Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rekomendasi Serial Anak yang Cocok untuk Ditonton Si Kecil

Rekomendasi Serial Anak yang Cocok untuk Ditonton Si Kecil

Memberikan tontonan yang baik untuk anak memang bukan perkara yang mudah. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan, mulai dari karakter tokoh, bentuk gambar, dialog, bahkan makna dan isi tontonan tersebut.

Nah, beberapa serial anak berikut ini bisa Moms jadikan sebagai pilihan tontonan buat anak yang tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan edukasi yang baik untuk Si Kecil. Yuk, simak beberapa serial edutainment anak di bawah ini, Moms!

1. Domikado

Domikado merupakan salah satu serial edutainment yang baru rilis di tahun 2023 dan hadir dengan konsep puppets show serta variasi animasi kreatif. Serial ini bercerita tentang keberagaman dari lima karakter yang saling bersahabat, yaitu Astrobek, Bea, Beo, Ciscis, dan Cricket. Dengan sifat yang berbeda-beda, kelimanya bermain di Taman Domikado, Taman untuk Semua Teman.

2. Nussa dan Rarra

Serial Nussa yang rilis di tahun 2018 ini menceritakan sosok Nussa, anal laki-laki yang lahir dengan satu kaki, tapi tidak pernah patah semangat untuk selalu belajar, terutama untuk mendalami agama Islam.

Dan baru-baru ini, karakter Rarra, sang adik, juga dibuatkan serial tersendiri, yang siap menghibur sekaligus menjadi sarana untuk membantu mengembangkan karakter anak secara islami.

3. Trungtung

Masih dari rumah produksi animasi yang sama dengan Nussa dan Rarra, hadir juga Trungtung. Serial ini memberikan cerita yang menghibur serta mengajak Si Kecil untuk belajar tentang adab berkendara di jalan raya. Karakter yang ada di serial ini adalah Trung Tung, Pak Tuh, Bang Jek, dan Jeung Ah. Saat ini Moms sudah bisa menonton berbagai episode dari serial ini di channel YouTube Little Giantz.

4. Riko The Series

Riko merupakan karakter anak laki-laki umur 8 tahun yang lucu, ceria, menyenangkan, dan rendah hati. Serial ini bercerita tentang keseharian sekaligus petualangan Riko dan sahabatnya, Q110, untuk menemukan dan mempelajari berbagai hal di sekitarnya.

Si Kecil juga bisa ikut belajar aneka pengetahuan menarik dari serial ini, seperti pengetahuan seputar ilmuwan-ilmuwan muslim dari penjuru dunia, kehebatan Allah Sang Maha Pencipta, dan banyak lagi pengetahuan lainnya. Serial animasi anak ini digagas oleh Teuku Wisnu, Arie Untung, dan Yuda Wirafianto serta diproduksi oleh Garis Sepuluh.

5. Diva The Series

Diva The Series merupakan serial bertemakan persahabatan antara Diva, Mona, Feby, Tomi, dan Putu. Meski berasal dari latar belakang yang berbeda-beda, mereka justru bisa menjadi teman yang akrab dan selalu kompak dalam kondisi apa pun.

Dari serial ini, anak bisa mengenal keberagaman budaya dan juga bahasa dari berbagai daerah di Indonesia. Si Kecil juga akan belajar tentang toleransi dari perbedaan, budaya, agama, dan nilai moral dalam pesan yang positif.

Saat anak Anda menonton serial kartun tersebut, Moms dan Dads tetap perlu menemani Si Kecil. Salah satu tujuannya adalah agar Anda bisa menjelaskan kepada anak jika ada yang mungkin belum ia pahami dari tontonan yang ia saksikan.

Selain itu, jangan lupa untuk memberlakukan screen time untuk menjaga kesehatan mata anak dan mencegah kebiasaannya bermain gadget terlalu lama. Selain menonton bersama, penting juga untuk sering mengajak anak bermain dan melakukan aktivitas fisik guna membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik, YouTube)