Type Keyword(s) to Search
BABY

Anti Ribet, Ini Tips Mengolah Pasta sebagai MPASI Anak

Anti Ribet, Ini Tips Mengolah Pasta sebagai MPASI Anak

Selama masa MPASI, variasi makanan dengan berbagai tekstur dan rasa termasuk hal yang penting dalam pertumbuhan Si Kecil. Pasalnya, anak yang terbiasa mengonsumsi makanan yang bervariasi cenderung berisiko lebih rendah mengalami GTM dan picky eating. Selain itu, MPASI dengan bahan yang bervariasi bisa mendorong kelengkapan gizi Si Kecil.

Untuk itu, Moms tak perlu ragu untuk memvariasikan beberapa unsur MPASI. Misalnya, sumber karbohidrat untuk MPASI anak tak melulu harus nasi. Moms bisa coba berikan ubi, kentang, mi, atau pasta sebagai variasi sumber karbohidrat dalam MPASI Si Kecil.

Setiap bahan makanan tentu punya nilai lebihnya masing-masing, misalnya saja pasta. Pasta punya beragam jenis, seperti spaghetti, fusilli, atau macaroni, yang punya bentuk dan tekstur yang unik, sehingga bisa memberikan pengalaman makan yang seru serta mampu melatih oromotor Si Kecil. Karena dibuat dari campuran bahan lain, pasta memiliki rasa yang menarik untuk menambah perbendaharaan rasa Si Kecil.

Pemberian pasta untuk bayi

Lalu, bagaimana cara terbaik untuk mengolah pasta menjadi MPASI? Dikutip dari Solid Start, sebenarnya pasta bisa diberikan segera setelah bayi mulai MPASI. Namun yang pasti, pemberiannya harus disesuaikan dengan tahapan usia Si Kecil.

6-12 bulan: Sesuai dengan rekomendasi IDAI, berikan MPASI dengan tekstur bubur lembut (puree) saat bayi mulai MPASI. Setelah itu, Moms perlu meningkatkan tekstur MPASI seiring bertambahnya usia Si Kecil. Jika ingin memberikan pasta sebagai MPASI, maka Moms perlu lumat pasta hingga halus atau sesuai dengan rekomendasi tekstur di tahapan usia tertentu.

>12 bulan: Si Kecil sudah bisa mengonsumsi pasta dengan bentuk yang panjang dan tipis seperti spaghetti atau fettuccini. Selain itu, keterampilan oromotor yang semakin piawai akan membuatnya mampu mengonsumsi berbagai jenis pasta di tahapan usia ini.

BARU! Promina Pasta Creamy Chicken Spinach, pasta sehat khusus anak usia 1 tahun

Eits, Moms enggak perlu repot-repot mencari pasta untuk Si Kecil, karena Promina baru saja meluncurkan Promina Pasta Creamy Chicken Spinach yang sesuai untuk anak usia 1 tahun ke atas!

promina pasta 3

Dibuat dari bahan alami, Promina Pasta Creamy Chicken Spinach diformulasikan dengan 4 Tepat, yaitu tepat tekstur, tepat rasa, tepat gizi, dan tepat tahapan usia.

Oleh karena itu, pasta khusus anak ini pastinya cocok untuk Si Kecil. Rasanya lezat, teksturnya mampu mendorong perkembangan keterampilan makan Si Kecil, dan kandungan gizinya juga mampu mencukupi kebutuhan tubuh sesuai dengan tahapan usia Si Kecil.

Mengandung omega-3 dan omega-6, serta vitamin A, C, E, dan zinc, Promina Pasta Creamy Chicken Spinach mampu mendorong perkembangan otak serta mendukung kekebalan tubuh Si Kecil. Pasta ini juga dibuat tanpa pengawet dan rendah garam, sehingga semakin aman untuk Si Kecil, Moms.

Cara mengolahnya pun mudah, yaitu:

Memasak pasta:

1. Rebus 1 sachet pasta dengan air mendidih 250 ml.

2. Masak selama 10 menit, aduk sesekali.

3. Tiriskan dan tuangkan pasta ke dalam mangkok.

Krim ayam bayam:

1. Tuangkan 1 sachet saus krim ayam bayam ke dalam mangkok.

2. Tambahkan 30 ml air masak hangat, aduk hingga rata dan tuangkan saus krim ayam bayam ke dalam pasta.

3. Pasta siap dihidangkan.

Rekomendasi resep pasta untuk MPASI


Mengolah pasta menjadi MPASI mungkin bisa terdengar rumit. Padahal, pasta termasuk bahan makanan yang mudah dikreasikan, lho. Butuh inspirasi untuk mengolah pasta menjadi MPASI? Yuk, bikin Fusilli Grilled Chicken with Lemon! Simak resep berikut ini ya, Moms.

Bahan:

  • 1 bungkus Promina Pasta Creamy Chicken Spinach
  • 20 gram dada ayam
  • 1 siung bawang putih
  • 1/2 sdm kecap manis
  • 1/2 sdm air lemon
  • 1 sdm madu
  • 1 sdm margarin
  • 10 gram brokoli
  • 15 gram jagung rebus

Cara Membuat:

1. Campurkan dada ayam, bawang putih, kecap manis, air lemon, dan madu dengan 1 bungkus bumbu Promina Pasta Creamy Chicken Spinach.

2. Rebus pasta selama 10 menit, lalu angkat dan tiriskan.

3. Panaskan wajan dan masukkan 1 sdm margarin, kemudian masukkan racikan daging. Tambahkan brokoli, jagung rebus, dan rebusan pasta.

4. Angkat dan sajikan.

Mudah, bukan? Yuk, dapatkan Promina Pasta Creamy Chicken Spinach di e-commerce kesayangan Anda, Moms! Jangan lupa, kunjungi akun Instagram @bayisehatpromina untuk info tentang MPASI lainnya. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik, Promina)