Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rekomendasi Serum Retinol yang Aman untuk Pemula

Rekomendasi Serum Retinol yang Aman untuk Pemula

Produk perawatan kulit dengan kandungan retinol belakangan makin banyak digemari dan jadi tren di dunia kecantikan. Ada banyak manfaat retinol, antara lain membuat kulit cerah bercahaya; menyamarkan garis halus, flek hitam, dan kerutan; mengurangi pigmentasi; dan mengatasi jerawat.

Meskipun begitu, penggunaan retinol tidak boleh asal-asalan. Jika Moms tertarik untuk memakainya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin mulai menggunakannya, yakni:

  • Pilih produk yang tepat dan sesuaikan dengan jenis kulit Anda. Untuk pemula dan punya jenis kulit sensitif, Anda disarankan memakai retinol dengan formula ringan atau jenis retinyl palmitate.
  • Hindari memakai retinol berlebihan. Terlalu banyak retinol bisa berisiko mengiritasi kulit.
  • Jangan gunakan retinol dengan serum lain bersamaan, karena bisa membakar kulit dan membuat iritasi.
  • Jangan lupa memakai sunscreen atau tabir surya di pagi hari setelah memakai retinol di malam hari, karena retinol akan bikin kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Nah, jika Moms tertarik untuk mulai menggunakan serum retinol, berikut ini beberapa rekomendasi dari M&B untuk serum retinol lokal yang aman buat pemula.

1. Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Produk ini punya kandungan utama 3% Actosome Retinol yang 50% lebih rendah efek sampingnya pada kulit dibandingkan retinol lainnya. Dipadu dengan kandungan vitamin E, ekstrak pomegranate, dan ekstrak green tea, Avoskin Miraculous Retinol Ampoule bekerja secara optimal memicu regenerasi sel kulit sehingga meningkatkan produksi kolagen alami pada kulit.

Serum ini merupakan salah satu produk anti-aging dari Avoskin yang bisa digunakan untuk usia mulai dari 20 tahun dan efektif untuk mencerahkan kulit wajah dan meredakan jerawat, menjaga elastisitas kulit, menyamarkan noda hitam dan garis halus, serta menunda munculnya tanda penuaan dini pada kulit.

Beli di Tokopedia

2. Somethinc Level 1% Encapsulated Retinol

Didukung dengan teknologi enkapsulasi, produk ini lebih stabil dan 2 kali lebih efektif dibandingkan retinol biasa, tetapi tetap gentle. Somethinc Level 1% Encapsulated Retinol mampu menyamarkan kerutan halus, membantu mengencangkan kulit, menjaga keremajaan dan kekenyalan kulit dengan retinol yang merupakan gold standard for anti-aging.

Serum ini juga mengandung 4-t-Butylcyclohexanol yang teruji secara klinis dapat meredakan gejala iritasi dengan cepat. Moms bisa memakainya di malam hari dan Anda wajib menggunakan sunscreen di pagi hari.

Beli di Tokopedia

3. Whitelab Retinol Treatment Serum

Serum ini mengandung encapsulated retinol 1%, ferulic acid, hyaglutamic 10000TM, Ceramide-4 yang merupakan ”gold standard” untuk mengatasi penuaan kulit wajah. Encapsulated retinol 1% sendiri merupakan retinol dengan teknologi enkapsulasi yang bisa memudahkan penyerapannya pada kulit tanpa menyebabkan iritasi.

Whitelab Retinol Treatment Serum mampu membantu proses stimulasi regenerasi kulit sehingga wajah tampak awet muda, terasa kenyal dan kencang, serta membantu menyamarkan flek hitam pada wajah.

Beli di Tokopedia

4. Erto's Retinol Serum

Erto’s memiliki 2 varian serum retinol, dan yang satu ini punya dosis yang lebih rendah sehingga ramah untuk pemula. Dengan konsentrasi 0,5% retinol, Erto's Retinol Serum ampuh untuk mencerahkan kulit, meratakan warna kulit, menyamarkan noda hitam dan kerutan.

Selain itu, produk ini juga diperkaya dengan lipochroman-6, soybean oil, dan aloe vera extract yang berperan sebagai agen antipenuaan dan antioksidan untuk kulit. Produk ini juga cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

Beli di Tokopedia

5. ElsheSkin Retinol Rejuvenating Night Serum

ElsheSkin Retinol Rejuvenating Night Serum merupakan serum wajah dengan 1% encapsulated retinol yang membantu meregenerasi, meremajakan kulit, hingga mengoptimalkan skin barrier. Dengan perpaduan kandungan aktif terbaik, serum ini menjadikan kulit tampak lebih muda, lembap, cerah merata, dan bercahaya.

Cara memakainya, Moms perlu membersihkan muka terlebih dulu dengan cuci muka dan memakai toner. Setelah itu teteskan 5-6 tetes serum ke telapak tangan, usapkan ke seluruh wajah secara tipis dan merata, lalu pijat dan tepuk hingga meresap sempurna.

Beli di Tokopedia

(M&B/SW/Foto: Freepik, Tokopedia)