Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Bulan Puasa, Ini 5 Hal Penting yang Harus Moms Miliki untuk Menghindari Anak Rewel Sepanjang Hari

Bulan Puasa, Ini 5 Hal Penting yang Harus Moms Miliki untuk Menghindari Anak Rewel Sepanjang Hari

Memasuki bulan suci Ramadan, banyak Moms yang mulai mempersiapkan segala sesuatunya agar ibadah bisa berjalan lancar dan kebutuhan rumah tangga tetap terurus. Persiapan bulan puasa ini dilakukan karena tidak sedikit ibu yang merasa hectic atau banyak kesibukan untuk mengurusi keperluan keluarga, misalnya menyiapkan sahur, menu buka puasa, merawat anak dan suami, hingga menyelesaikan pekerjaan.

Di sinilah kesabaran seorang ibu akan semakin teruji, terutama buat Moms yang masih punya anak di masa golden age. Lalu, bagaimana caranya agar Moms, baik ibu rumah tangga maupun ibu pekerja, tetap bisa menunaikan ibadah puasa dengan semangat di tengah kesibukannya? Nah, berikut ini 5 hal penting yang harus Moms miliki untuk menghindari anak rewel sepanjang hari.

1. Jadwal aktivitas Si Kecil

Membuat jadwal rutin kegiatan anak sejak dini dinilai memiliki banyak manfaat. Si Kecil akan belajar memahami kegiatan yang dilakukan dalam kesehariannya, seperti tidur, mandi, makan, belajar, dan bermain. Dengan membiasakan rutinitas, Si Kecil juga akan belajar mandiri dan disiplin serta memahami manajemen waktu untuk membantu mengoptimalkan perkembangannya.

Selain itu, selama bulan puasa, jadwal aktivitas Si Kecil juga bisa membantu Moms dan Si Kecil saling beradaptasi satu sama lain serta berguna agar Moms bisa mengetahui waktu yang tersedia untuk membagi waktu dan menyusun perencanaan melakukan pekerjaan rumah atau kegiatan lain. Moms juga bisa membiarkan Si Kecil ikut membantu pekerjaan rumah yang ringan.

Hal ini akan membuat Si Kecil merasa berharga dan senang karena dilibatkan dan merasa dipercaya. Dengan begitu, ia akan tetap terurus dan merasa diperhatikan oleh ibunya sehingga bisa mencegahnya rewel sepanjang hari.

2. Keahlian multitalenta

Tidak dapat dimungkiri bahwa sifat multitasking seorang ibu akan meningkat dan dituntut lebih selama bulan puasa. Apa pun kegiatan sehari-hari Moms sebagai seorang ibu, baik ibu rumah tangga maupun ibu pekerja, bulan Ramadan menjadi waktu untuk belajar, beribadah, dan bekerja dalam satu waktu sekaligus. Banyak hal yang harus Moms lakukan setiap hari karena Anda biasanya memegang kendali dalam urusan pekerjaan rumah, serta ada beban dan tanggung jawab yang dijalani.

Belum lagi, seorang ibu bisa berubah profesi menjadi ahli gizi selama menyiapkan menu sahur dan berbuka, apalagi buat Moms dengan anak yang masih MPASI. Anda juga harus bisa menjadi teman bermain Si Kecil agar mood atau suasana hatinya selalu baik dan tetap merawat buah hati dengan baik. Untuk itu, keahlian multitasking ini harus dimiliki oleh seorang ibu selama bulan puasa agar keluarga tidak terlantar dan yang terpenting anak anteng seharian.

Menjadi ibu yang multitasking memang bukan pekerjaan mudah. Semua akan terasa melelahkan dan banyak menguras tenaga serta emosi. Namun, bila Moms butuh bantuan, Anda bisa minta tolong kepada Dads untuk berbagi tugas rumah tangga. Boleh-boleh saja lho, Moms.

3. Waktu bonding bersama Si Kecil

Sesibuk dan sebanyak apa pun kegiatan seorang ibu, anak merupakan prioritas utama yang tidak tergantikan, sehingga akan selalu ada waktu yang diluangkan ibu untuk bonding bersama anaknya untuk meningkatkan kualitas hubungan orang tua dan anak. Menyisihkan waktu untuk keluarga, terutama untuk anak, bisa kita membuat saling menghargai dan meningkatkan kebahagiaan.

Kegiatan bonding dengan mengajak Si Kecil mengobrol bisa mengurangi stres, membuat anak senang, dan menghindari anak rewel sepanjang hari. Sebuah penelitian juga mengatakan bahwa anak dari keluarga yang memiliki waktu bonding akan tumbuh menjadi anak yang percaya diri, pribadi yang bahagia, dan memiliki prestasi akademik yang lebih baik.

Nah, meski di bulan puasa Moms punya banyak kegiatan, Anda sebaiknya tetap menyempatkan untuk bonding dengan Si Kecil ya, karena hal itu sudah terbukti memberikan dampak yang positif untuk tumbuh kembang anak hingga ia dewasa nanti.

4. Popok yang nyaman

Meski terkadang sulit untuk dihindari, ada kalanya Moms harus menghadapi anak yang rewel seharian. Menghadapi kondisi ini tentu bisa membuat Anda lelah, baik secara fisik maupun pikiran. Anak yang rewel bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya lapar, sakit, kurang tidur hingga kondisi yang tidak nyaman akibat popok.

