Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Wajib Tahu! Ini Tanda-tanda Kehamilan yang Sering Tidak Disadari

Wajib Tahu! Ini Tanda-tanda Kehamilan yang Sering Tidak Disadari

Melakukan tes kehamilan memang menjadi cara yang lebih akurat dan cepat untuk mendeteksi apakah kita hamil atau tidak. Namun, sebenarnya kehamilan juga bisa diketahui dari beberapa tanda klasik yang dialami tubuh kita, seperti mual, telat menstruasi, dan mudah kelelahan.

Tapi, bukan itu saja, ternyata masih ada banyak tanda kehamilan lain yang justru sering tidak disadari. Apa saja itu? Yuk, cari tahu bersama Moms, agar Anda juga lebih aware dengan tanda-tanda kehamilan ini!

1. Merasa kepanasan

Bila Anda sering merasa kepanasan setidaknya selama 2 minggu atau lebih, ini mungkin saja merupakan tanda awal kehamilan. Kenaikan suhu tubuh setelah ovulasi diketahui bisa menyebabkan hipertermia atau kepanasan.

2. Pusing

Selama awal kehamilan, tekanan darah bisa menurun karena pembuluh darah melebar untuk mengirim lebih banyak darah ke rahim. Penurunan tekanan darah ini bisa menyebabkan pusing, yang juga dapat terjadi karena kelelahan, kadar gula darah yang rendah, dan stres yang dialami.

3. Mimisan

Mimisan juga menjadi tanda cukup umum, tapi jarang disadari banyak wanita sebagai tanda-tanda kehamilan. Mimisan bisa disebabkan oleh adanya perubahan hormonal yang terjadi dalam tubuh Anda selama hamil.

4. Indra penciuman lebih kuat

Tanda-tanda kehamilan yang jarang disadari lainnya adalah indra penciuman yang meningkat. Hal ini mungkin muncul sebagai akibat dari berkurangnya toleransi terhadap bau tertentu, atau seorang wanita mungkin jadi lebih sensitif terhadap bau saat ia hamil. Dalam beberapa kasus, kepekaan ini bisa menyebabkan munculnya rasa mual.

5. Diare

Perubahan hormon saat hamil diketahui bisa memengaruhi proses pencernaan dan menyebabkan adanya gangguan pencernaan seperti diare. Namun, tak hanya itu, apa yang Anda konsumsi, seperti makanan pedas, tinggi serat, dan tinggi lemak juga bisa menyebabkan diare di tahap awal kehamilan.

6. Sesak napas

Peningkatan hormon progesteron yang terjadi pada beberapa minggu pertama kehamilan diketahui bisa menyebabkan Anda bernapas lebih sering daripada biasanya. Akibatnya, Anda bisa saja merasa seolah-olah mengalami sesak napas.

7. Kelelahan 

Perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh selama hamil bisa menyebabkan Anda jadi mudah merasa kelelahan, terutama di awal kehamilan.

8. Rawan sakit

Kehamilan bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga Anda mungkin jadi lebih rentan terkena penyakit seperti pilek. Konon, pilek yang Anda alami mungkin bertahan lebih lama daripada biasanya selama awal kehamilan. Namun umumnya ini tidak berbahaya buat janin.

Pastikan Anda selalu memperhatikan sinyal yang diberikan tubuh Anda, Moms. Bila Anda merasakan hal-hal di atas, meski sedang tak berencana hamil, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter atau menjalani tes kehamilan. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Cookie_studio/Freepik)