Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

6 Fakta Menarik dan Sinopsis Film Slumberland

6 Fakta Menarik dan Sinopsis Film Slumberland

Mau nonton film petualangan seru bersama Si Kecil? M&B punya rekomendasi film terbaru Netflix nih, Slumberland. Film dengan bintang utama Jason Momoa (Flip) dan Marlow Barkley (Nemo) ini baru saja tayang pada 21 November kemarin.

Di balik kisah seru, sinematografi ciamik, dan kemampuan akting yang keren banget dari para pemain, Slumberland juga punya fakta-fakta menarik, lho. Penasaran? Simak sinopsis dan fakta menariknya di bawah ini, yuk!

Sinopsis film Slumberland

Film ini mengisahkan Nemo, anak 11 tahun yang tinggal di rumah mercu suar bersama ayahnya. Mereka suka bertualang dan melakukan berbagai aktivitas seru. Namun suatu pagi, ayahnya hilang di lautan dan dinyatakan meninggal dunia. Nemo pun harus tinggal bersama Philip (diperankan oleh Chris O’Dowd), pamannya yang tak pernah ia kenal sebelumnya.

Dunia Nemo berubah drastis sejak tinggal bersama Philip, ia pun merasa kesulitan beradaptasi dengan rutinitas barunya. Hingga suatu malam, Nemo mulai mengarungi petualangan seru di mimpinya yang terasa sangat nyata!

Di dunia mimpi itu ia bertemu Flip, penjahat nyentrik yang dulunya berkawan baik dengan ayahnya. Nemo dan Flip pun bertualang di negeri mimpi bernama Slumberland. Mereka mencari mutiara berharga yang diyakini bisa mewujudkan keinginannya, yaitu bertemu kembali dengan ayahnya. Akankah keinginan Nemo terwujud? Cari tahu jawabannya di Netflix, ya.

1. Berdasarkan komik jadul


Filmnya memang baru, tapi ceritanya sudah ada dari tahun 1905, lho. Cerita Slumberland diambil dari comic strip berjudul Little Nemo in Slumberland karya Winsor McCay dan dipublikasikan di koran New York Herald.

Komik ini terus terbit di koran tersebut sampai 1911 dan kemudian pindah hak terbit ke koran New York American dengan judul baru In The Land of Wonderful Dreams yang terbit hingga 1914. Di tahun 1927, Winsor McCay kembali menerbitkan Little Nemo in Slumberland untuk New York Herald.

2. Karakternya berbeda dari versi komik

Di versi komik, karakter Nemo adalah seorang anak laki-laki, yang terinspirasi dari putra Winsor McCat. Karakter Flip yang di film digambarkan sebagai pria bertubuh besar, di komik aslinya adalah seorang badut gemuk berwarna hijau yang tubuhnya mirip anak-anak. Sedangkan karakter Pig, boneka berbentuk babi yang menjadi sahabat Nemo, adalah karakter tambahan yang tidak ada di komik. Ada juga karakter di komik yang tidak masuk film, yaitu African Imp.

3. Harusnya sudah tayang di 2020

Seharusnya film Slumberland sudah tayang sejak Juni 2020, tapi terpaksa ditunda karena serangan COVID-19 yang saat itu sedang parah-parahnya. Namun, selalu ada sisi baik dari tiap masalah. Performa Slumberland pun dibuat semakin apik saat “rehat sejenak” menunggu pandemi mereda.

4. Shooting dilakukan di Kanada

Bagi yang sudah menonton Slumberland, pasti bertanya-tanya tentang lokasi shooting-nya. Mengira shooting dilakukan hanya di studio? Salah! Hampir seluruh adegan dilakukan di alam terbuka Ontario, Kanada. Lokasinya ada yang di Front Street, Toronto; Ontario Place Theme Park (yang ada pulau buatan tempat shooting rumah mercu suar Nemo); Fairmont Royal York Hotel untuk adegan indoor; dan Pinewood Toronto Studio untuk adegan yang melibatkan komputer.

5. Sudah sering diadaptasi

Ketika komik Little Nemo in Slumberland tayang di 1905, beberapa pertunjukan panggung sempat dilakukan oleh para seniman. Salah satu yang teranyar adalah pertunjukan teater oleh Frolick pada 2012 lalu. Ini menampilkan berbagai ukuran puppet dengan kisah Nemo yang seru. Tahun itu juga ada pertunjukan dari Sarasota Opera di Florida. Pernah dibuat film juga, lho! Film live action Dream One pernah tayang tahun 1984, dan Little Nemo in Slumberland tahun 1989.

6. Pernah dibuat game 

Ada juga video game Nintendo berjudul Little Nemo: The Dream Master yang dibuat oleh Capcom tahun 1990. Capcom ini juga terkenal dengan karya-karya game seperti Street Fighter, Mega Man, dan Resident Evil. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Dok. Netflix Indonesia)