Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rekomendasi Museum dan Galeri untuk Kenalkan Seni pada Anak

Rekomendasi Museum dan Galeri untuk Kenalkan Seni pada Anak

Seni memang erat kaitannya dengan kreativitas. Nah, untuk mengisi liburan akhir tahun ini, Moms bisa ajak Si Kecil mengunjungi beragam museum dan galeri seni yang ada. Tujuannya, tentu saja untuk mengenalkan ragam seni pada anak sejak dini.

Saat mengunjungi museum dan galeri seni pun anak tidak hanya sekadar berwisata. Si Kecil bisa makin tahu tentang seni dari lukisan, patung, dan bentuk karya seni lainnya. Sebagai panduan, Moms bisa mengintip lokasi yang M&B rekomendasikan sebagai tempat untuk mengenalkan seni pada Si Kecil.

1. Museum Tumurun

Museum Tumurun merupakan salah satu tempat yang menghadirkan beragam koleksi karya seni yang luas, mulai dari seniman muda hingga maestro berpengalaman. Museum ini terletak di kota Surakarta, Solo, dengan bangunan yang cukup luas dan menyelenggarakan dua kali pameran khusus dalam setahun. Untuk mengunjunginya, Anda cukup mendaftar secara online tanpa biaya masuk. Museum ini bisa dikunjungi anak usia 10 tahun ke atas.

2. Jogja National Museum

Jika Moms sedang berada di Yogyakarta, pastikan untuk mengunjungi Jogja National Museum. Museum ini buka di hari Senin sampai Sabtu, pukul 09.00-16.30 WIB. Ada beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati selain pameran seni, seperti Panggung Seni, Kyoot Art Galore, Anjiru Coffee Shop, Music & Podcast Studio, Kantin, serta Casa Wirabrajan. Untuk memasukinya tidak ada biaya khusus, kecuali ada event tertentu yang sedang berlangsung.

3. Museum Macan

Museum Macan atau Modern and Contemporary Art in Nusantara merupakan galeri seni yang dibuat oleh seniman Jepang, Yayoi Kusama. Museum ini punya banyak spot menarik dan juga instagramable sebagai tempat foto-foto bersama Si Kecil, dengan ketentuan usia 3-12 tahun. Moms bisa mengunjungi museum yang berlokasi di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, ini dengan langsung melakukan registrasi melalui online.

4. Art:1 New Museum

Art:1 New Museum merupakan ruang seni yang memiliki koleksi dari para seniman sebagai sarana edukasi seni untuk umum dan juga anak-anak. Museum ini menyimpan beragam koleksi lukisan, patung, hingga karya instalasi. Sementara di Art Space, Moms bisa melihat lukisan dan karya instalasi, video art, hingga karya fotografi. Untuk registrasi dan harga tiket, Moms bisa mengunjungi link yang ada di bio Instagramnya, ya.

5. imersifA: Museum Nasional

Museum Nasional atau yang dulu dikenal sebagai Museum Gajah juga hadir dengan lokasi yang diperuntukkan sebagai pameran kesenian. Dan salah satu ruangan yang paling menarik perhatian adalah imersifA, ruang baru imajinasi dengan pertunjukan video mapping 360 derajat berteknologi imersif. Moms bisa melakukan registrasi dan membeli tiketnya melalui link https://e-tiket.museumnasional.or.id/. Anda juga bisa mengajak Si Kecil untuk berkeliling di ruang pamer arca dan juga karya seni lainnya di Museum Nasional.

6. Galeri Nasional

Moms bisa mengunjungi Galeri Nasional yang berlokasi di Gambir, Jakarta Pusat. Galeri ini memiliki ruang pamer permanen dengan karya seni dari berbagai karya seniman sepanjang masa asal Indonesia maupun luar negeri. Selain itu, ada juga pameran dengan beberapa tema yang menarik untuk dikunjungi bersama anak, Moms.

7. dia.lo.gue

Satu lagi ruang seni yang unik dan wajib dikunjungi Moms bersama Si Kecil adalah dia.lo.gue. Tempat dengan nuansa seni modern dan minimalis ini memberikan sensasi nyaman sambil menikmati berbagai karya seni memukau dari para seniman. Selain memamerkan karya seni, dia.lo.gue juga merupakan kafe yang menghadirkan beragam menu lezat yang bisa Anda coba, nih.

Masih ada banyak lagi tempat bersejarah tapi penuh dengan karya seni yang bisa Moms kunjungi bersama Si Kecil, di antaranya Ullen Sentalu di Yogyakarta, NuArt Sculpture Park di Bandung, atau MoJa Museum dan ArtIna di Sarinah, Jakarta.

Dengan mendatangi berbagai tempat yang penuh karya seni ini, Si Kecil jadi punya kesempatan untuk mengenal seni lebih banyak dan bisa membangkitkan sisi kreativitasnya. Setuju kan, Moms? (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Rawpixel.com/Freepik, Instagram)