Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rekomendasi Klinik untuk Tes Alergi dan Imunologi di Jakarta

Rekomendasi Klinik untuk Tes Alergi dan Imunologi di Jakarta

Skrining secara menyeluruh perlu dilakukan pada anak usia dini untuk mengetahui kondisi tubuhnya, termasuk melakukan tes alergi dan imunologi, agar Moms tahu pemicu dari alergen yang ada dalam tubuh Si Kecil jika ia mengalami alergi.

Tes alergi yang baik tentunya tidak boleh dilakukan secara sembarang. Akan lebih baik dan aman jika dilakukan oleh dokter di klinik khusus tes alergi dan imunologi. Selain tindakan yang dilakukan lebih akurat, peralatan yang dipakai juga sudah teruji secara klinis sehingga tidak akan menimbulkan efek samping berlebihan pada anak. Moms bisa membuat janji dengan klinik terkait, seperti yang M&B rekomendasikan berikut ini.

1. Laboratorium Klinik Prodia

Dikenal sebagai salah satu laboratorium terlengkap, Laboratorium Klinik Prodia menyediakan fasilitas untuk tes alergi. Pemeriksaan tersebut adalah antibodi imunoglobulin E (IgE) Atopy, yaitu pemeriksaan yang bermanfaat untuk mendeteksi adanya IgE spesifik di dalam darah terhadap 20 jenis alergen sekaligus.

Jenis alergen tersebut di antaranya pada tanaman, hewan, bahan makanan, hingga Alternaria alternata dan Cladosporium herbaru. Selain itu, tersedia juga paket pemeriksaan berupa Panel Uji Saring Alergi yang mencakup pemeriksaan IgE Total, Eosinofil dan Faeces Rutin, untuk mendeteksi dan memastikan kemungkinan adanya reaksi alergi dalam tubuh seseorang.

2. RS Pondok Indah – Pondok Indah

Layanan di klinik Alergi dan Imunologi RS Pondok Indah – Pondok Indah bisa membantu Anda mendeteksi pemicu alergen hingga menemukan langkah penanganan yang tepat. Pelayanan Klinik Alergi dan Imunologi ini juga mencakup keluhan imunodefisiensi maupun kondisi autoimun yang membutuhkan penanganan secara holistik.

Selain itu, klinik ini bisa menangani segala keluhan alergi, seperti asma, dermatitis alergi, maupun penyakit lain terkait dengan hipersensitivitas terhadap zat tertentu dengan dukungan dokter spesialis sebagai konsultan alergi dan imunologi.

3. Klinik DR. Indrajana

Di Klinik DR. Indrajana, Moms bisa mendapatkan layanan skin prick test untuk menguji 33 jenis alergi pada kulit. Selain itu, ada juga tes IgE Spesifik, tes alergi euroimmun atopy, dan patch test. Tim medis yang profesional akan membuat Anda dan Si Kecil nyaman dengan hasil pemeriksaan yang akurat dan tepercaya.

4. Mayapada Hospital

Mayapada Hospital juga punya Poli Alergi dan Imunologi yang bisa membantu menemukan pemicu alergen di tubuh Si Kecil. Tes yang dilakukan untuk menguji pemicu alergi di antaranya tes tusuk, tes tempel, dan tes darah. Jika alergi sudah diketahui penyebabnya, maka dokter akan memberikan obat seperti antihistamin dan antiradang untuk menekan alergi dan menurunkan peradangan.

5. RS Islam Jakarta Pondok Kopi

Klinik alergi anak di RS Islam Jakarta Pondok Kopi memberikan layanan untuk mendeteksi penyebab atau pencetus alergi pada anak. Petugas medis yang bertugas tentunya sudah profesional dan siap memberikan pelayanan yang terbaik. Di klinik ini, Moms bisa memeriksakan beberapa kondisi, seperti konsultasi alergi, skin prick test, pemeriksaan IgE atopi/IgE rast spesifik, serta inhalasi untuk memperlancar saluran pernapasan saat terjadi masalah kesehatan tertentu.

Setelah mengetahui jenis alergi Si Kecil, Moms bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter. Anda bisa melakukannya dengan dokter yang melakukan tindakan saat tes alergi atau dokter spesialis alergi lainnya. Dengan begitu, saat anak mengalami alergi, Anda bisa menanganinya lebih cepat dengan langkah yang tepat dan aman. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik, Instagram)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle