Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

4 Kandungan Skincare yang Bisa Bantu Anda Mencegah Penuaan Dini

4 Kandungan Skincare yang Bisa Bantu Anda Mencegah Penuaan Dini

Moms ngerasa enggak sih, seiring bertambahnya usia, kulit pun mengalami penurunan kinerja, sehingga muncul flek hitam, keriput, hingga garis halus. Belum lagi aktivitas sehari-hari yang bikin Anda kerap terpapar sinar matahari dan kena debu yang menyebabkan penuaan dini pada kulit.

Karena itu, Moms wajib banget untuk merawat kulit menggunakan produk skincare. Saat ini banyak sekali produk perawatan kulit yang mampu mencegah penuaan dini. Nah, biar Moms enggak bingung saat memilih produk skincare seperti apa, berikut ini beberapa kandungan skincare yang bisa membantu mencegah penuaan dini.

1. Retinol

Retinol merupakan turunan vitamin A yang diketahui bisa meningkatkan produksi kolagen dan mempercepat pergantian sel. Pada dasarnya, zat ini bisa mengencangkan kulit sambil membersihkan sel-sel kulit mati yang menyebabkan tekstur kulit menjadi kasar dan tidak merata.

Untuk Moms yang baru mencoba retinol, mulailah dengan konsentrasi retinol rendah. Pasalnya, retinol terkenal bisa menyebabkan iritasi, setidaknya saat pertama kali digunakan, seperti kulit kering, gatal, atau kemerahan.

Namun, tidak semua orang mengalami gejala seperti ini. Moms bisa menemukan retinol di beberapa produk ini: Avoskin Miraculous Retinol Ampoule, For Skin’s Sake Retinol Overnight Cream, dan Erto’s Retinol Serum.

2. Bakuchiol

Buat Moms yang masih takut untuk mencoba retinol, Anda bisa coba bahan alternatif lainnya, yaitu bakuchiol. Bakuchiol berasal dari tanaman Babchi. Dulunya tanaman ini sering digunakan untuk pengobatan herbal di India dan Cina. Karena berasal dari tanaman, makanya bakuchiol lebih lembut dan tentunya lebih aman dibandingkan retinol.

Dari segi manfaat, bakuchiol sebenarnya sama dengan retinol, tetapi cara kerjanya saja yang berbeda. Beberapa rekomendasi produk bakuchiol yang bisa Moms coba adalah Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum dan True To Skin Bakuchiol Anti-Aging Serum.

3. Peptide

Peptide adalah rantai pendek asam amino yang merupakan bahan penyusun protein. Sebagian besar skincare yang mengandung peptide memang dirancang untuk merangsang kolagen. Hal itu penting karena kolagen berfungsi sebagai pengikat kulit, otot, dan tulang. Enggak cuma itu, kolagen juga bisa menjaga kulit tetap halus dan kencang. Nah, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen pun akan berkurang.

Bisa dibilang peptide merupakan bahan umum yang terdapat pada produk anti-aging, karena cenderung meningkatkan manfaat bahan antipenuaan lainnya. Moms bisa menemukan peptide dalam produk moisturizer atau serum, contohnya The Bath Box Peptide Probiotic Anti-Aging Facial Serum dan Glowlabs Peptide Moist.

4. Vitamin C

Bahan aktif terakhir yang bisa mencegah penuaan dini adalah Vitamin C. Vitamin C bertindak sebagai antioksidan untuk menangkal dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga bagus untuk mencerahkan bintik-bintik gelap di wajah. Nah, buat Moms yang punya flek hitam, bisa banget lho, pakai vitamin C untuk menghilangkan flek hitam tersebut.

Namun, yang perlu dicatat, vitamin C merupakan bahan yang tidak stabil. Jika terkena suhu tinggi, vitamin C bisa teroksidasi dan menjadikannya tidak efektif. Ada banyak skincare yang mengandung Vitamin C, di antaranya Kleveru Vitamin C 10% Ferulic Serum, Elsheskin Radiant Skin Serum, dan Somethinc C-Riously 24K Gold Essence.

Itu dia 4 kandungan yang bisa mencegah penuaan dini. Gimana Moms, udah enggak bingung lagi kan sekarang harus pilih skincare anti-aging yang mana? (M&B/Talitha Putik Arawanda/SW/Foto: Freepik)