Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

8 Rekomendasi Klub Olahraga Berbagai Cabang untuk si Calon Atlet

8 Rekomendasi Klub Olahraga Berbagai Cabang untuk si Calon Atlet

Setiap anak punya bakat dan minat yang berbeda-beda, misalnya di bidang sains, seni, atau olahraga. Jika anak Anda punya bakat dan minat di bidang olahraga, Moms bisa mendukungnya dengan cara mengajaknya bergabung di klub olahraga. Siapa tahu Si Kecil bisa jadi atlet terkenal, kan?

Kini ada banyak klub olahraga yang menerima anak sejak usia balita sebagai anggota dan dilatih untuk menjadi atlet. Nah, untuk membantu Moms, M&B punya rekomendasi klub olahraga untuk Si Kecil dari beberapa cabang olahraga berikut ini.

1. Sepak bola

Akademi Sepak Bola Intinusa Olah Prima Apacinti atau yang dikenal sebagai ASIOP Football Academy merupakan salah satu klub sepak bola kondang di Indonesia. Berita terbaru dari akademi sepak bola ini, tim U-16 mereka sedang bertanding di Gothia Cup Swedia.

Tak hanya itu, ASIOP juga menjalin kerja sama dengan kesebelasan UD Lagrones dan akan mengirim beberapa anak didiknya untuk berlatih di Spanyol. Klub ini berlokasi di Tribun Hockey Kompleks GBK Senayan dan Sentul.

2. Berenang

Jika Si Kecil suka berenang dan ingin menjadi atlet renang, ia bisa bergabung di Pari Sakti Swimming Club yang menyediakan kelas renang mulai dari learn to swim hingga pembinaan prestasi.

Pemilik sekaligus pelatih klub ini adalah Radja Nasution, yang kelima anaknya pernah menjadi atlet renang andalan Indonesia di tingkat internasional. Klub ini pun sering meraih prestasi di berbagai kejuaraan renang. Selain berenang, PSSC juga menyelenggarakan kelas diving dan aquarobic.

3. Bulu Tangkis

Bulu tangkis merupakan salah satu cabang olahraga populer di Indonesia. Jika Si Kecil punya bakat bermain bulu tangkis, Moms bisa mendaftarkannya ke klub PB Jaya Raya, klub yang telah mencetak segudang prestasi dan menjadi salah satu klub bulu tangkis terbesar di Indonesia.

Banyak dari atlet jebolan klub ini yang telah berkompetisi di tingkat internasional dan menjadi juara dunia, misalnya Greysia Polii, Apriyani Rahayu, Hendra Setiawan, dan Marcus Fernaldi Gideon. Tempat berlatihnya pun tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, seperti Jakarta, Jombang, Solo, dan Yogyakarta.

4. Gymnastic

Jika Si Kecil memiliki badan yang lentur, tidak ada salahnya bila Moms mengajaknya bergabung di klub Gavrila Gymnastics. Klub senam yang didirikan sejak tahun 2001 ini memiliki program untuk kinder, kids, dan teen. Teknik yang diajarkan juga sudah disesuaikan dengan standar internasional FIG (Federation International of Gymnastic). Dengan pelatihan yang menyenangkan, sudah banyak prestasi gemilang diraih klub ini.

5. Wushu

Wushu juga menjadi salah satu cabang olahraga yang makin digemari anak-anak. Salah satu klub yang bisa Si Kecil ikuti adalah Yayasan Inti Bayangan dengan salah satu pelatihnya adalah Achmad Hulaefi, juara SEA Games 2017. Sudah ada segudang prestasi yang dicetak oleh klub wushu yang memiliki jumlah anggota lebih dari 200 orang ini. Sasana Inti Bayangan berlokasi di Gelora Bung Karno Senayan Pintu IV, Sekolah Harapan Ibu (Pondok Pinang), Pondok Gede, dan Bintaro Jaya.

6. Basket

Basket kini menjadi cabang olahraga favorit buat anak-anak, baik laki-laki maupun perempuan. Jika Si Kecil tertarik dengan basket, Moms bisa mengajaknya untuk bergabung di Victoria Basketball Club yang berlokasi di Jakarta dan Bogor. Ada berbagai kelas, mulai dari beginner hingga atlet dewasa. Klub ini sudah mengikuti berbagai pertandingan hingga kejuaraan nasional dengan segudang prestasinya.

7. Lari

Lari merupakan cabang olahraga basic dari berbagai cabang olahraga lainnya. Moms bisa ajak Si Kecil bergabung di Suryo Agung Running School yang dimiliki oleh sang pelari cepat di SEA Games 2009. Ada kelas untuk regular, private, dan group yang berlokasi di Senayan Park. Prestasi membanggakan sudah diciptakan oleh banyak anggotanya dengan para pelatih hebat, seperti Luky Afari, Robby Sudrajat, dan Suryo Agung sendiri.

8. Tenis

Sejak kecil, mungkin saja anak Moms sudah menunjukkan ketertarikan dengan olahraga tenis. Jakarta International Tennis Academy atau JITA bisa menjadi klub yang Si Kecil ikuti untuk bisa berlatih sebagai atlet tenis. Prestasi yang dibuat oleh para atlet dari JITA pun sangat banyak, seperti dalam kejuaraan nasional di Yogyakarta pada awal 2022. Lokasi berlatihnya sendiri berada di Cilandak Sports Center, Sekolah Duta Pondok Indah, dan UMS 80 Tennis Court.

Jadi, klub olahraga apa yang akan Si Kecil ikuti, Moms? Semoga bisa mewujudkan cita-citanya sebagai atlet di masa depan, ya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Master1305/Freepik, Instagram)