Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Art Jakarta Gardens Edisi Kedua: Siap Hadirkan Karya Seni di Latar Terbuka

Art Jakarta Gardens Edisi Kedua: Siap Hadirkan Karya Seni di Latar Terbuka

Moms dan Dads masih ingat dengan keseruan Art Jakarta Gardens di 2022 lalu? Besarnya antusiasme penikmat seni pada pameran seni rupa ini membuatnya hadir kembali, yang akan berlangsung pada 7-12 Februari 2023. Lokasi dari perhelatan Art Jakarta Gardens sendiri masih sama, yaitu di Hutan Kota by Plataran, yang berada di dalam area Gelora Bung Karno, Jakarta. Tahun ini Art Jakarta Gardens didukung oleh Lead Partner, Bibit.

Pengunjung akan diajak melihat berbagai karya seni rupa dari seniman yang berasal dari berbagai kota di Indonesia. Karya patung dan beberapa instalasi, karya dari seniman seperti Adi Gunawan, Ashley Bickerton, Nyoman Nuarta, dan Yim Yen Sum, akan ditampilkan di Taman Patung atau area luar ruangan. Meskipun berkonsep taman, tetap ada dua tenda yang bisa dikunjungi, berisikan beragam objek dua dimensi dan karya lainnya dari 22 galeri ternama.

Kolaborasi ciptakan karya seni memukau

Seperti di tahun sebelumnya, AJG juga berkolaborasi dengan beberapa pihak yang berkontribusi langsung dalam menciptakan karya seni rupa mengagumkan. Sebagai persembahan dari Bibit, FX Harsono, seniman kelahiran Blitar yang telah memperoleh pengakuan internasional, akan menjadi salah satu sorotan tahun ini dengan instalasinya. Karyanya yang dinamakan The Light of Journey akan bertempat di ruang khusus hasil rancangan this/PLAY.

Lalu hadir juga Digital Nativ, yang piawai memadukan seni, kepengrajinan, dan teknologi. Nantinya akan hadir juga karya instalasi Aquifer dengan dukungan iForte untuk mengangkat isu air tanah Jakarta. Tidak ketinggalan kerjasama dengan Casion, sebuah jaringan catu daya dan switching untuk mobilitas listrik, akan memamerkan pencatu daya yang memikat, hasil rancangan para seniman, yaitu Naufal Abshar, Karafuru, Tutugraff, and Rizal Hasan.

Selain seni rupa, AJG 2023 juga menghadirkan sesuatu yang berbeda. Para musisi dari Sofar Sound seperti Aneesa, DUARA, Mariani Oelong, dan Sri Panggung akan menampilkan karya musik mereka. Sofar Sounds Jakarta merupakan bagian dari platform yang mengimajinasikan kembali ajang live melalui pertunjukan rahasia terkurasi untuk ditampilkan dalam latar yang hangat dan telah terselenggara di lebih dari 350 kota di seluruh dunia.

Selain itu, turut diadakan juga seni performans dari beberapa seniman, seperti Ishvara Devati, Dimas E. Prasinggih, dan Orcy World (Gilang Anom M.M.). Mereka akan menunjukkan karya penuh inspirasi dari semangat kebebasan berstruktur para pendahulu mereka.

Lokakarya untuk anak dan dewasa

Hal yang tidak kalah menarik di Art Jakarta Gardens edisi kedua ini adalah adanya lokakarya untuk Anda yang ingin mengenal dunia musik. Kegiatan ini bisa terlaksana karena kolaborasi AJG Sofar Sound dan dukungan dari Bakti Budaya Djarum Foundation.

Dan satu lagi lokakarya yang pastinya juga akan disukai Si Kecil adalah belajar membuat tembikar. Kegiatan satu ini merupakan hasil kolaborasi antara Kandura Studio dan Of Animo. Nantinya, lokakarya ini bisa diikuti oleh 30 partisipan dalam setiap sesinya.

Mengikuti lokakarya dan berkeliling di area Art Jakarta Gardens tentu bisa menjadi cara terbaik untuk mengenalkan Si Kecil dengan karya seni rupa. Anak pun bisa mengetahui lebih banyak tentang seni rupa serta para seniman, khususnya yang sebagian besar berasal dari Indonesia dan hadir pada AJG kali ini.

Agar tidak ketinggalan event-nya, catat tanggalnya ya, Moms! Art Jakarta Gardens akan berlangsung pada 7-12 Februari di Hutan Kota by Plataran, Gelora Bung Karno, Jakarta. Untuk masuk ke area pameran, Moms bisa beli tiketnya seharga Rp150.000 di TixID. Informasi lebih lanjut juga bisa Anda dapatkan dari Instagram @artjakarta atau klik www.artjakarta.com. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Dok. Art Jakarta)