Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Cara Mengatasi Kulit Belang di Wajah yang Mudah dan Efektif

Cara Mengatasi Kulit Belang di Wajah yang Mudah dan Efektif

Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, kulit wajah belang dan kemerahan akibat terbakar sinar matahari (sunburn) merupakan salah satu masalah kulit yang mesti dihadapi.

Tentu saja kulit belang di wajah bisa menurunkan rasa percaya diri. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kulit belang di wajah dengan mudah tapi dijamin efektif. Ini caranya, Moms.

1. Mencukupi konsumsi air putih

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan rutin mengonsumsi air putih diketahui penting untuk meningkatkan hidrasi kulit secara optimal. Pasalnya, kulit yang tidak terhidrasi dengan baik akan tampak lebih kering dan kusam. Anda tentu tidak ingin kulit yang sudah belang semakin tampak belang dan tidak sehat, bukan?

2. Rajin melakukan eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi secara rutin merupakan cara mudah tetapi efektif yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kulit belang akibat paparan sinar matahari. Dengan melakukan eksfoliasi, sel-sel kulit mati pada permukaan kulit wajah akan terangkat yang bisa membantu meratakan dan mengembalikan warna kulit seperti semula.

Anda bisa melakukan eksfoliasi secara fisik/mekanis atau kimiawi, setidaknya 1-2 kali dalam seminggu. Dengan begitu, warna kulit Anda pun akan kembali seperti semula.

3. Jangan lewatkan penggunaan sunscreen

Jangan beranggapan bahwa karena kulit sudah terlanjur belang, Anda tidak perlu menggunakan tabir surya (sunscreen). Pakailah sunscreen setiap hari dan ulangi pemakaiannya setiap 2-3 jam sekali.

Faktanya, tak hanya bisa bikin kulit belang, sinar matahari juga bisa mengaktifkan sel-sel yang dapat menyebabkan terbentuknya dark spots atau bintik-bintik hitam pada wajah. Itulah sebabnya Anda disarankan untuk tidak melewatkan penggunaan sunscreen setiap harinya, karena bisa melindungi kulit dari kerusakan, kulit belang, dark spots, kemerahan, dan kulit mengelupas.

4. Menggunakan skincare yang mengandung niacinamide

Untuk mengatasi kulit wajah yang belang, Anda bisa menggunakan produk skincare yang mengandung niacinamide, yang dikenal mampu meratakan warna kulit belang secara efektif.

Menurut studi dalam Journal of Cosmetic Dermatology, niacinamide adalah bentuk vitamin B3 yang diketahui sangat baik dalam mengatasi kulit kusam, warna kulit tidak merata, dan hiperpigmentasi, sehingga membuatnya tampak lebih cerah dan merata.

5. Menggunakan skincare yang mengandung vitamin C

Selain niacinamide, vitamin C juga merupakan salah satu bahan skincare yang terkenal ampuh untuk mengatasi kulit belang dan meratakan warna kulit tidak merata. Sebuah penelitian dalam jurnal Nutrition menunjukkan bahwa vitamin C termasuk antioksidan kuat yang bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, meratakan warna kulit, dan membantu meningkatkan kolagen.

Bahan skincare ini juga mampu menghambat enzim tirosinase yang digunakan dalam produksi pigmentasi atau melanin, membuatnya menjadi bahan skincare yang efektif untuk mencerahkan kulit.

6. Menggunakan skincare yang mengandung retinol

Satu lagi bahan skincare yang dikenal ampuh dalam mengatasi kulit belang pada wajah adalah retinol. Bahan skincare ini telah terbukti mampu meratakan warna kulit dengan cara mendorong pergantian sel kulit yang cepat, sehingga menghasilkan warna kulit yang lebih cerah dan merata.

Anda bisa mengaplikasikan produk skincare yang mengandung retinol di malam hari dan selalu gunakan sunscreen keesokan harinya, karena retinol bisa membuat kulit Anda menjadi lebih sensitif terhadap matahari.

Namun, hindari penggunaan retinol bersamaan dengan produk skincare lainnya yang mengandung AHA, BHA, dan vitamin C. Untuk amannya juga, hindari penggunaan retinol jika Anda tengah hamil.

7. Mengoleskan gel lidah buaya

Selain cara-cara yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda juga bisa menggunakan gel lidah buaya (aloe vera) untuk membantu mengatasi masalah kulit belang di wajah. Mengoleskan gel lidah buaya dipercaya bisa mencegah produksi melanin dan mengurangi risiko hiperpigmentasi pada kulit wajah, sehingga membuat warna kulit lebih cerah dan merata. Itu semua berkat kandungan antioksidan kuat yang ada dalam lidah buaya.

Penyebab kulit belang di wajah

Itulah 7 cara mudah dan efektif untuk mengatasi kulit belang di wajah akibat paparan sinar matahari. Namun, selain paparan sinar matahari berlebih, kulit belang di wajah juga bisa disebabkan oleh beberapa hal lainnya, termasuk:

1. Melasma

Perubahan hormon, terutama di masa kehamilan, bisa memicu melanosit–sel penghasil pigmen di kulit–memproduksi terlalu banyak warna. Hal ini bisa menyebabkan kulit belang pada wajah yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik berwarna abu-abu, kecokelatan, atau kebiruan. Meskipun terbilang tidak berbahaya, tapi kondisi ini cukup bisa memengaruhi penampilan.

2. Vitiligo

Jika melasma terjadi akibat kelebihan produksi pigmen di kulit, vitiligo justru terjadi akibat kurangnya produksi pigmen di kulit. Vitiligo ditandai dengan munculnya bercak-bercak putih pada permukaan kulit yang tampak seperti kulit belang. Pada vitiligo, kurangnya produksi pigmen di kulit terjadi karena rusaknya sel-sel penghasil pigmen kulit akibat gangguan autoimun.

3. Penggunaan obat-obatan tertentu

Kulit wajah yang belang juga bisa disebabkan oleh penggunaan obat-obatan tertentu, misalnya obat minosiklin untuk penyakit endokrin, salah satunya penyakit Addison dan kondisi hemokromatosis atau kelebihan zat besi dalam tubuh.

4. Penyebab lainnya

Warna kulit yang tidak merata juga bisa disebabkan oleh peradangan kulit dan infeksi jamur serta luka. Biasanya, perubahan warna kulit yang disebabkan oleh luka tidak bersifat permanen dan bisa disembuhkan. Sementara itu, untuk perubahan warna kulit yang tidak merata akibat infeksi jamur biasanya membutuhkan obat-obatan tertentu yang bisa membantu mengurangi gejalanya.

Itulah beberapa cara mengatasi kulit belang di wajah yang mudah dan efektif. Semoga bermanfaat, Moms. (M&B/Calvin/ZA/SW/Foto: Studioredcup/Freepik)