Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Bantu Membentuk Perilaku Anak, Ini Pentingnya Reward Menurut Psikolog

Bantu Membentuk Perilaku Anak, Ini Pentingnya Reward Menurut Psikolog

Moms mungkin masih sering bertanya-tanya, boleh enggak sih, memberikan reward untuk anak, bahkan untuk hal sederhana yang ia lakukan seperti merapikan tempat tidur? Tak jarang juga orang tua berpikir bahwa memberi reward untuk anak nantinya bisa membuat ia hanya mau melakukan sesuatu jika diberi imbalan.

Padahal, jika diberikan dengan cara dan bentuk yang tepat, reward justru bisa memberikan dampak positif seperti meningkatkan rasa percaya diri anak, mempererat bonding antara orang tua dan anak, juga membantu anak menguasai keterampilan tertentu.

Reward pun enggak selalu dalam bentuk materi lho, Moms. Menurut Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi, psikolog anak dan remaja, terdapat dua macam bentuk reward, yaitu:

1. Material reward, yaitu apresiasi yang diberikan dalam bentuk benda, seperti makanan ringan favorit anak, mainan, stiker, atau benda lain yang sedang digemari anak.

2. Social reward, yaitu apresiasi yang diberikan dalam bentuk afeksi (seperti peluk dan cium, senyuman, belaian, atau tepukan di pundak), pujian ("Wah, kamu berhasil merakit mainan sendiri"), dan aktivitas (ekstra waktu bermain/menonton, ditemani orang tua merakit mainan).

Lalu, kapan reward harus diberikan? Pemberian reward sendiri tidak harus saat anak mendapatkan pencapaian besar dan berharga ya, Moms. Namun reward bisa juga dimulai dari perbuatan kecil, seperti merapikan tempat tidur, menyikat gigi sebelum tidur, mengerjakan tugas sekolah, hingga membantu orangtua membersihkan rumah. 

Vera juga menambahkan bahwa ada kalanya reward perlu diberi bobot lebih untuk membentuk perilaku-perilaku yang diharapkan muncul pada anak. Karena itu, reward bisa juga diberikan berdasarkan kesepakatan. Sebagai contoh, Moms dan Si Kecil menyepakati bahwa ia akan mendapatkan reward berupa cokelat kesukaannya jika Si Kecil mengerjakan PR tanpa diingatkan.

Memilih bentuk reward yang tepat untuk anak

Setelah mengetahui bahwa reward tak sekadar materi, tentu akan lebih mudah bagi Moms untuk memberikan reward yang tepat untuk Si Kecil. Nah, jika Moms ingin memberikan reward berupa camilan, Kinder Joy bisa menjadi pilihan tepat, nih. Tak hanya memiliki tekstur lembut dan renyah, dengan rasa krim susu yang menjadi favorit banyak anak, Kinder Joy juga dilengkapi dengan berbagai mainan kejutan yang lucu dan menyenangkan.

Cuma itu? Tentu enggak, dong. Moms bahkan bisa memberi reward ekstra seperti mempererat bonding dan menghabiskan waktu bersama Si Kecil untuk merakit mainan kejutan dari Kinder Joy. Tak hanya itu, Kinder Joy juga memiliki aplikasi Applaydu yang bisa Moms unduh secara gratis untuk membuat mainan-mainan kejutan tersebut menjadi karakter yang bisa dimainkan secara virtual. Wah, canggih, ya!

Ice World and Magic Castle: Mainan terbaru, makin seru!

Untuk membuat momen bermain Si Kecil makin seru dan menyenangkan, Kinder Joy selalu konsisten untuk mengeluarkan mainan-mainan kejutan baru dengan berbagai tema. Tahun ini, mereka mengeluarkan mainan edisi terbaru, yaitu “Ice World and Magic Castle” dengan aneka karakter yang tentunya bisa mengasah kreativitas dan imajinasi Si Kecil, sekaligus sebagai sarana bonding antara orang tua dan anak.

Juliana Saputera, Head of Marketing for Kinder South East Asia, menjelaskan, “Senang sekali Kinder Joy dapat hadir memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi masa kecil si buah hati dan menjadi solusi bagi orang tua dalam memberikan reward kepada anak atas perilaku baik yang telah dilakukan. Kinder Joy ‘Ice World and Magic Castle’ hadir dilengkapi dengan berbagai mainan karakter yang dapat mendorong kreativitas dan imajinasi anak, di mana dengan merakit mainan ini, juga memberikan kesempatan bagi orang tua dan anak untuk dapat mempererat hubungan dan menghabiskan waktu bersama.”

Untuk peluncuran mainan terbaru “Ice World and Magic Castle”, Kinder Joy menggelar Kinder Joy Wonderland pada 12-13 November 2022 lalu di Lippo Puri Mall, Jakarta. Selama dua hari penuh, Si Kecil bisa menghabiskan waktu bersama orang tuanya dengan mengikuti sejumlah kegiatan menarik yang tersedia, mulai dari Magic Bouncy Castle and Train Ride, Ice Rock Climbing, DIY Your Own Head Gear, Manicure, dan Photo Booth. Seru banget! (M&B/Nanda Djohan/SW/Foto: Image Dynamics)


Read Next

More Fromtoddler