Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Sakit Perut Bagian Bawah saat Hamil, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sakit Perut Bagian Bawah saat Hamil, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ada banyak keluhan yang dialami seorang wanita saat menjalani masa kehamilan. Salah satunya adalah merasakan sakit atau nyeri perut bagian bawah. Apakah Moms juga mengalaminya ketika Anda hamil? Rasa nyeri ini bisa terasa pada kedua sisi perut atau hanya pada salah satu sisi, biasanya di sisi kanan.

Kondisi ini umumnya terjadi saat usia kehamilan memasuki trimester 2. Meskipun begitu, nyeri perut bagian bawah juga bisa dialami sebagian ibu hamil hingga trimester 3. Jika Anda mengalaminya, tak perlu panik, Moms. Sakit perut bagian bawah merupakan kondisi normal yang terjadi pada bumil.

Penyebab sakit perut bagian bawah saat hamil

Sakit atau nyeri perut bagian bawah saat hamil disebabkan adanya nyeri pada jaringan ikat yang disebut ligamen. Melansir WebMD, Kehamilan bisa menyebabkan ligamen menjadi panjang dan kencang. Pertumbuhan janin yang membuat perut membesar juga akan menyebabkan ketegangan pada ligamen.

Kondisi tersebut akhirnya menyebabkan ligamen Anda mengencang terlalu cepat dan menarik serabut saraf. Hal ini memicu rasa sakit atau nyeri yang menusuk. Nyeri yang dialami biasanya terasa di sisi kanan perut bumil. Namun, tak jarang bumil juga bisa merasakan nyeri di kedua sisi perut.

Kabar baiknya, sakit perut bagian bawah saat hamil hanya bersifat sementara dan biasanya cuma berlangsung sebentar. Namun, aktivitas dan gerakan yang mendadak bisa membuat nyeri tersebut muncul kembali, misalnya jika Moms tiba-tiba berdiri terlalu cepat, batuk, bersin, tertawa, atau bahkan berguling di tempat tidur.

Cara mengatasi sakit perut bagian bawah saat hamil

Sakit atau nyeri perut bagian bawah saat hamil memang mengganggu dan bikin Anda merasa tak nyaman ya, Moms. Namun, gangguan ini umumnya bisa Anda atasi sendiri di rumah. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakan sakit perut bagian bawah saat hamil, yakni:

Hindari melakukan gerakan yang tiba-tiba. Jika Anda hendak mengubah posisi, lakukan secara perlahan, misalnya saat bangkit dari tempat duduk untuk berdiri, karena gerakan yang mendadak bisa mengundang nyeri perut datang menyerang.

Gunakan kompres hangat. Untuk meredakan nyeri, bumil bisa tempelkan handuk yang sudah dicelupkan air hangat untuk mengompres bagian bawah perut Anda yang terasa sakit.

Minum obat pereda nyeri. Jika perlu, Moms bisa konsumsi obat pereda nyeri untuk mengatasi sakit perut di bagian bawah. Namun, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum Anda minum obat agar tidak menimbulkan efek samping terhadap kondisi kehamilan Anda dan janin dalam kandungan.

Olahraga secara teratur. Bumil bisa lakukan olahraga ringan atau prenatal yoga untuk mengatasi gangguan ini. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk tahu gerakan olahraga yang aman buat bumil.

Kapan mesti ke dokter?

Sakit atau nyeri perut bagian bawah saat hamil memang kondisi yang normal dialami bumil. Namun, Moms perlu segera ke dokter jika sakit perut bagian bawah dirasakan sangat mengganggu atau tidak kunjung mereda. Apalagi jika nyeri yang dialami disertai dengan demam, nyeri saat buang air kecil, dan kesulitan untuk berjalan. (M&B/SW/Foto: Senivpetro/Freepik)