Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

4 Cara Mudah Mencerahkan Bibir Hitam

4 Cara Mudah Mencerahkan Bibir Hitam

Siapa sih yang tidak ingin punya bibir berwarna merah alami dan lembap? Setiap perempuan pasti menginginkannya. Namun, tidak semua perempuan beruntung punya warna bibir yang cerah seperti itu.

Bibir gelap atau bibir hitam memang bisa menurunkan kepercayaan diri. Makanya sebagian perempuan lebih suka menutupinya dengan lipstik. Namun, sebenarnya ada lho, sejumlah cara yang bisa Moms lakukan untuk mencerahkan bibir yang gelap atau bibir hitam. Mau tahu bagaimana? Simak caranya berikut ini!

1. Lembapkan bibir dengan lip balm

Bibir yang kering dan rusak bisa terlihat gelap atau hitam. Untuk mengatasinya, Anda bisa gunakan lip balm berkualitas baik. Periksa bahan-bahannya untuk memastikan produk tersebut mengandung pelembap, seperti shea butter, cocoa butter, beewax, dan minyak almond.

Shea butter telah digunakan sejak zaman kuno dan dikenal karena sifat antioksidan dan pelembapnya. Sementara Cocoa butter sering digunakan untuk mengurangi perubahan warna akibat jaringan parut. Adapun minyak almond dianggap sebagai salah satu minyak terbaik untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit.

Selain kandungan tersebut, Moms juga membutuhkan lip balm yang mengandung SPF. Kandungan SPF bisa melindungi bibir dari sinar matahari. Pasalnya, sinar matahari inilah yang bisa menyebabkan bibir menjadi hitam. Beberapa produk lip balm yang bisa Moms coba adalah Nivea Lip balm Soothe & Protect, The Body Shop Vitamin E Lip Care Stick SPF 15, dan Sebamed Lip Defense SPF 30.

2. Lakukan eksfoliasi

Untuk mencerahkan warna bibir, Moms bisa menggosoknya dengan lembut menggunakan exfoliator. Anda bisa membuat lulur gula dengan menggabungkan satu sendok makan gula putih atau gula merah dengan madu atau minyak zaitun secukupnya untuk membuat pasta. Gosokkan campuran tersebut dengan lembut ke bibir. Setelah 1 menit, bersihkan dengan lap basah. Ulangi sebanyak 2 kali seminggu. Jika terjadi iritasi, kurangi frekuensinya menjadi 1 kali seminggu.

3. Menggunakan bahan alami

Moms bisa mencerahkan bibir dengan menggunakan bahan alami, seperti lemon, minyak kelapa, air mawar, minyak zaitun, jus mentimun, minyak almond, dan madu. Cara membuatnya juga mudah. Untuk lemon, potong irisan lemon dan celupkan ke dalam gula. Gosok bibir Anda dengan lemon bergula. Keesokan paginya, bilas bibir Anda dengan air hangat. Lakukan cara ini sebelum tidur ya, Moms. 

Untuk minyak kelapa, ambil sedikit minyak kelapa di ujung jari, lalu oleskan dengan lembut ke bibir. Anda bisa lakukan ini beberapa kali di siang hari dan juga sebelum tidur di malam hari.

4. Perawatan medis

Perawatan laser, penggunaan kojic acid, dan hydroquinone juga bisa jadi pilihan Anda untuk merawat bibir gelap atau bibir hitam. Perawatan ini bekerja dengan mengendalikan enzim yang bertanggung jawab untuk produksi melanin. Hasil yang diberikan mungkin tidak akan permanen dan bisa saja tidak aman.

Dilansir dari SkinKraft, ada yang perlu diperhatikan jika Moms ingin melakukan perawatan ini, yaitu efek samping yang akan diberikan, seperti jaringan parut, iritasi kulit, dan bahkan kerusakan saraf. Menurut para ahli, formula pencerah kulit mungkin mengandung merkuri sebagai bahan yang bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Itu dia 4 cara mudah yang bisa Moms lakukan untuk mencerahkan bibir gelap. Yang perlu Anda ingat, bibir gelap bisa terjadi karena berbagai faktor, di antaranya genetik, gaya hidup, dan sinar matahari. Nah, faktor genetik memang akan sulit untuk diperbaiki, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba. Selamat mencoba, Moms! (M&B/Thalita Putik Arawanda/SW/Foto: Freepik)