Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Cerita Paula Verhouven Menghadapi Tantangan Mengasuh Anak

Cerita Paula Verhouven Menghadapi Tantangan Mengasuh Anak

Menikah dengan Baim Wong pada 2018 lalu, kini Paula Verhouven, artis sekaligus model papan atas Indonesia sedang disibukkan dengan kegiatan mengasuh kedua anaknya, Kiano Tiger Wong dan Kenzo Eldrago Wong.

Merawat kedua putranya yang masih balita bukannya tanpa tantangan. Apalagi anak-anaknya sedang berada di masa-masa aktif mereka. Saat ditemui di acara talkshow “Kulit Sehat Si Kecil Dukung Ragam Aksinya” persembahan Sweety, Paula mengaku menggantikan popok dan pakaian kedua jagoannya merupakan hal yang cukup menantang.

“Enggak hanya saat ganti popok, aku juga kesusahan saat gantiin mereka baju. Pokoknya sekitar umur mereka 8 bulan ke atas, saat mereka udah bisa mulai jalan, itu enggak hanya popok yang sulit, ganti baju pun mereka suka nangis. Karena kan dunia mereka bermain ya, jadi maunya main terus,” ungkapnya.

Menghadapi tantangan tersebut, Mom Paula berusaha menjadi ibu yang bijak dengan menerapkan pemberian reward dan menggunakan kata-kata positif pada anak-anaknya saat meminta mereka untuk mengganti popok maupun baju.

“Nah, biasanya aku omongin baik-baik, minta suruh mereka berhenti (main). Tetap kita ikutin phase-nya mereka, tapi sambil ajak mereka ganti popok, baru nanti main lagi. Jadi harus dengan kata-kata yang positif, bukan ngancam, misalnya, ‘Kalo enggak ganti, Mama tinggalin lho, Mama pergi lho.’ Jadi lebih seperti memberikan reward, misalnya ‘Yuk, kita ganti popok dulu, nanti main lagi,’ seperti itu,” ucap wanita kelahiran Semarang ini.

Tips menjaga kesehatan kulit Si Kecil

Menemukan popok yang tepat untuk Si Kecil jadi tantangan lain yang dialami Mom Paula. Bagaimanapun, menjaga kesehatan kulit, terutama area bokong, dengan pemilihan popok yang tepat penting untuk dilakukan. Hal ini dilakukan demi membuat Kiano dan Kenzo tetap aktif dan ceria.

Concern Mom Paula soal pemilihan popok dan kebiasaan menjaga kebersihan kulit Si Kecil ini pun dijawab oleh dr. Arini Widodo, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin. Dokter Arini mengingatkan bahwa penting untuk menjaga kesehatan kulit Si Kecil, karena baik newborn maupun balita rentan sekali dengan risiko ruam popok.

“Balita dan newborn sama-sama memiliki risiko untuk mengalami ruam popok, karena kulit mereka masih sangat sensitif. Karena itu, Moms harus menjaga kesehatan kulit Si Kecil, salah satunya dengan mengenakan popok yang lembut dan menyerap cepat,” ujarnya.

Selain itu, dr. Arini juga mengingatkan untuk mengganti popok Si Kecil lebih sering. Kemudian penggunaan diaper cream juga disarankan, terutama untuk newborn.

“Gunakan diaper cream yang mengandung zinc oxide. Karena bisa berperan bagus untuk membantu barrier skin-nya, kemudian mencegah pertumbuhan jamur,” jelas dr. Arini.

Hal yang tak kalah penting, perhatikan pula cara membersihkan area bokong Si Kecil ketika mengganti popok. Bukan dengan tisu basah, dr. Arini menyarankan untuk menggunakan kapas dan air ketika membersihkan area bokong Si Kecil.

“Tisu basah kan bahannya lebih kasar, kalau kita menggosok berkali-kali tentunya bisa membuat barrier skin anak rusak. Jadi, lebih baik menggunakan kapas dan air, kemudian kita basuh dengan sabun dan dibilas bersih,” terangnya.

Tak lupa, keringkan kulit Si Kecil menggunakan handuk dengan cara ditepuk-tepuk lembut. Kemudian oleskan diaper cream sebelum memakaikan popoknya.

Inovasi Sweety untuk dukung perkembangan Si Kecil

Menjawab tantangan para orang tua dalam memilih popok, di kesempatan yang sama, Sweety menghadirkan produk terbaru mereka, Sweety Silver Pants.

Popok satu ini hadir dengan inovasi bantalan awan lembut di seluruh sisi yang bisa mencegah kemerahan dan iritasi pada kulit bayi, terutama di area lingkar pinggang dan lingkar paha. Selain itu, ada permukaan baru 1000 jalur yang mampu menyerap cairan ekstra cepat hanya dalam waktu 1 detik, sehingga permukaan popok tetap kering.

Sejalan dengan peluncuran produk baru, Sweety mengadakan kompetisi Sweety Amazing Baby Star yang mengusung tema “Dunia Kelembutan Si Kecil”, di mana Sweety percaya popok yang lembut bisa membuat anak nyaman bergerak sehingga Si Kecil bisa terus aktif dan menjadi bintang.

Kompetisi ini diadakan selama periode Desember 2022-Maret 2023. Moms bisa mendaftar di sini, kemudian upload foto dan/atau video Si Kecil menggunakan popok selembut awan.

Moms juga berkesempatan memenangkan hadiah hingga 200 juta rupiah dengan hadiah utama Mom & Baby “Soft Theme”, Room Makeover, Special Photoshoot sebagai Sweety Brand Ambassador, hadiah mingguan berupa voucher belanja, dan masih banyak lagi. Jangan sampai kelewatan kompetisinya ya, Moms! (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: @paula_verhoeven/Instagram, M&B)