Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Art Jakarta Gardens Kembali Ubah Hutan Kota Jadi Pameran Seni

Art Jakarta Gardens Kembali Ubah Hutan Kota Jadi Pameran Seni

Jalan-jalan di taman sambil menikmati beragam karya seni indah bisa jadi aktivitas yang menyenangkan. Yuk, ajak keluarga Anda berkunjung ke Art Jakarta Gardens: The Second Edition, di akhir pekan ini. Berbagai karya dari seniman ternama Indonesia maupun mancanegara dipamerkan pada acara yang berlangsung pada 7-12 Februari 2023 di Hutan Kota by Plataran.

Perhelatan seni terbesar dan dilakukan setiap tahun ini kembali berlangsung dengan mengajak pengunjung untuk menjelajahi kombinasi presentasi karya seni rupa dalam dan luar ruang dalam bentuk patung, instalasi, dan objek dua dimensi. Pada Art Jakarta Gardens kali ini, terdapat beberapa segmen serta penampilan dari para seniman yang berbeda dari tahun sebelumnya.

Memasuki area Hutan Kota by Plataran, Anda langsung disuguhkan dengan Taman Pating. Area ini menampilkan patung luar ruangan, karya dari seniman seperti Adi Gunawan, Ashley Bickerton, Nyoman Nuarta, Richard Winkler, Sinta Tantra, dan Yim Yen Sum. Dengan dukungan base dari TACO, yang terbuat dari PVC dan HPL berkualitas, karya-karya ini akan kokoh berdiri dalam segala cuaca.

Di area Taman Patung juga terdapat berbagai instalasi unik, seperti karya FX Harsono yang dipersembahkan oleh Bibit, berjudul "The Light of Journey". FX Harsono ingin mengangkat kembali budaya Chinese lama, yaitu Wan Lian sebagai salah satu bentuk seni kaligrafi dalam huruf Mandarin yang dipasang pada perahu. Ini melambangkan perjalanan seseorang yang tetap perlu mengingat nilai budaya dan tradisi asal. Perjalanan ini pun bisa diibaratkan dalam berbagai hal, termasuk dari sisi finansial.

Sementara itu, terdapat juga area pameran dalam ruangan yang terdiri dari dua tenda besar. Area ini khusus disediakan untuk 22 galeri ternama, seperti Artsphere Gallery, CAN’S Gallery, dan ISA Art Gallery. Setiap karya yang dipajang punya nilai yang unik dan penuh makna, bahkan ada yang hadir dalam konsep 3D serta dua dimensi yang bergerak menggunakan aplikasi khusus.

Pertunjukan musik dan lokakarya untuk keluarga

Tak hanya karya seni rupa, Art Jakarta Gardens 2023 juga menghadirkan penampilan musik serta lokakarya bersama musisi. Pengunjung akan disuguhkan musik oleh para musisi seperti Aneesa, DUARA, Mariani Oelong, dan Sri Panggung yang berada di bawah naungan Sofar Sounds. Penampilan musik yang berlangsung pada tanggal 8 dan 9 Februari ini didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation.

Yang juga berbeda pada perhelatan Art Jakarta Gardens kali ini adalah adanya kolaborasi dari 8 orang seniman performans dan eksperimen bunyi. Para seniman tersebut adalah Dimas E. Prasinggih, Ishvara Devati, Kurt Peterson, Aldo Ahmad, Jason Noghani, Monica Hapsari, Logic Lost, dan Orcy World (Gilang Anom M.M.). Mereka akan tampil dalam ajang berjudul Intraplay #1: Garden of Self, merespons lingkungan Art Jakarta Gardens di Hutan Kota, dengan mengambil inspirasi dari semangat kebebasan para pendahulu mereka.

Aktivitas untuk Si Kecil juga ada di Art Jakarta Gardens kali ini lho, Moms. Anak-anak bisa mengikuti lokakarya dari Kandura Studio yang dipersembahkan oleh Of Animo. Lokakarya ini akan berlangsung pada 11 dan 12 Februari pukul 14.00-17.00 di area Eco Deck. Untuk mengikutinya, Anda bisa mendaftar di bit.ly/gardenoftruthworkshop atau menghubungi Whatsapp di nomor +6281288992214.

Moms dan Dads juga bisa memanfaatkan fasilitas Public Guided Tours dengan menghubungi Whatsapp +6287808101992. Anda bisa dapatkan tiket dan beragam informasi mengenai pameran di Instagram @artjakarta atau dengan mengunjungi website artjakarta.com. Let’s enjoy art at Art Jakarta Gardens The Second Edition! (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Istimewa, Art Jakarta)