parfum lebih lama. Selain itu, langkah ini dapat mencegah bercak parfum pada pakaian dengan bahan yang rentan atau perhiasan.

11. Jangan gosok parfum pada pergelangan tangan setelah disemprot. Menggosok kedua pergelangan tangan akan mendorong aroma parfum lebih cepat hilang. Alih-alih menggosok kedua tangan, Moms bisa tepuk lembut atau biarkan saja.

12. Aplikasikan parfum pada beberapa titik nadi, seperti pergelangan tangan, bagian dalam siku, leher, belakang lutut, pergelangan kaki, dan di bawah perut. Bagian tubuh ini cenderung lebih hangat daripada bagian tubuh lainnya, sehingga bisa membantu menyebarkan aroma parfum ke seluruh tubuh.

13. Aplikasikan parfum dengan sisir. Menyemprotkan parfum langsung ke rambut akan membuat rambut jadi kering. Lebih baik Moms menyemprotkan parfum ke sisir terlebih dulu, sehingga rambut bisa lebih wangi dan tidak cepat rusak.

14. Gunakan wewangian khusus rambut. Jika Moms masih khawatir parfum akan bisa merusak rambut Anda, maka Moms bisa gunakan wewangian khusus yang dibuat untuk rambut.

15. Pelajari istilah parfum yang umum, seperti top notes (aroma pertama yang Anda cium setelah menyemprotkan parfum, biasanya hilang lebih cepat), middle atau heart notes (aroma yang muncul setelah top notes hilang), dan base notes (aroma paling kuat yang akan bertahan paling lama).

16. Campur parfum Anda dengan lotion tanpa aroma. Jika parfum sudah mau habis, Anda bisa campur tetes-tetes terakhir parfum dengan lotion tanpa aroma untuk memaksimalkan penggunaannya. Tidak ada yang terbuang, deh!

17. Lapisi parfum Anda. Moms bisa menciptakan aroma parfum sendiri dengan melapisinya dengan berbagai aroma lain. Semprotkan berbagai wewangian pada kertas, lalu cium untuk melihat kecocokannya. Jika sudah menemukan kombinasi yang Anda suka, maka Moms bisa mencobanya di kulit Anda. Semprotkan parfum dengan aroma yang paling kuat dahulu, kemudian lapisi dengan parfum dengan aroma yang lebih ringan.

18. Gunakan tisu penghapus makeup untuk menghilangkan aroma yang tidak diinginkan. Mudah, cepat, dan efektif!

19. Gunakan parfum dengan cotton buds. Semprotkan sedikit parfum pada cotton buds, lalu bawa cotton buds itu dalam tas Anda. Dengan begini, Moms bisa lakukan touch up singkat tanpa membawa botol parfum Anda.

20. Aplikasikan parfum pada kertas tisu. Moms bisa harumkan seluruh pakaian Anda dengan trik ini: Semprotkan parfum Anda pada kertas tissue, lalu simpan tissue ini di lemari pakaian Anda.

Selamat mencoba, Moms! (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Lookstudio/Freepik)