Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Nostalgia 8 Telenovela Paling Ngetop di Tahun 90-an, Masih Ingat?

Nostalgia 8 Telenovela Paling Ngetop di Tahun 90-an, Masih Ingat?

Jauh sebelum drama Korea jadi tren, telenovela sudah lebih dulu menguasai hati para Moms penggemar film seri. Telenovela yang populer di tahun 90-an merupakan tayangan drama Amerika Latin yang tak kalah serunya dengan drakor zaman now.

Jika umumnya drakor hanya belasan episode, telenovela bisa menyajikan ratusan episode! Kebayang dong serunya menanti episode demi episode di layar kaca yang saat itu masih berbentuk TV tabung? Tentunya bikin penasaran banget, terlebih genre telenovela selalu romantis dan menguras emosi.

Nah, ada beberapa judul telenovela yang ngetop di tahun 90-an. Moms yang anak 90-an pasti relate dan bisa ikutan nostalgia, nih. Siap kembali ke masa kejayaan telenovela? Let’s go, amigo!

1. Maria Mercedes

Sinetron Meksiko tahun 1992 ini ngetop banget di zamannya ya, Moms. Dibintangi si cantik Thalia sebagai Maria Mercedes Munoz, ia tampil serasi dengan lawan mainnya Arturo Peniche yang memerankan Jorge Luis del Olmo. Film ini adalah debut Thalia di dunia akting yang mengantarnya menjadi Ratu Telenovela 90-an.

Sinopsis: Maria adalah gadis miskin penjual bunga dan kartu lotre. Ibunya sudah meninggal sejak ia masih kecil, sedangkan ayahnya pemabuk. Maria pernah menikah dengan Santiago, jutawan baik hati yang sakit-sakitan. Mereka menikah agar ketika Santiago meninggal kelak, semua hartanya tidak jatuh ke Melvina, bibinya yang jahat, serakah, dan ingin membunuh Maria demi merebut harta Santiago. Maria kemudian bertemu Jorge Luis del Olmo dan saling jatuh cinta.

2. Marimar

Sulit rasanya membahas telenovela ini tanpa menyanyikan “Marimar... Aw!” yang populer banget di eranya. Kembali diperankan oleh Thalia si Ratu Telenovela, film yang tayang tahun 1994 ini juga menampilkan Eduardo Capetillo yang memerankan tokoh Sergio.

Sinopsis: Marimar adalah gadis miskin yang tinggal bersama kakek dan neneknya di pinggir pantai. Marimar bersahabat dengan Pulgoso, anjing ras yang baik dan bisa berbahasa manusia. Marimar kemudian berubah menjadi wanita kaya yang sangat anggun dan tinggal di kota besar, hingga ia bertemu dan jatuh cinta dengan Sergio. Sayangnya, begitu banyak rintangan yang menghalangi bersatunya cinta mereka.

3. Maria Cinta yang Hilang

Masih diperankan oleh Thalia, telenovela ini ngetop di 1995-1996 dengan total 92 episode. Telenovela dengan judul asli Maria la del Barrio ini menampilkan Fernando Colunga yang memerankan tokoh Luis Fernando de la Vega.

Sinopsis: Maria adalah gelandangan yang diangkat anak oleh ayah dari Luis Fernando, pria kaya raya yang ramah dan baik hati. Perbedaan kasta sosial keduanya tentu membuat cinta mereka sulit bersatu. Terlebih, ada sosok Soraya yang sudah lama mencintai Luis Fernando, tapi selalu bertepuk sebelah tangan. Kisah telenovela ini cukup rumit, hingga 14 tahun kemudian Maria mencari putranya yang hilang.

4. Esperanza

Telenovela 94 episode ini berjudul Nunca te Olvidare yang artinya “tidak akan pernah melupakanmu” dalam bahasa Indonesia. Esperanza Gamboa diperankan oleh Edith Gonzalez dan tokoh Luis Gustavo Uribe del Valle diperankan oleh Fernando Colunga.

Sinopsis: Mengisahkan cinta lama bersemi kembali antara Esperanza dan Luis Gustavo, yang cintanya tidak direstui oleh ibu dari Luis Gustavo. Kok, tidak direstui? Ternyata karena ibu Esperanza adalah mantan kekasih ayah Luis Gustavo. Drama banget kan, Moms?

5. Esmeralda

Telenovela yang ngetop di tahun 1997 ini diperankan oleh Leticia Calderon dan Fernando Colunga. Leticia tampil menawan dengan mata hijaunya yang cantik. Baju yang ia pakai juga selalu indah dan didominasi warna hijau seperti warna matanya.

Sinopsis: Esmeralda adalah gadis buta, ia sebenarnya terlahir dari keluarga kaya raya, tapi keluarga itu mendambakan bayi laki-laki. Kondisi Esmeralda saat bayi sangat lemah dan dikira meninggal, lalu pembantu keluarga itu menukar Esmeralda dengan bayi laki-laki dari keluarga miskin. Esmeralda ternyata tumbuh menjadi gadis pintar, cantik, dan baik hati. Ia kemudian bertemu dengan Jose Armando, sosok yang ditukar dengan dirinya saat bayi.

6. Rosalinda

“Rosalinda ay amor!” adalah potongan lirik dari soundtrack telenovela yang booming banget waktu itu. Diperankan oleh Thalia dan Fernando Carrillo, ini tayang di awal 1999 dengan total 80 episode.

Sinopsis: Rosalinda adalah gadis penjual bunga yang jatuh cinta dengan Fernando Jose yang kaya raya. Walau tidak direstui, mereka tetap menikah dan memiliki anak bernama Erika. Valeria, ibu tiri Fernando Jose ingin mereka bercerai, terlebih diketahui juga kalau pembunuh ayah Fernando Jose ternyata ibu kandung Rosalinda.

7. Yo Soy Betty, La Fea

Mungkin ini telenovela dengan episode terbanyak, sampai 300-an episode lho, Moms! Diperankan oleh Ana Maria Orozco dan Jorge Enrique Abello, telenovela komedi romantis ini seru banget.

Sinopsis: Betty adalah gadis kikuk berkawat gigi yang sering disebut tidak cantik oleh orang sekitarnya. Betty memiliki bos tampan bernama Armando Mendoza Saenz yang selalu ia bantu dengan sigap, hingga diam-diam bosnya mulai jatuh cinta dengan Betty. Di akhir episode, Betty pun bertransformasi mengubah penampilan menjadi wanita cantik dan elegan.

8. Carita de Angel

Beda dari yang lain, telenovela ini mengusung tema keluarga dengan bintang utama Daniela Aedo Santana yang memerankan tokoh Dulce Maria.

Sinopsis: Ibu Dulce Maria sudah meninggal sejak lama, ia kini tinggal di sekolah asrama karena ayahnya harus bekerja. Ia sering ditemani oleh Tante Rambut Palsu dan anjingnya Ciripa yang lucu. Ia ingin menjodohkan ayahnya dengan suster Cecilia yang baik hati.

Mana telenovela yang jadi favorit Anda, Moms? (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Dok. Wikimedia, Telemundo)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle