Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Negara-negara yang Bebas Visa untuk Tempat Liburan Keluarga

Negara-negara yang Bebas Visa untuk Tempat Liburan Keluarga

Moms, akhir tahun sudah di depan mata. Saatnya mengajak keluarga untuk liburan akhir tahun. Nah, liburan ke luar negeri sambil menyambut pergantian tahun juga bisa jadi opsi yang menarik, ya. Eh, tapinya mau liburan ke luar negeri cuma enggak mau repot mengurus visa? Tenang Moms, ada banyak negara yang bisa dikunjungi dan bebas visa, kok.

Nah, negara-negara berikut ini membebaskan visa buat turis dari Indonesia. Selain itu, negara-negara ini juga punya banyak tempat wisata menarik yang cocok untuk libur akhir tahun bersama keluarga.

1. Singapura

Warga negara Indonesia bisa bebas berlibur ke Singapura tanpa visa hingga maksimal 30 hari. Negara tetangga ini memang sudah lama jadi tempat ideal untuk liburan keluarga. Singapura juga punya banyak tempat wisata yang ramah anak dan keluarga untuk dikunjungi. Pertama Universal Studios Singapore. Di tempat ini Si Kecil pasti bakalan suka banget dengan bermacam wahana dan atraksi di dalamnya.

Jika Si Kecil tertarik dengan dunia hewan, Anda bisa mengajaknya ke Singapore Zoo dan ke S.E.A. Aquarium Sentosa. Berikutnya ada ArtScience Museum yang menawarkan pengalaman sains dengan seni, Buds by Shangri-La di mana anak bisa memanjat, meluncur, dan bermain dengan aman. Si Kecil juga bisa bermain NERF di NERF Action Xperience atau bermain air di Adventure Cove Waterpark. Menarik, kan?

2. Malaysia

Selain Singapura, Malaysia juga jadi negara tetangga yang bebas visa hingga maksimal 30 hari. Malaysia jadi tempat favorit anak-anak karena adanya Legoland yang sudah sangat terkenal. Selain itu, Moms bisa ajak Si Kecil ke Aquaria KLCC di Kuala Lumpur atau Underwater World Langkawi untuk menikmati kehidupan di bawah laut.

Enggak cuma itu, Moms juga bisa ajak Si Kecil seru-seruan di Penang 3D Trick Art Museum, Wonderfood Museum, Taman Hiburan dan Water Park Lost World of Tambun, hingga Petrosains. Semuanya seru dan menyenangkan!

3. Jepang

Buat WNI pemilik E-Paspor Indonesia yang sesuai dengan standar Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) (ada logo IC di sampul paspor), Anda bisa masuk Jepang dengan bebas visa untuk masa tinggal di Jepang paling lama 15 hari.

Ada banyak sekali pastinya tempat wisata untuk keluarga di negara ini, seperti Tokyo Disneyland, Universal Studios Japan, Legoland Discovery Center Tokyo, Museum Fujiko F. Fujio, Ghibli Museum, Sanrio Puroland, Kids Plaza Osaka. Semuanya pasti bikin Si Kecil senang, Moms!

4. Hong Kong

Turis asal Indonesia telah mendapatkan program bebas visa Hong Kong selama 30 hari, sehingga visa tidak diperlukan untuk masuk ke sana. Beberapa tempat wisata ramah anak yang menarik untuk dikunjungi antara lain Hong Kong Disneyland, Water World Ocean Park Hong Kong, Museum Nissin Cup Noodle, Legoland Discovery Centre, dan Kiztopia.

5. Thailand

Seperti halnya negara-negara ASEAN lainnya, Thailand juga bebas visa hingga maksimal 30 hari. Di negara ini, selain bisa wisata kuliner dengan berbagai jenis makanan lezat, ada beragam tempat wisata yang menarik dan ramah anak, misalnya Dream World, Madame Tussauds, Sea Life Bangkok Ocean World, Asiatique The Riverfront, dan Impact Speed Park & Drift Park.

6. Turki

Sejak akhir 2021, Turki telah memberlakukan bebas visa bagi wisatawan Indonesia. Negara yang berada di lintas Asia dan Eropa ini punya banyak tempat wisata yang menarik buat keluarga, mulai dari Cappadocia, Blue Mosque, Topkapi Palace, Hagia Sophia, menyeberangi Selat Bosporus, Ephesus, Silk Market, dan masih banyak lagi.

Sekadar informasi, saat ini ada 72 negara bebas visa atau visa on arrival untuk paspor Indonesia. Negara-negara di ASEAN lainnya seperti Filipina, Kamboja, Laos, dan Vietnam, sudah bebas visa. Negara-negara yang bebas visa atau visa on arrival untuk paspor Indonesia di Asia antara lain Kazakhstan, Makau, Nepal, Srilanka, Uzbekistan, Qatar, dan Maladewa; negara di Eropa yakni Belarus, Serbia, dan Azerbaijan; serta negara di Afrika, misalnya Madagaskar dan Maroko.

Jadi pilih negara mana untuk liburan akhir tahun ini, Moms? Selamat berlibur bersama keluarga! (M&B/SW/Foto: Timeimage/Freepik)