Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Manfaat Makan Buah Kelengkeng untuk Ibu Hamil

Manfaat Makan Buah Kelengkeng untuk Ibu Hamil

Saat hamil, Moms disarankan untuk memperhatikan makanan yang Anda konsumsi. Salah satu jenis makanan yang harus Moms konsumsi di masa kehamilan adalah buah. Meski dikenal punya berbagai manfaat baik untuk tubuh, tak semua buah lantas bisa Moms konsumsi saat hamil.

Bagi Anda penyuka kelengkeng, Moms mungkin dihadapi rasa bimbang ketika akan mengonsumsi buah ini saat hamil. Pasalnya, ada mitos yang menyebutkan bahwa sebaiknya bumil tidak mengonsumsi kelengkeng. Konon katanya, kelengkeng memiliki efek panas yang nantinya bisa menyebabkan reaksi alergi hingga mengganggu perkembangan janin. Namun, benarkah begitu?

Bumil boleh makan kelengkeng, kok!

Faktanya, mitos yang beredar tersebut belum terbukti secara medis. Kelengkeng justru kaya akan kandungan nutrisi dan aman dikonsumsi ibu hamil. Dalam porsi 100 gram kelengkeng, diketahui terdapat 60 kalori dan berbagai nutrisi lainnya, seperti karbohidrat, protein, serat, lemak, vitamin, dan mineral.

Bila dikonsumsi secara normal dengan porsi yang tidak berlebihan, buah satu ini justru akan memberikan manfaat bagi bumil. Tentunya Moms makin penasaran kan dengan berbagai manfaat mengonsumsi kelengkeng. Yuk, kita cari tahu bersama manfaat kelengkeng untuk ibu hamil berikut ini.

1. Sebagai sumber vitamin

Untuk mendukung perkembangan janin dan kesehatan Anda selama hamil, Moms dianjurkan untuk mengonsumsi banyak vitamin dari sumber alami. Salah satu sumber vitamin alami yang baik adalah kelengkeng. Menurut para ilmuwan, kelengkeng tinggi akan vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bumil, sehingga ini akan membantu Moms untuk bisa mencegah berbagai ancaman penyakit selama kehamilan.

2. Sumber kalsium untuk bumil dan janin

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa kelengkeng bisa menurunkan risiko osteoporosis pada wanita dewasa. Hal ini dikarenakan adanya kandungan beberapa zat mineral penting pada kelengkeng, seperti kalsium, potasium, dan zat besi. Mineral-mineral tersebut bisa membantu menjaga kesehatan tulang bumil dan pembentukan struktur tulang bayi.

3. Baik untuk pencernaan

Di masa awal kehamilan, Moms mungkin mengalami keluhan pada pencernaan Anda seperti mual dan muntah, diare, sembelit, atau bahkan kembung. Nah, kelengkeng yang punya nilai gizi dan komposisi serat yang tinggi mampu membantu mengatasi keluhan-keluhan tersebut selama kehamilan.

4. Mengatasi gangguan berkemih saat hamil

Semakin besar ukuran perutnya, bumil kerap mengalami masalah buang air besar maupun buang air kecil, seperti retensi urine. Berdasarkan berbagai penelitian yang dilakukan, kelengkeng bisa membantu mengatasi retensi urine dan gejalanya.

5. Meningkatkan nafsu makan saat hamil

Selama hamil, Moms mungkin mengalami penurunan nafsu makan. Akibatnya, Anda akan mengalami penurunan stamina dan kehilangan semangat untuk melakukan aktivitas apa pun. Mengonsumsi kelengkeng yang mengandung glukosa dan sukrosa bisa membantu mengembalikan stamina dan merangsang nafsu makan Anda.

Tak hanya itu Moms, mengonsumsi kelengkeng juga diketahui bisa membantu menyembuhkan gangguan sulit tidur (insomnia) dan mengurangi rasa cemas saat hamil.

6. Menyembuhkan infeksi cacing kremi saat hamil

Ternyata kelengkeng bisa bermanfaat untuk mengobati infeksi cacing kremi. Hal ini disebabkan adanya kandungan asam tartat di dalamnya. Bisa dibilang, kelengkeng merupakan obat infeksi cacing kremi yang paling aman untuk bumil.

7. Meningkatkan metabolisme tubuh saat hamil

Saat hamil, Moms perlu memperhatikan metabolisme tubuh Anda. Pasalnya metabolisme yang baik tentunya akan menghasilkan bayi yang sehat dan persalinan yang aman. Mengonsumsi kelengkeng yang mengandung protein nabati dan lemak bisa membantu merangsang proses metabolisme dalam tubuh.

So, Moms tak perlu takut lagi untuk makan kelengkeng saat Anda hamil, ya. Namun, jangan lupa perhatikan porsinya agar Anda bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Dashu83/Freepik)