Type Keyword(s) to Search
BABY

7 Camilan yang Sehat dan Penuh Gizi untuk Bayi 7 Bulan

7 Camilan yang Sehat dan Penuh Gizi untuk Bayi 7 Bulan

Sesuai rekomendasi IDAI, bayi yang mulai MPASI sebaiknya menjalani pola makan yang terdiri dari 3 kali makan utama dan 2 kali makan selingan, terlebih lagi jika Si Kecil sudah berusia 7 bulan. Lepas dari usia 6 bulan, bayi mungkin perlu mengonsumsi makanan dengan tekstur dan bentuk yang lebih menantang.

Ya, setelah lihai mengonsumsi makanan bertekstur lembut, Si Kecil kini sudah siap menghadapi makanan yang teksturnya lebih padat. Selain mendorong keterampilan oromotornya, memberikan camilan yang tepat bisa membantu keterampilan motorik tangan bayi Anda. Mulai dari keterampilan menggenggam, mencapit, hingga berbicara, semua itu bisa didorong dengan pemberian camilan yang sesuai, Moms.

Lalu, seperti apa camilan yang sesuai untuk bayi usia 7 bulan ke atas? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 7 camilan untuk bayi usia 7 bulan yang bisa Anda berikan untuk Si Kecil.

1. Olahan sayuran

Jika Anda ingin memberikan finger food sebagai camilan Si Kecil, maka sayuran yang diolah hingga lembut bisa menjadi salah satu opsi terbaik. Untuk memudahkan proses makan Si Kecil dan menghindari risiko tersedak, jangan lupa memotong sayuran kecil-kecil serta merebus atau memanggang sayuran hingga lembut ya, Moms. Beberapa sayuran dengan gizi terbaik yang bisa Moms pilih antara lain ubi, wortel, kembang kol, atau brokoli.

2. Roti

Moms bisa sajikan roti dengan memanggangnya sebentar agar teksturnya tak lengket saat dikonsumsi bayi Anda. Selain itu, Moms juga bisa potong roti menjadi kecil-kecil untuk mengurangi risiko bayi tersedak. Menyoal gizi, tentu roti punya segudang manfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil, mulai dari karbohidrat, protein, hingga mineral.

3. Telur orak-arik

Jika dahulu para dokter merekomendasikan untuk menunda pemberian telur pada bayi, kini banyak lembaga kesehatan yang malah memberikan sugesti untuk mengenalkan telur sejak dini untuk mendeteksi adanya alergi. Kabar baiknya, telur adalah salah satu sumber protein terbaik. Tak hanya itu, telur orak-arik juga punya bentuk yang sesuai sebagai finger food Si Kecil, Moms.

4. Buah-buahan lembut

Buah-buahan matang dengan daging buah yang lembut, seperti pisang, persik, semangka, raspberry, dan melon, adalah pilihan camilan yang baik untuk bayi 7 bulan. Dengan kandungan vitamin dan mineral yang tinggi, pemberian buah untuk camilan bisa membantu menumbuhkan pola makan sehat jangka panjang buat Si Kecil.

Baca juga: 7 Buah Penambah Berat Badan Bayi yang Enak dan Mudah Didapat

5. Alpukat

Tak hanya lezat, buah alpukat kaya lemak omega-3 untuk mendorong perkembangan otak bayi. Teksturnya pun lembut dan halus, sehingga sesuai untuk Si Kecil, bahkan jika ia belum punya gigi satu pun. Bayi Anda tentunya akan suka!

6. Pasta

Meski rekomendasi penyajian pasta adalah al dente, Moms bisa masak pasta sedikit terlalu matang agar teksturnya lembut untuk bayi. Berikan pasta berbentuk kecil seperti makaroni atau kerang, atau pasta besar seperti penne yang sudah dipotong. Tak hanya lezat, pasta juga mengandung protein dan karbohidrat yang penting buat pertumbuhan Si Kecil.

7. Tahu

Kaya protein, tahu merupakan salah satu camilan terbaik untuk bayi. Tahu punya rasa yang enak dan tekstur padat yang lembut, sehingga sesuai dengan tahapan perkembangan Si Kecil. Namun, hindari tahu sutera atau tahu lembut, karena teksturnya yang terlalu lembut justru membuatnya jadi sulit dipegang bayi. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)