Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

10 Ide Dekorasi Background Ulang Tahun Anak Sederhana untuk Pesta di Rumah

10 Ide Dekorasi Background Ulang Tahun Anak Sederhana untuk Pesta di Rumah

Hampir semua anak menganggap hari ulang tahun sebagai momen yang spesial dan dinanti-nantikan. Sebagai orang tua, Moms dan Dads tentu ingin memberikan kenangan berharga untuk anak di hari ulang tahunnya. Salah satunya adalah dengan membuatkan pesta ulang tahun yang penuh dengan hiasan balon, pita berwarna-warni, dan kehadiran teman-teman sebayanya.

Jika Moms berencana untuk mengadakan pesta ulang tahun buat Si Kecil, ada banyak ide dekorasi background ulang tahun anak sederhana, tapi tetap berkesan, yang bisa Anda pilih. Berikut ini beberapa ide dekorasi background ulang tahun anak sederhana yang bisa dijadikan referensi. Yuk, intip idenya Moms!

1. Dekorasi background ulang tahun anak dengan tema pelangi

Pelangi adalah fenomena alam yang sering jadi favorit anak-anak. Warnanya yang beragam mulai dari merah, jingga, kuning hingga ungu jadi daya tarik tersendiri buat Si Kecil. Karena itu, Moms bisa memilih tema ini untuk pesta ulang tahun buah hati Anda.

Siapkan balon dan tali rumbai-rumbai atau pita dengan tujuh warna pelangi, lalu susun pada dinding polos dengan susunan mirip pelangi. Atau, agar lebih bermakna, Moms bisa ajak Si Kecil menggambar pelangi bersama di atas kertas dan menempelkannya di dinding sebagai center point.

2. Dekorasi background ulang tahun anak menggunakan balon foil huruf

Untuk tema dekorasi background ulang tahun ini, Anda cukup membeli balon foil huruf nama Si Kecil di toko pernak-pernik atau online marketplace. Susun balon foil huruf pada dinding, lalu beri pita berwarna-warni dan balon agar tampilannya makin meriah dan menarik.

3. Dekorasi background ulang tahun anak dengan tema superhero favorit

Anak-anak tentu memiliki tokoh superhero favorit mereka, seperti Superman, Spiderman, Batman, Iron Man, Thor, atau yang lainnya. Nah, Moms bisa jadikan tokoh superhero favorit Si Kecil sebagai inspirasi tema pesta ulang tahunnya.

Siapkan berbagai pernak-pernik karakter superhero favoritnya: topeng superhero, gambar superhero, dan balon karakter superhero. Agar makin meriah, siapkan juga kostum superhero dan kue ulang tahun berbentuk karakter superhero favoritnya.

4. Dekorasi background ulang tahun anak dengan tema kartun favorit

Selain karakter superhero favorit, Moms juga bisa jadikan tokoh kartun favorit Si Kecil sebagai inspirasi tema pesta ulang tahunnya, misalnya Elsa dan Anna dari film Frozen, Mickey Mouse, Hello Kitty, Doraemon, Unicorn, atau Disney Princess.

Siapkan berbagai pernak-pernik tokoh kartun favoritnya: gambar tokoh kartun, balon dan pita dengan warna khas tokoh kartun, serta boneka untuk menghias seluruh ruangan. Jangan lupa siapkan juga kue ulang tahun yang berbentuk tokoh kartun favoritnya itu.

5. Dekorasi background ulang tahun anak dengan tema bunga

Bunga bisa jadi salah satu ide dekorasi background ulang tahun anak sederhana yang bisa Anda pilih. Untuk menghias seluruh ruangan, Anda bisa gunakan kertas karton berwarna-warni yang dibentuk bunga-bunga dalam berbagai ukuran.

Kemudian Anda bisa menghias dan menempelkannya di dinding sebagai background pesta ulang tahun anak. Tambahkan lampu LED hias agar makin terlihat menarik. Siapkan juga kue ulang tahun dengan dekorasi bunga-bunga dengan lilin warna-warni di atasnya.

6. Dekorasi background ulang tahun anak dengan tema pita rumbai-rumbai

Untuk tema yang satu ini, ada banyak bahan yang bisa Anda manfaatkan sebagai pita rumbai-rumbai, seperti kertas krep warna-warni dan pita foil yang memiliki tampilan mengilap.

Anda bisa meletakkan pita rumbai-rumbai ini di berbagai sudut ruangan, di pintu depan, dan salah satu sisi dinding yang akan jadi tempat Si Kecil meniup lilin. Lengkapi dengan balon warna-warni senada agar tampilannya makin meriah.

7. Dekorasi background ulang tahun anak dengan tema mobil-mobilan

Anak laki-laki pasti suka dengan tema yang satu ini. Dekorasi mobil-mobilan membuat pesta ulang tahun Si Kecil terlihat makin meriah. Moms tidak perlu membeli mobil-mobilan mahal untuk hiasan. Anda bisa manfaatkan kardus atau styrofoam untuk membuat properti mobil-mobilan.

8. Dekorasi background ulang tahun anak menggunakan kumpulan foto

Mendekorasi pesta ulang tahun anak dengan menggunakan kumpulan foto-fotonya adalah ide pesta ulang tahun yang bisa Anda pilih. Anda bisa mencetak foto-foto Si Kecil dari lahir hingga sekarang dalam bentuk polaroid. Gantung foto-foto tersebut dan beri lampu LED hias, balon, dan pita-pita agar terlihat makin meriah dan menarik.

Selain tidak perlu mengeluarkan budget pesta ulang tahun yang terlalu banyak, tema ini bisa sekaligus membangkitkan kenangan Moms akan pertumbuhan Si Kecil.

9. Dekorasi background ulang tahun anak dengan tema luar angkasa

Tema pesta ulang tahun anak lainnya yang bisa Anda pilih adalah tema luar angkasa. Moms bisa menghias ruangan dengan berbagai ornamen luar angkasa, seperti gambar bintang, planet, bulan, dan lainnya. Tak hanya bisa memeriahkan pesta ulang tahun anak, dekorasi seperti ini juga bisa menambah pengetahuan Si Kecil dan teman-temannya yang hadir mengenai luar angkasa.

10. Dekorasi background ulang tahun anak dengan tema bawah laut

Untuk tema pesta ulang tahun ini, ada banyak ornamen yang bisa Anda manfaatkan, misalnya balon berwarna biru dan putih, hiasan berupa karang laut, dan ikan-ikan mainan. Atau, Anda bisa juga mencari balon berbentuk ikan agar terlihat makin realistis dan menarik. Agar lebih meriah, Moms bisa pakaikan kostum dengan tema bawah laut pada Si Kecil.

Itu dia ide dekorasi untuk pesta ulang tahun anak yang bisa Anda jadikan inspirasi. Jadikan hari ulang tahun Si Kecil sebagai momen paling menyenangkan dan berharga untuknya sebagai langkah awal menginjak usia baru. (M&B/Calvin/ZA/SW/Foto: Vlada Karpovich/Pexels)