Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Tips Memilih Baju untuk Pemilik Badan Gemuk

Tips Memilih Baju untuk Pemilik Badan Gemuk

Memilih pakaian yang tepat bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi pemilik badan gemuk. Pemilihan pakaian yang tepat tidak hanya akan membuat anda merasa nyaman, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri.

Namun, dengan banyaknya pilihan pakaian yang tersedia di pasaran, memilih pakaian yang tepat untuk badan gemuk bisa jadi hal yang sulit. Karena itu, dalam artikel ini, M&B akan memberikan beberapa tips tentang bagaimana memilih pakaian yang tepat untuk pemilik badan gemuk.

1. Pilih ukuran yang tepat

Tips pertama yang perlu Moms perhatikan saat memilih baju adalah penting untuk memilih ukuran yang tepat untuk badan anda. Jangan sampai Anda memilih pakaian yang terlalu ketat atau terlalu longgar, karena pakaian yang terlalu ketat dan terlalu longgar akan membuat tubuh Anda terlihat semakin besar. Jadi pilihlah pakaian yang pas dengan ukuran badan anda.

2. Gunakan bahan yang tepat

Orang yang bertubuh gemuk umumnya lebih mudah mengalami iritasi kulit. Untuk mencegah hal tersebut, Anda disarankan untuk menghindari penggunaan pakaian yang terbuat dari bahan kasar dan tebal, karena bisa menyebabkan keringat dan memperparah iritasi, yang pada akhirnya bisa menimbulkan ketidaknyamanan.

Pilihlah pakaian dari bahan yang ringan dan lembut agar mudah menyerap keringat dan memberikan kenyamanan bagi kulit. Hindari juga pakaian yang terlalu tebal atau kaku, karena akan membuat anda jadi terlihat lebih besar.

3. Pilih warna-warna gelap

Ada sebuah trik yang sudah lama dikenal dan banyak dipraktikkan, yaitu memakai pakaian berwarna hitam untuk menciptakan ilusi kesan ramping pada penampilan. Hal ini dikarenakan warna hitam bisa membantu menciptakan garis vertikal yang terlihat panjang pada tubuh.

Oleh karena itu, warna hitam bisa menjadi pilihan yang tepat untuk model pakaian bagi orang yang memiliki tubuh gemuk agar terlihat lebih langsing. Selain warna hitam, warna gelap lainnya seperti navy, merah marun, cokelat tua, abu-abu, dan hijau army juga bisa menjadi alternatif yang baik.

Anda sebaiknya menghindari warna-warna pucat seperti krem dan lebih baik memadukan warna yang sama antara atasan dan bawahan agar tercipta warna yang senada, misalnya atasan biru dongker dipadukan dengan jeans biru tua atau hoodie hitam dipadukan dengan celana hitam. Jika khawatir penampilan akan terlihat monoton, memilih pakaian dengan tekstur yang berbeda seperti sweater berbulu bisa menjadi pilihan yang menarik.

4. Hindari pola yang terlalu besar

Pakaian yang memiliki motif bisa memberikan ilusi menutupi bentuk tubuh dibandingkan dengan pakaian polos. Namun, tidak semua motif dapat memberikan efek yang sama. Memilih motif dengan sembarangan justru bisa membuat penampilan Anda terlihat lebih berisi daripada sebelumnya. Oleh karena itu, sebaiknya pilih motif yang kecil seperti bunga atau motif vertikal.

5. Hindari juga detail yang terlalu banyak

Anda masih bisa tampil modis dengan pakaian yang memiliki renda atau detail yang menarik. Namun, yang perlu dihindari adalah memilih detail pada area tubuh yang besar.

Jika Moms memiliki pinggul, paha, dan bokong yang besar, sebaiknya hindari detail di sekitar pinggang. Sedangkan jika Moms memiliki dada yang besar, hindari renda yang panjang mengarah dari kerah ke belahan dada. Hal yang sama juga berlaku untuk kantong pakaian.

6. Perhatikan aksen dan aksesoris

Moms disarankan untuk menghindari aksesoris yang terlalu kecil jika memiliki tubuh besar. Tas tangan kecil atau anting-anting kecil akan membuat tubuh anda semakin mencolok.

Sebaliknya, aksesoris yang terlalu besar seperti kalung besar akan membuat bagian tubuh anda terlihat lebih berat. Jadi, pilihlah aksesoris yang ukurannya sedang dan simpel tanpa detail yang terlalu rumit.

Dengan memperhatikan tips di atas, Moms bisa memilih pakaian yang cocok dan membuat Anda jadi lebih percaya diri. Ingatlah bahwa kepercayaan diri adalah kunci untuk penampilan yang memukau! (M&B/Talitha Putik Arawanda/SW/Foto: Master1305, Max4e, Sviatkovskyi, Kues1/Freepik)