Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rekomendasi Dompet Digital yang Paling Sering Dipakai saat Ini

Rekomendasi Dompet Digital yang Paling Sering Dipakai saat Ini

Moms pernah ingin belanja atau membeli sesuatu tapi kelupaan membawa uang tunai? Sekarang, hal ini sudah bukan suatu masalah besar, karena transaksi sudah bisa dilakukan dengan dompet digital.

Melansir dari laman resmi Bank Indonesia, dompet digital atau dompet elektronik adalah layanan elektronik untuk menyimpan data-data instrumen pembayaran, antara lain pembayaran dengan menggunakan kartu maupun uang elektronik, yang bisa menampung dana untuk melakukan berbagai jenis pembayaran. Bentuknya bisa berupa aplikasi atau fitur yang sudah dikembangkan dalam suatu aplikasi.

Moms mungkin penasaran, dompet digital apa yang paling banyak penggunanya dan paling sering dipakai masyarakat Indonesia? Berdasarkan survei yang dilakukan lembaga Populix pada 2022 bertajuk “Consumer Preference Towards Banking and e-Wallet Apps”, ini aplikasinya dompet digital yang paling banyak penggunanya.

1. Gopay

Pengguna aplikasi Gojek tentu sangat familiar dengan Gopay. Dompet digital ini awalnya dapat dipakai hanya untuk pembayaran seluruh layanan Gojek, tapi kini telah menjadi alat pembayaran resmi di sebagian besar kios di Indonesia.

Beberapa fitur khas Gopay antara lain Gopay Diary, patungan, Paylater, dan lainnya. Moms cukup membuka aplikasi Gojek dan klik logo Bayar, lalu Anda bisa memindai barcode atau membuka barcode untuk melakukan proses pembayaran di berbagai merchant.

2. DANA

DANA rilis di 2018 dan menjadi salah satu aplikasi yang juga banyak dipakai sebagai dompet digital. Selain transaksi pembelian, Anda juga bisa membayar berbagai tagihan rumah tangga lewat aplikasi ini.

Salah satu keunggulannya adalah telah terhubung dengan data dari pihak Kependudukan dan Catatan Sipil sehingga lebih aman digunakan. Mengusung konsep "open platform", DANA pun terhubung dengan berbagai layanan transaksi digital lain dari berbagai vendor seperti KFC, Bukalapak, TIX.ID, hingga Samsung Pay.

3. OVO

Satu lagi aplikasi dompet digital, yaitu OVO yang punya banyak keunggulan. Moms pengguna aplikasi Grab bisa memesan kendaraan atau makanan dengan pembayaran nontunai yang terintegrasi dengan OVO.

Selain pembayaran dengan uang Anda sendiri, dompet digital ini juga memiliki sistem poin yang bisa dipakai kembali sebagai alat pembayaran di semua merchant. Saat ini pun OVO sudah memiliki fitur untuk melakukan investasi berupa reksa dana serta bisa memudahkan pengguna dalam pembayaran asuransi jiwa dan proteksi lainnya.

4. ShopeePay

Meski terbilang baru, ShopeePay menjadi salah satu aplikasi dompet digital yang banyak dipakai masyarakat Indonesia. Karena tersambung langsung dengan Shopee, Moms jadi lebih mudah melakukan pembayaran saat check-out belanjaan.

Anda juga bisa mendapatkan banyak promo saat memesan makanan pada fitur ShopeeFood. Tak hanya itu, pengguna juga bisa membeli dahulu, baru membayar nanti dengan hadirnya ShopeePayLater.

5. LinkAja

Satu lagi dompet digital yang juga banyak dipakai adalah LinkAja, yang juga merupakan salah satu produk dari Bank Mandiri. Moms bisa menggunakannya untuk membayar berbagai kebutuhan esensial harian, seperti membeli token listrik, pembayaran di SPBU, hingga pembayaran transportasi umum yang menggunakan Qris.

Tak hanya itu, LinkAja juga memiliki fitur pembayaran cicilan ke multifinance hingga donasi yang bisa Anda gunakan dengan mudah.

Selain kelima aplikasi di atas, di Indonesia juga hadir berbagai dompet digital, yakni OCTO Mobile (CIMB Niaga), JakOne Mobile, Doku Wallet, i.saku, dan Sakuku (BCA). Semua aplikasi dan fitur di atas sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga keamanan data Anda akan terjamin, terutama dalam hal keuangan. Nah, Moms pakai dompet digital yang mana, nih? (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik)