Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Belajar Soal Nutrisi Ibu Hamil dan Seru-seruan Bareng di Webinar M&B X PRENAGEN

Belajar Soal Nutrisi Ibu Hamil dan Seru-seruan Bareng di Webinar M&B X PRENAGEN

Kehamilan merupakan salah satu momen paling membahagiakan bagi seorang ibu. Namun, tak bisa dimungkiri, pengalaman terbaik dalam hidup pun dapat dihiasi oleh berbagai tantangan, tak terkecuali momen kehamilan.

Kecukupan nutrisi selama hamil adalah salah satu hal yang sering memunculkan kekhawatiran pada ibu hamil. Pasalnya, jika kurang, lebih, atau salah, maka bukan hanya kesehatan bumil yang akan terpengaruh, tapi juga perkembangan Buah Hati.

Oleh karena itu, mencari informasi dari sumber yang tepat dan belajar lebih banyak soal nutrisi kehamilan sangatlah penting. Memahami hal tersebut, PRENAGEN berkolaborasi dengan Mother & Beyond mengadakan webinar dengan tema “Bumil Rentan Kurang Nutrisi, Benarkah?” bersama dr. Febriyan Nicolas K., SpOG, M.Kes, dokter spesialis kandungan, dan dr. Muliaman Mansyur, Healthcare Communicator, pada 29 Oktober 2022 lalu.

Mau tahu keseruan acara webinar tersebut, Moms? Simak liputannya berikut ini, yuk!

Belajar dari para ahli

Belajar Soal Nutrisi Ibu Hamil  dan Seru-seruan Bareng di Webinar M&B X PRENAGEN

Dokter Febriyan Nicolas K., SpOG, atau yang lebih sering disapa dr. Nico, menjelaskan bahwa nutrisi lengkap harus dipenuhi pada setiap trimester kehamilan. Bahkan, beberapa nutrisi harus dipenuhi sejak persiapan kehamilan.

“Asam folat tidak hanya dikonsumsi saat hamil. Jadi, dari 3 bulan sebelum perencanaan kehamilan hingga akhir trimester, asam folat diperlukan secara krusial,” kata dr. Nico. Asam folat sendiri merupakan jenis vitamin untuk mencegah cacat tabung syaraf otak.

Tak hanya membahas nutrisi kehamilan, dr. Nico juga membahas berbagai masalah yang umum dialami ibu hamil. “Di trimester pertama yang paling banyak adalah mual muntah. Jadi, banyak ibu hamil di trimester pertama yang kekurangan nutrisi,” ujar dr. Nico.

“Di trimester kedua mulai ada sakit pinggang, sakit pinggul, dan sebagainya. Di trimester ketiga, sudah siap-siap menyusui sehingga bisa memulai asupan nutrisi persiapan menyusui. Selain itu, ada pula berbagai masalah lain, seperti rasa sakit di tulang selangkangan hingga nafsu makan yang sulit dikontrol,” timpal dr. Nico.

Selain itu, menurut dr. Muliaman, mual dan muntah bisa menjadi salah satu tantangan terbesar bagi ibu hamil, karena bisa menghambat proses pemenuhan nutrisi harian. Untuk mengatasi hal tersebut, dr. Muliaman membagikan beberapa tips, yakni:

1. Jaga pola makan teratur. Makan 3 kali sehari untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian ibu hamil. Moms bisa adopsi pola makan “Isi Piringku” dari Kemkes RI, yakni 1/3 porsi berisi karbohidrat (nasi, kentang, dan sebagainya), 1/3 porsi sayuran, 1/6 porsi buah-buahan, dan 1/6 porsi lauk pauk.

2. Pahami bahwa ada tambahan kalori selama hamil, sebanyak 300-500 kalori sehari. Untuk itu, lengkapi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi sumber gizi tambahan, seperti susu.

3. Konsumsi susu sebanyak 1-2 gelas sehari. Pasalnya, susu mampu melengkapi kebutuhan makronutrien dan mikronutrien saat hamil dengan maksimal. Sebagai catatan, makronutrien adalah gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah besar, sedangkan mikronutrien adalah gizi yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah lebih sedikit. Meski berbeda, baik makronutrien dan mikronutrien sama pentingnya buat tubuh.

Senada dengan dr. Muliaman, dr. Nico juga menyatakan pentingnya minum susu selama hamil. “Makronutrien dan mikronutrien memang bisa ditemukan pada makanan. Meskipun begitu, akan sulit untuk menghitung jumlah nutrisi tertentu pada makanan agar bisa mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Untuk itu, Moms bisa konsumsi susu agar nutrisi selama hamil tercukupi,” kata dr. Nico.

Kejutan spesial untuk para Moms

Belajar Soal Nutrisi Ibu Hamil  dan Seru-seruan Bareng di Webinar M&B X PRENAGEN

Karena dilakukan secara online melalui Zoom, tidak sedikit peserta dari luar Jakarta yang turut bergabung dalam webinar ini. Para peserta pun bisa langsung bertanya kepada para ahli dan membekali diri mereka dengan informasi yang tepat.

Enggak cuma itu, setiap peserta yang hadir dan 20 Moms penanya yang beruntung berhak mendapatkan voucher diskon belanja PRENAGEN di Prenagen World Official Shop di Shopee. Eits, ada kejutan lain juga buat para Moms peserta webinar nih, yaitu lucky draw yang berhadiah e-wallet untuk 10 orang yang beruntung. Seru banget kan, Moms?

Belum sempat gabung di webinar M&B X PRENAGEN? Tak perlu khawatir, Moms. Nantikan keseruan acara dari M&B dan PRENAGEN selanjutnya ya, Moms! (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Dok. M&B)


Read Next

More Frombump to birth