Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Perlu Tahu, Ini Batas Normal Tekanan Darah Berdasarkan Usia

Perlu Tahu, Ini Batas Normal Tekanan Darah Berdasarkan Usia

Tekanan darah, baik yang terlalu rendah maupun yang terlalu tinggi, bisa berisiko menimbulkan masalah terhadap kesehatan kita. Karena itu, banyak orang rutin memeriksakan tekanan darah mereka buat memastikan tekanan darah di tubuh mereka tetap dalam batas normal sehingga tidak ada masalah dengan kesehatan.

Mengutip Verywell Health, tekanan darah dilakukan untuk mengukur seberapa besar tekanan yang dialami darah pada pembuluh arteri ketika darah di pompa oleh jantung ke seluruh anggota tubuh. Dari situ, bisa diketahui apakah tekanan darah seseorang berisiko terhadap kesehatannya atau tidak.

Tekanan darah sendiri mengacu kepada dua ukuran, yakni sistolik dan diastolik, yang masing-masing angkanya dipisahkan oleh sebuah garis miring. Contohnya 120/80 mmHg, angka 120 mewakili tekanan darah sistolik, yaitu tekanan saat jantung berkontraksi untuk mempompa darah ke seluruh tubuh, sedangkan angka 80 mewakili tekanan darah diastolik, yaitu tekanan saat otot jantung berelaksasi sebelum kembali memompa darah.

Menurut American Heart Association, tekanan darah normal untuk orang dewasa dengan usia 20 tahun atau lebih adalah kurang dari 120/80 mmHg. Meskipun begitu, tekanan darah normal setiap orang berbeda-beda sesuai dengan jenis kelamin dan cenderung meningkat seiring bertambahnya usia. Berikut ini tekanan darah normal berdasarkan kelompok usia:

Tekanan darah normal pada bayi dan anak-anak

Bayi baru lahir: Batas normal tekanan sistolik 60-90 mmHg dan tekanan diastolik 20-60 mmHg.

Bayi: Batas normal tekanan sistolik 87-105 mmHg dan tekanan diastolik 53-66 mmHg.

Balita (1-3 tahun): Batas normal tekanan sistolik 95-105 mmHg dan tekanan diastolik 53-66 mmHg.

Anak usia prasekolah (3-5 tahun): Batas normal tekanan sistolik 95-110 mmHg dan tekanan diastolik 56-70 mmHg.

Anak usia sekolah (6-13 tahun): Batas normal tekanan sistolik 97-112 mmHg dan tekanan diastolik 57-71 mmHg.

Tekanan darah normal pada remaja

Pada remaja usia 13-18 tahun, batas normal tekanan sistolik 112-128 mmHg dan tekanan diastolik 66-80 mmHg. Variasi tekanan darah di dalam batas normal pada remaja bisa dipengaruhi bermacam faktor, seperti jenis kelamin, tinggi badan, dan waktu pengukuran tekanan darah.

Tekanan darah normal pada orang dewasa

Menurut American College of Cardiology, batas normal tekanan darah untuk orang dewasa adalah di bawah 120/80 mmHg. Orang dewasa disebut mengalami peningkatan tekanan darah jika memiliki tekanan sistolik 120-129 mmHg dan tekanan diastolik di bawah 80 mmHg.

Sedangkan orang dewasa yang memiliki tekanan sistolik 130-139 mmHg atau tekanan diastolik 80-89 mmHg dikategorikan hipertensi stadium 1, dan orang dewasa yang memiliki tekanan sistolik di atas 140 mmHg atau tekanan diastolik di atas 90 mmHg dikategorikan hipertensi stadium 2.

Tekanan darah normal pada orang lanjut usia

Tekanan darah normal pada orang lanjut usia (lansia) cenderung lebih tinggi, yaitu itu di bawah 150 mmHg untuk tekanan sistolik dan di bawah 90 mmHg untuk tekanan diastolik. Hal ini disebabkan pembuluh darah pada lansia cenderung lebih kaku dan bisa menyebabkan penumpukan lemak, sehingga jantung perlu tekanan lebih tinggi untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Tekanan darah yang terlalu tinggi (hipertensi) maupun tekanan darah yang terlalu rendah (hipotensi) bisa menimbulkan risiko masalah buat kesehatan Anda. Karena itu, pantau secara berkala tekanan darah Anda ya, Moms! (M&B/SW/Foto: Senivpetro/Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle