Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

8 Makanan Indonesia yang Mendunia, dari Rendang Hingga Nasi Goreng

8 Makanan Indonesia yang Mendunia, dari Rendang Hingga Nasi Goreng

Selain keindahan alamnya, Indonesia juga terkenal dengan kulinernya yang beragam. Beberapa bahkan telah diakui sebagai makanan terlezat di dunia. Banyak orang di belahan dunia lain yang menyukai cita rasa khas masakan Indonesia.

Beberapa makanan khas Indonesia bahkan dianggap sebagai makanan paling enak di dunia. Penasaran kuliner khas Indonesia apa saja yang terkenal dan mendunia? Yuk, kita cari tahu di bawah ini!

1. Rendang

Makanan Indonesia yang terkenal di dunia yang pertama adalah rendang. Makanan khas Padang ini diolah menggunakan bumbu dan rempah-rempah asli Indonesia, sehingga menciptakan rasa yang lezat dengan kaya rempah. Hal inilah yang membuat rendang disukai banyak orang. Umumnya rendang terbuat dari daging sapi, tapi Moms juga bisa menggunakan bahan lainnya seperti daging ayam dan telur.

Proses pembuatan rendang tidaklah sebentar. Dibutuhkan setidaknya 4 jam hingga rendang akhirnya matang sempurna. Karena dimasak dalam waktu yang lama, makanya rendang bisa tahan hingga berhari-hari. Karena itu rendang juga kerap jadi pilihan buat orang yang bepergian keluar negeri tapi ingin tetap makanan Indonesia.

2. Nasi Padang

Masih dari Padang, makanan yang satu ini memiliki kenikmatan yang berbeda dari makanan lainnya. Karena nasi Padang sebenarnya adalah nasi putih yang disajikan bersamaan dengan lauk khas Padang seperti rendang, dendeng, gulai, daging cicang, serta sayuran berupa daun singkong juga sambal ijo.

Penyajiannya pun sangat unik. Kalau Anda makan di rumah makan Padang, Anda akan melihat semua menu dihidangkan di atas meja. Selain makan di tempat, Anda juga bisa memintanya dibungkus untuk dimakan di rumah dan makanan ini juga tak kalah lezatnya saat dinikmati di rumah. Cita rasa nasi Padang khas dengan pedas dan lemak. Meskipun begitu, banyak lho, orang asing yang tergila-gila dengan nasi Padang.

3. Sate 

Makanan khas Indonesia lainnya yang terkenal dan mendunia adalah sate. Sate sendiri di Indonesia punya beragam jenis dan setiap daerah memiliki ciri khasnya sendiri, misalnya sate Padang, sate maranggi, sate Madura, sate klatak, dan sate lilit. Biasanya sate terbuat dari daging yang berasal dari daging ayam, sapi, kambing, kerbau, hingga kelinci.

Daging tersebut dipotong dengan ukuran kecil seperti dadu lalu ditusuk menggunakan tusukan sate. Setelah itu, daging dibakar di atas bara api dan diberi bumbu. Bumbunya juga bermacam-macam, ada bumbu kacang, bumbu kecap, bumbu kuning, kuah gulai, dan sambal.

3. Soto

Sup daging tradisional ini terdiri dari kaldu dan bahan-bahan yang bervariasi di seluruh Nusantara. Seperti halnya sate, setiap daerah punya variasi soto yang berbeda-beda, mulai dari isiannya hingga kuahnya, misalnya soto betawi yang terkenal dengan santannya yang manis dan lembut, soto Bogor dengan mi kuning dan kuah bening yang gurih, atau soto Lamongan yang menggunakan bumbu koya.

Soto sangat pas dinikmati hangat-hangat terutama saat cuaca dingin, hujan, atau saat kurang enak badan. Aneka rempah yang terkandung dalam semangkuk soto bisa menghangatkan tubuh kita. 

5. Pempek

Makanan khas Palembang ini terbuat dari olahan ikan yang dicampur dengan sagu dan disajikan dengan kuah cuko. Awalnya pempek terbuat dari ikan belida. Namun karena ikan belida sudah sulit ditemukan, kini pempek lebih sering menggunakan ikan tenggiri sebagai bahannya.

Pempek punya berbagai jenis, seperti kapal selam, lenjer, ada’an, pempek kulit, dan pempek keriting. Pempek sendiri memiliki cita rasa asam, manis, pedas, dan gurih sehingga cocok dijadikan camilan bersama keluarga.

6. Gudeg

Makanan khas Yogyakarta ini juga salah satu makanan Indonesia yang mendunia. Gudeg adalah olahan sayur yang terdiri dari nangka muda yang dimasak menggunakan gula aren serta santan.

Sama seperti rendang, gudeg juga dimasak dalam waktu yang cukup lama. Kombinasi tersebut menghasilkan hidangan berwarna cokelat kemerahan dengan rasa yang manis. Gudeg biasanya disantap bersama dengan telur pindang, krecek, serta tahu atau tempe bacem.

7. Kerak telor

Makanan khas Betawi ini bentuknya mirip omelet, terbuat dari beras ketan dan telur yang dimasak di atas wajan. Makanan ini punya tekstur unik, sedikit crunchy di luar, tapi lembut di dalam. Kerak telor biasanya disajikan bersama serundeng, bawang goreng, dan pelengkap lainnya.

8. Nasi goreng

Tak heran jika nasi goreng masuk ke dalam makanan Indonesia yang mendunia, karena selain rasanya yang enak, cara memasaknya pun sangat praktis. Tak perlu waktu lama, cukup 15 menit, Anda sudah bisa menikmati nasi goreng. Nasi goreng juga biasanya jadi menu bekal yang sering dibuatkan oleh Moms untuk anaknya karena sangat praktis. 

Saat memasak nasi goreng, Anda juga bisa menambahkan isian yang beragam, seperti telur, sosis, bakso, ayam, daging, hingga sayuran. Anda pun bisa menyesuaikan bumbunya sesuai dengan selera. Seperti halnya soto dan sate, nasi goreng juga punya banyak variasi.

Itu dia 8 makanan khas Indonesia yang sudah terkenal dan mendunia kelezatannya. Yuk, kita lestarikan kuliner Nusantara agar semakin dikenal dunia! (M&B/Thalita Putik Arawanda/SW/Foto: Freestockcenter/Freepik)