Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Bisa Mempercepat Persalinan, Ini 8 Cara Memancing Kontraksi yang Aman

Bisa Mempercepat Persalinan, Ini 8 Cara Memancing Kontraksi yang Aman
Cara memancing kontraksi

Setelah memasuki usia kehamilan lebih dari 38 minggu, Moms pastinya sudah merasa tidak sabar untuk melihat buah hati Anda lahir. Tas untuk keperluan bersalin juga sudah dikemas, tetapi Anda ternyata belum juga mengalami kontraksi.

Menyadari hal itu, Anda mungkin mulai mencari tahu berbagai cara untuk bisa memancing kontraksi agar cepat melahirkan. Oh ya, sebelum mencoba cara memancing kontraksi, terutama cara alami, sedikit peringatan: pastikan Moms sudah mengantongi izin dari dokter kandungan supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, ya.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memancing kontraksi persalinan.

1. Berjalan

Berjalan bisa menjadi salah satu cara memancing kontraksi alami yang efektif. Cara sederhana ini bisa membantu janin bergerak masuk ke panggul Anda. Tekanan bayi pada panggul inilah yang kemudian dapat membantu leher rahim melebar dan memicu terjadinya kontraksi. Plus, ini juga cara yang bagus untuk menghilangkan stres dan menjaga tubuh tetap bugar untuk hari persalinan.

2. Berhubungan seks

Meskipun tampaknya berhubungan intim di usia kehamilan tua sangat berisiko, menurut Stephanie Buehler, seorang psikolog dan terapis seks bersertifikat, berhubungan seks di usia kehamilan tua bisa membantu mempercepat persalinan.

Bagaimana hubungannya? Berhubungan seks, terutama saat orgasme, mendorong pelepasan oksitosin, hormon yang bisa membantu merangsang kontraksi dan mempercepat persalinan. Selain itu, sperma mengandung prostaglandin, hormon yang bisa membantu melunakkan rahim dan memicu terjadinya kontraksi.

Sebuah penelitian dalam jurnal Obstetrics & Gynecology menemukan bahwa ibu hamil yang berhubungan seks di usia kehamilan 9 bulan diketahui lebih cepat melahirkan dan tidak membutuhkan induksi persalinan secara medis.

Cara memancing kontraksi yang satu ini juga bisa menjadi cara meredakan stres yang baik sekaligus menjaga keromantisan dan keharmonisan antara Moms dan Dads selama kehamilan.

Namun, cara ini sebaiknya dilakukan jika kehamilan Moms memiliki risiko rendah dan Anda sudah mendapatkan lampu hijau dari dokter kandungan, ya.

3. Menstimulasi puting payudara

Stimulasi puting payudara adalah cara memancing kontraksi lain yang bisa Anda coba. Dikutip dari laman Health, menstimulasi puting payudara bisa mendorong kelenjar pituitari untuk melepaskan oksitosin yang bisa memicu kontraksi.

Moms bisa meminta Dads untuk menstimulasi puting payudara dengan cara menggosok atau memutar puting dengan lembut. Lakukan cara ini saat berhubungan intim untuk semakin merangsang terjadinya kontraksi.

4. Akupunktur 

Ya, meskipun cara ini masih cukup sering diperdebatkan, sebuah penelitian dalam jurnal The Cochrane Database of Systematic Reviews menunjukkan bahwa akupunktur bisa membantu melunakkan serviks untuk membuka jalan lahir, yang akhirnya bisa memancing kontraksi. Namun, akupunktur harus dilakukan hanya oleh ahli akupunktur berlisensi ya, Moms.

5. Makan kurma

Sebuah penelitian dalam jurnal Obstetrics & Gynecology menunjukkan bahwa mengonsumsi buah kurma selama minggu-minggu terakhir kehamilan bisa membantu melunakkan dan melebarkan serviks, yang bisa memicu kontraksi dan mempercepat persalinan.

6. Menggunakan birthing ball 

Latihan dengan birthing ball bisa Anda coba untuk memancing kontraksi dan mempercepat persalinan. Moms bisa duduk sambil memutar pinggul di atas birthing ball untuk membantu memperbaiki posisi bayi sungsang dan melebarkan leher rahim sekaligus merilekskan pinggul dan otot punggung bawah. Lakukan latihan dengan birthing ball ini dengan hati-hati ya, Moms.

7. Pemberian obat untuk memicu kontraksi

Pemberian obat untuk memicu kontraksi bisa menjadi cara selanjutnya untuk mempercepat persalinan. Cara ini tentu saja harus dilakukan oleh dan atas rekomendasi dokter kandungan.

Dokter akan memberikan obat yang disebut Pitocin, versi sintetis dari hormon oksitosin, untuk menginduksi persalinan secara medis. Sebagaimana diketahui, hormon oksitosin dapat membantu memancing kontraksi dan mempercepat persalinan. Setelah mendapatkan obat ini, Anda mungkin akan mengalami kontraksi yang sangat kuat.

8. Pemberian obat untuk melunakkan serviks

Satu lagi cara untuk memancing kontraksi adalah dengan pemberian obat prostaglandin, baik secara oral atau dimasukkan ke dalam vagina, untuk melunakkan serviks. Hal ini bisa membantu membuka jalan lahir dan mempercepat persalinan.

Sama seperti pemberian obat pemicu kontraksi, pemberian obat prostaglandin juga harus dilakukan oleh dan atas rekomendasi dokter kandungan.

Nah, itulah 8 cara untuk memancing kontraksi, baik secara alami maupun medis. Cara-cara tersebut bisa Moms lakukan jika sudah memasuki usia kehamilan yang aman untuk melahirkan dan bayi juga sudah siap lahir ke dunia. (M&B/Fariza Rahmadinna/Foto: Dok. Prostooleh/Freepik)


Read Next

More Frombump to birth