Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

4 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Meluruskan Rambut Secara Alami

4 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Meluruskan Rambut Secara Alami

Moms, Anda suka enggak dengan tampilan rambut yang lurus? Banyak orang menyukai tampilan dan nuansa rambut lurus yang lembut dan mudah disisir. Sayangnya, banyak alat dan produk yang digunakan untuk meluruskan rambut, seperti catokan, hairdryer, atau produk rambut lainnya, malah bisa mengiritasi atau bahkan merusak rambut dan kulit kepala kita.

Nah, jika Anda ingin punya rambut lurus tanpa risiko merusak rambut, ada cara untuk meluruskan rambut secara alami menggunakan produk yang ada di rumah. Moms mungkin tidak akan mendapatkan rambut yang benar-benar lurus dengan sekadar menggunakan proses alami ini, tapi teknik ini akan membantu melembapkan, merilekskan, dan meluruskan rambut tanpa efek samping bahan kimia atau panas yang justru bisa merusak rambut. Mau tahu apa saja caranya? Simak selengkapnya ya, Moms.

Baca juga: 7 Pilihan Warna Rambut yang Bikin Wajah Jadi Cerah

1. Bilas rambut dengan susu 

Susu merupakan pelurus rambut alami karena mengandung kasein dan protein whey. Keduanya bisa memperkuat dan menghaluskan helai rambut serta memperbaiki rambut yang kering dan rusak. Susu juga memiliki sifat menenangkan yang membantu meluruskan rambut secara alami.

Cara pakainya pun mudah. Setelah menggunakan sampo, ambil secangkir penuh susu, lalu lapisi setiap helai rambut dengan susu secara lembut. Jika ada sisa, tuangkan sisa susu perlahan ke seluruh rambut dan kulit kepala.

Tunggu beberapa saat, setelah itu bilas dengan air. Selain susu sapi yang populer dipakai, Moms juga bisa mendapatkan hasil yang serupa dengan susu kambing, susu almond, ataupun santan.

2. Gunakan masker pisang madu 2 kali seminggu

Pisang dan madu, kedua bahan ini jika digabungkan dan digunakan secara teratur punya sejumlah manfaat untuk rambut kita. Pisang saat dioleskan menawarkan manfaat hidrasi dan pelembab yang intens, sementara madu melapisi rambut dengan lapisan pelindung antibakteri.

Cara penggunaannya, ambil sebuah pisang matang dan tumbuk sampai halus. Kemudian tambahkan satu sendok makan madu ke dalamnya, lalu aduk hingga menjadi pasta. Oleskan ke seluruh rambut dan kulit kepala secara merata. Kenakan shower cap dan tunggu sekitar 30 menit. Setelah itu, cuci rambut Anda secara menyeluruh dengan sampo yang kaya akan biotin.

3. Oleskan telur secara teratur pada rambut 

Telur bagus untuk mengisi kembali kandungan protein rambut, yang pada akhirnya akan membantu menaklukkan rambut kusut dan sulit diatur secara alami. Menerapkan masker telur 2 atau 3 kali seminggu akan memastikan Moms mendapatkan asupan protein yang cukup untuk menjaga tingkat keratin tetap utuh dan rambut tetap rapi.

Masker telur mungkin merupakan salah satu solusi paling ampuh untuk mengondisikan rambut dan meluruskannya secara alami. Kuning telur berfungsi sebagai pelembap dan juga kaya akan nutrisi yang bisa membantu mempertahankan kilau alami rambut berkat manfaat pelembapnya.

Untuk menggunakannya, pecahkan 2 butir telur, lalu kocok hingga tercampur. Oleskan ke seluruh rambut serta kulit kepala, dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas bersih dan lanjutkan dengan sampo dan kondisioner yang biasa Anda pakai, Moms.

4. Oleskan pasta almond atau minyak almond ke rambut

Almond kaya akan vitamin E serta asam lemak omega-3 dan omega-6 yang merupakan sejumlah bahan penting untuk kesehatan rambut. Almond atau minyak almond akan membuat rambut berkilau, kuat, dan sehat. Kandungan magnesium dalam almond  juga membantu sintesis protein, yang memastikan rambut memiliki siklus tumbuh dan istirahat yang normal.

Almond juga mengandung biotin yang bisa memperbaiki rambut rapuh yang mudah patah, sehingga meningkatkan kesehatan dan tekstur rambut secara keseluruhan. Biotin adalah jenis vitamin B yang idealnya dikonsumsi setiap hari untuk kesehatan rambut dan kulit.

Minyak almond, atau pasta halus yang terbuat dari almond, merupakan pelembut rambut terbaik dan kondisioner alami yang memiliki sifat emolien, sehingga membuatnya ideal untuk menghaluskan rambut kering, rusak, dan kusut.

Minyak almond mengandung asam oleat dan linoleat dalam jumlah banyak dan bisa mengembalikan kenormalan rambut yang telah rusak karena stres, polusi, gaya hidup, atau kurangnya perawatan yang tepat.

Dengan minyak almond, rambut juga tidak mudah bercabang. Hanya mengoleskan minyak almod sedikit pada rambut setiap malam sebelum tidur sudah cukup untuk mulai meluruskan rambut Anda secara alami.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk meluruskan rambut secara alami. Dari 4 cara di atas, Moms tertarik untuk mencoba cara yang mana, nih? (M&B/SW/Foto: Benzoix/Freepik)