Type Keyword(s) to Search
BABY

Moms, Ini Panduan MPASI untuk Anak 1 Tahun

Moms, Ini Panduan MPASI untuk Anak 1 Tahun

Ulang tahun pertama Si Kecil tentu saja jadi salah satu momen yang paling membahagiakan dan membanggakan ya, Moms. Melihat pertumbuhan dan perkembangan anak yang begitu pesat pasti sangat membekas di hati semua ibu.

Di usia 1 tahun, anak telah melewati berbagai tahapan perkembangan, termasuk proses dan pengalaman makan. Bila di 6 bulan pertama Si Kecil menjalani ASI eksklusif, lalu dilanjutkan dengan masa MPASI, kini proses makan Si Kecil juga mengalami perubahan. Perubahan ini tak bisa dianggap sepele, karena punya dampak besar untuk perkembangannya hingga ia besar nanti.

Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan saat menyiapkan MPASI untuk anak yang berusia 1 tahun? Yuk, simak penjelasannya berikut ini, Moms!

Panduan menurut IDAI

Sejak Si Kecil menginjak usia 6 bulan, ASI tak lagi mampu memenuhi seluruh kebutuhan gizi dan energinya. Untuk itu, pemberian MPASI secara bertahap sesuai pertumbuhan sangatlah penting untuk mendukung perkembangan Si Kecil. Di usia 12 bulan atau 1 tahun, Si Kecil menghadapi tahapan baru dalam proses makannya.

Tak perlu bingung, karena Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah memberikan panduan untuk Anda terapkan, yaitu:

  • Terus memberikan ASI sesuai permintaan Si Kecil. ASI dapat memberikan 1/3 kebutuhan energi anak usia 12-24 bulan atau 1-2 tahun.
  • Si Kecil membutuhkan energi tambahan dari MPASI sebanyak 550 kkal/hari. Rekomendasi IDAI, komposisi gizi Si Kecil adalah 70% MPASI dan 30% ASI.
  • Pemberian MPASI bisa dilakukan 3-4 kali makan sehari, yang disertai dengan 1-2 kali makan selingan setiap hari.
  • Tingkatkan Jumlah MPASI secara perlahan menjadi 3/4 mangkuk ukuran 250 ml sekali makan.
  • Berikan menu makanan keluarga dengan tekstur yang dicincang atau dihaluskan seperlunya.
  • Bersabar dan mendorong Si Kecil untuk makan.
  • Hindari memaksa Si Kecil untuk makan atau menghabiskan makanannya.
  • Gunakan mangkuk makan bayi tersendiri berukuran 250 ml untuk mengoptimalkan penakaran makan Si Kecil.

Selain itu, ada tahapan perkembangan anak yang perlu diperhatikan sebelum Moms mengajak Si Kecil ke tahapan makan selanjutnya, meliputi:

1. Anak dapat beradaptasi dengan segala macam bentuk makanan, meski belum bisa mengunyah secara sempurna.

2. Anak mulai beradaptasi dengan segala menu makanan yang diberikan, termasuk menu makanan keluarga.

3. Anak bisa mengenali makanan dari bentuk, rasa, dan aromanya.

4. Anak mampu mengucapkan nama makanan dan memberikan sinyal lapar dengan cara tersebut.

5. Anak mulai bisa makan mandiri menggunakan sendok atau alat makan.

Lebih detail, IDAI juga memberikan rekomendasi takaran nutrisi dalam MPASI Si Kecil yang berusia 1 tahun, yakni:

  • Komposisi karbohidrat sebanyak 35-60% dari total kalori sehari, atau setara dengan 190-330 kkal/hari.
  • Komposisi protein sebanyak 10-15% dari total kalori sehari, atau setara dengan 55-80 kkal/hari.
  • Komposisi lemak sebanyak 30-45% dari total kalori sehari, atau setara dengan 170-250 kkal/hari.

BARU! Promina Mi Batita, mi khusus anak usia 1 tahun ke atas

Karena kini anak Anda sudah bisa mengonsumsi makanan yang sama dengan anggota keluarga lain, momen makan Si Kecil bisa lebih menyenangkan. Petualangan rasa dan tekstur baru pun akan menjadi pengalaman yang seru buatnya. Tak terkecuali saat ia mendapatkan mi pertamanya! Promina Mi Batita tentu bisa menjadi pilihan utama untuk mengenalkan mi kepada Si Kecil nih, Moms.

promina mi batita

Promina Mi Batita adalah mi tanpa kuah pertama yang dibuat khusus untuk 1 tahun ke atas, dibuat dengan Ayam Kampung asli, tanpa msg dan pengawet, serta difortifikasi vitamin A, C, E, dan zinc, sehingga bernutrisi dan aman untuk Si Kecil.

Tekstur mi halus dan ukurannya pas, sehingga Si Kecil bisa menikmati tekstur dan bentuk MPASI baru. Jadi, enggak hanya lezat, Promina Mi Batita juga penuh nutrisi! Dengan kandungan nutrisinya yang lengkap, Promina Mi Batita juga bisa membantu menjaga imunitas Si Kecil lho, Moms.

Lengkap banget, kan? Yuk, dukung Si Kecil untuk eksplorasi rasa dan tekstur baru, sekaligus mendorong pertumbuhannya agar optimal dengan Promina Mi Batita Ayam Kampung, Moms! Dapatkan Promina Mi Batita Ayam Kampung di Indomaret atau di e-commerce kesayangan Moms dan follow akun Instagram @bayisehatpromina untuk dapatkan informasi lain seputar MPASI dan nutrisi anak. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik, Promina)


Read Next

More Frombaby