Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

TipTip, Aplikasi untuk Bantu Content Creator Indonesia Berkarya

TipTip, Aplikasi untuk Bantu Content Creator Indonesia Berkarya

Di era digital seperti saat ini, content creator termasuk salah satu profesi yang cukup menjanjikan. Anda tentunya sudah banyak melihat kisah sukses para content creator di Indonesia dan bermimpi ingin menjadi salah satu dari mereka.

Perlu diketahui, Asia Tenggara memiliki potensi pasar kreator yang sangat besar. Bahkan di Indonesia saja diperkirakan jumlah kreator akan bertumbuh sebanyak 15% per tahunnya hingga 2027.

Namun, harus diakui, saat ini tidak mudah bagi content creator pemula untuk bisa meraih sukses. Selain adanya sistem algoritma, content creator baru harus bisa “mengumpulkan” massa agar karyanya bisa menghasilkan uang.

“Bagaimanapun juga, teman-teman yang membuat konten salah satu niatnya tentu ingin bisa hidup dari konten mereka. Namun, hal itu sekarang menjadi masalah karena untuk mendapatkan income dari konten yang kita buat, kita harus punya traffic yang besar. Untuk punya traffic yang besar, kita harus punya penonton atau fan base. Untuk punya fan base, kita harus sering muncul di mana-mana,” ungkap salah satu content creator sukses, Arief Muhammad.

“Pada akhirnya, banyak orang yang membuat konten bagus di media sosial. Tapi masalahnya tidak semua orang bisa hidup dari media sosial padahal sudah membuat effort yang besar untuk membuat konten,” lanjutnya.

Lakuin di TipTip

Nah, untuk membantu para content creator berkualitas di Indonesia, telah hadir TipTip. Beroperasi sejak Juli 2022, TipTip merupakan aplikasi yang notebene menjadi one-stop solution bagi pembuat konten untuk berinteraksi dengan penonton luas dan memonetisasi passion mereka.

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi kreator di seluruh Asia Tenggara, TipTip berkomitmen untuk membuka peluang seluasnya bagi para kreator untuk menyalurkan kreativitas dan memperoleh penghasilan dari konten yang dibuat.

“Jika seorang content creator pemula tidak memiliki follower banyak, sistem membuat karya mereka tidak bisa dilihat orang banyak meski memiliki konten yang berkualitas,” kata President Commissioner TipTip, Triawan Munaf, dalam acara peluncuran kampanye terbaru TipTip “Lakuin di TipTip” di Hotel Alila, Jakarta (3/11/2022).

“Kami benar-benar membantu content creator yang baru dan memiliki kualitas agar karyanya bisa dilihat banyak orang,” lanjutnya.

Hal senada juga diungkapkan Albert Lucius, pendiri dan CEO TipTip. “TipTip berkomitmen ingin membawa semangat pemberdayaan baru dengan menyediakan wadah yang bisa menjawab tantangan kreator akan kendala monetisasi yang belum banyak diangkat oleh private sectors lainnya. Tidak hanya membebaskan kreator dari tuntutan algoritma dan kompleksitas platform, kami berharap kreator Indonesia bisa bebas membuat konten yang bagus dengan TipTip membantu monetasinya,” jelas Albert.

Semua diuntungkan

Sejak diresmikan, sudah ada 1.000 kreator yang bergabung dengan TipTip. Guna meningkatkan pelayanan, TipTip juga mendengarkan masukan dari sejumlah kreator soal fitur-fitur penunjang. Selain menjual digital content, para kreator juga bisa membuat Live Session yang dilengkapi dengan fitur tipping bagi suporter di setiap sesinya.

Berbeda dengan platform lain, TipTip juga membuat peluang untuk meraup keuntungan bagi para penonton konten di aplikasi tersebut. Caranya adalah dengan menjadi seorang promotor. Anda cukup mempromosikan konten yang menurut Anda bagus, dan akan mendapatkan penghasilan jika ada orang yang menonton konten tersebut dari link yang dibagikan. Seru, kan?

Nah, langsung saja download aplikasi TipTip dan rasakan sensasi menyaksikan konten berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan kegemaran Anda! (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: TipTip)