Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Cara Membersihkan Kuas Makeup yang Benar

Cara Membersihkan Kuas Makeup yang Benar

Kuas makeup diibaratkan senjata penting yang harus dimiliki setiap wanita, terutama bagi Anda yang senang merias wajah. Saking pentingnya, Moms pasti berusaha merawat dengan baik kuas-kuas makeup Anda sehingga bisa dipakai untuk waktu yang lama.

Nah, salah satu cara untuk merawat kuas makeup adalah dengan rajin membersihkannya. M&B jadi penasaran nih, masih ingat enggak sih kapan terakhir kali Moms membersihkan kuas makeup Anda? Apakah setelah selesai makeup Moms langsung membersihkannya?

Faktanya, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Anisa International yang merupakan manufaktur alat kecantikan premium di AS, 39% pengguna kuas makeup membersihkannya kurang dari sekali dalam sebulan, sementara 22% lainnya mengaku tidak pernah membersihkan kuas makeup mereka.

Dampak menggunakan kuas makeup yang kotor

Untuk Moms yang masih malas membersihkan kuas makeup, sebaiknya Anda meninggalkan kebiasaan buruk ini. Perlu diketahui, kuas makeup yang Anda celupkan ke dalam banyak produk cair, krim, dan bedak setiap hari bisa membuat bulu sikat lebih sulit bergerak bebas dan mulus sehingga berpengaruh pada sesi blending makeup kita yang menjadi kurang efektif.

Tak hanya itu, penggunaan kuas makeup yang kotor juga diketahui dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Hal ini dipertegas oleh Cristina Monaco, asisten dokter bersertifikat dari Schweiger Dermatology Group di New York pada laman Elle, penumpukan kotoran dan minyak pada kuas makeup bisa menyebabkan jerawat dan mungkin saja ruam yang disebut dermatitis.

Sementara itu, Dr. Stefanie Williams, dokter kulit dari Klinik Eudelo, London, mengatakan bahwa penggunaan kuas makeup yang kotor dikaitkan dengan penuaan dini. “Tidak ada studi klinis untuk mengonfirmasi hal ini, tetapi secara teori, kuas makeup yang kotor bisa menyebabkan kerusakan kolagen dan elastin dan stres oksidatif kulit dari radikal bebas–yang semuanya merupakan faktor penuaan kulit dini,” ungkapnya pada laman Glamour Magazine UK.

Frekuensi membersihkan kuas makeup

Mengetahui dampak penggunaan kuas makeup yang kotor tentunya bikin Moms sadar untuk membersihkan kuas makeup sebagai rutinitas. Membersihkan kuas makeup ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan minyak sisa riasan makeup yang ada pada kuas makeup Anda. Lalu, sesering apa kita harus membersihkan kuas makeup?

Bagi Moms yang berprofesi sebagai penata rias atau gemar memakai makeup di keseharian, sebaiknya Anda melakukan pembersihan kuas makeup setiap kali setelah selesai digunakan. Sementara untuk kuas wajah seperti yang digunakan untuk mengaplikasikan foundation, concealer, atau bedak, Anda bisa membersihkannya seminggu sekali. Kemudian untuk kuas mata atau kuas yang Anda gunakan untuk warna yang berbeda, bersihkan di sela-sela penggunaan.

Yuk, bersihkan kuas makeup Anda!

Selama ini mungkin Moms hanya membersihkan kuas makeup menggunakan sabun cair lalu membilasnya dengan air dan mengeringkannya. Namun, dengan mengetahui beberapa cara membersihkan kuas makeup berikut, Anda bisa memastikan kuas makeup akan kembali higienis sehingga juga meningkatkan pengaplikasian produk makeup Anda. Berikut caranya, Moms.

Mencuci kuas makeup

Saat mencuci kuas makeup, sebaiknya Moms menggunakan sabun antibakteri atau sampo bayi bebas silikon dengan air hangat. Penggunaan cairan pembersih memang bisa menghilangkan semua minyak pada kuas, tetapi juga bisa merusak bulu alami kuas makeup Anda dalam jangka panjang.

Tahapan awal saat mencuci kuas makeup adalah dengan mencelupkan setiap sikat satu per satu di bawah air mengalir, lalu masukkan ke dalam mangkuk berisi sampo atau sabun lembut, kemudian gosok perlahan dengan jari Anda untuk mendapatkan busa selama beberapa menit.

Memutar kuas makeup

Setelah membersihkan kuas makeup dengan sabun, Moms bisa pegang kuas Anda di bawah air mengalir untuk memastikan sisa busa sabun pada kuas menghilang. Cara efektif lainnya untuk menghilangkan busa pada kuas makeup Anda adalah dengan menggunakan silicon mat lalu putar-putarkan kuas Anda, tahan selama 2-3 detik, dan pastikan kuas makeup telah berkilau bersih.

Mengeringkan kuas

Bila masih ada sisa kotoran atau busa pada kuas, Moms bisa mengulangi kedua langkah di atas. Namun bila tidak, Anda bisa memeras air dari kuas kemudian taruh di atas handuk sampai kering. Cara ini dilakukan untuk memastikan air tidak mengalir ke gagang kuas dan menghilangkan lem pada gagang kuas.

Ketika mengeringkan kuas, pastikan Anda meletakkannya dalam barisan yang rapi agar kuas kering sempurna dan tidak berbau.

Nah, Moms, ternyata tidak sulit kan membersihkan koleksi kuas makeup Anda di rumah? Jadi, mulai sekarang rajinlah membersihkan kuas makeup Anda, ya! (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Jcomp/Freepik)