Untuk menghindari anak cranky karena popoknya tidak nyaman, pilihlah popok super tipis super nyerap dan anti gumpal. Artinya, gunakan popok yang tidak tebal agar anak bisa nyaman bebas bergerak, tapi penyerapannya juga maksimal.

Tidak semua popok yang ketebalannya tipis gampang bocor, seperti MAKUKU SAP Diapers Slim Care. Produk terbaru dari MAKUKU ini terbuat dari inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer) tanpa campuran pulp sebagai bahan penyerapnya. Inilah yang membuat MAKUKU SAP Diapers Slim Care tipis, penyerapannya cepat dan merata, serta anti gumpal.

Ketika popok menyerap cairan, penyerapannya tidak hanya bertumpu di satu titik dan membuat popok mudah menggumpal. Permukaan popoknya kering, menjaga kelembapan kulit serta efektif mengurangi ruam popok. Jika Si Kecil menggunakan MAKUKU SAP Diapers, kekhawatiran Moms terhadap ruam popok yang bikin anak rewel akan berkurang. Jadi, Moms bisa lebih fokus dalam menjalankan ibadah puasa tanpa ribet ngurusin ruam popok.

5. Menyediakan krim ruam popok

Selain menyediakan popok yang efektif mengurangi ruam popok, Moms juga perlu nih memiliki krim untuk mencegah ruam popok. Biasanya bayi yang memiliki kulit sensitif akan mudah terkena ruam popok dan masalah kulit lainnya. Jadi, untuk mencegah ruam popok sebaiknya sediakan krim khusus ruam popok di rumah Anda.

Mengoleskan krim ini secara rutin tentu bisa mengurangi masalah ruam popok yang sifatnya ringan. Krim ini sekaligus bisa meningkatkan kelembapan kulit untuk mencegah iritasi. Krim ruam popok yang ideal untuk digunakan semua jenis kulit bayi adalah yang mengandung zinc oksida atau petroleum. Langkah ini bisa dilakukan supaya Si Kecil nyaman dan mencegahnya rewel, Moms.

Mengenal Kelebihan MAKUKU SAP Diapers Slim Care

MAKUKU SAP Diapers Slim Care terbuat dari bahan berkualitas tinggi yang aman digunakan bayi. Popok baru dari MAKUKU ini menggunakan inti struktur SAP yang sudah banyak digunakan di beberapa negara seperti China, AS, Jepang, dan Eropa. Lalu, apa sih yang membedakan MAKUKU SAP Diapers Slime Care dengan popok lainnya?

1. Anti gumpal

Popok yang menggumpal memiliki penyerapan hanya di satu titik saja. Artinya, cairan yang terserap oleh popok tidak menyebar ke seluruh permukaan popok dan hanya terserap di satu titik. Penumpukan cairan inilah yang membuat popok jadi mudah menggumpal, berat, dan terasa jatuh, serta membuat permukaan popok lembap dan basah sehingga pertumbuhan bakteri dan jamur pemicu ruam popok bisa berkembang biak dengan cepat.

2. Super tipis super nyerap

Banyak yang beranggapan bahwa popok yang tebal mampu menyerap lebih baik dibandingkan popok yang tipis. Hal tersebut dipatahkan oleh kehadiran MAKUKU SAP Diapers Slim Care yang memiliki ketebalan hanya 1,6 mm, setipis koin tapi penyerapannya maksimal. Popok yang super tipis super nyerap ini begitu ringan sehingga bayi akan lebih nyaman menggunakan popok tipis.

Dengan menggunakan popok tipis, tidak akan ada hambatan buat bayi saat bergerak dan ia bisa nyaman beraktivitas. Si Kecil juga bisa bebas bergerak mengeksplorasi sekitar tanpa takut ruam popok.

3. U shape belly button

Sisa tali pusat bayi akan tetap menempel dan kemudian puput dengan sendirinya dalam kurun waktu 7-14 hari, bisa lebih cepat ataupun lambat. Tali pusat ini akan berubah menjadi hitam, mengeras, dan kering. Selama tali pusat belum lepas, Moms harus merawat dan memperhatikan kesehatan serta kebersihannya. Sebab, tali pusar bisa mengalami infeksi jika terkena gesekan dengan popok.

Hal tersebut tidak perlu Moms khawatirkan lagi, karena MAKUKU SAP Diapers Slim Care memiliki U shape belly button khusus untuk bayi baru lahir (size NB). U shape belly button ini merupakan desain lengkungan di bagian depan yang terbuat dari kain non-anyaman yang dipotong. Lengkungan berbentuk U ini agar karet pinggang popok tidak bersentuhan dengan pusar, sehingga bisa menghindari pusar bayi baru lahir, mengurangi gesekan pada pusar, dan melindungi pusar bayi baru lahir.

Selain itu, MAKUKU SAP Diapers Slim Care juga dilengkapi dengan fitur-fitur lainnya yang tidak kalah canggih, di antaranya:

  • Struktur 3D: Lapisan permukaan dengan tekstur heksagonal dapat mengurangi kontak dengan kulit.
  • Permukaan rongga udara: Menghilangkan lembap adanya pertukaran udara bagian bawah dan memungkinkan udara segar masuk.
  • Bahan inti samping: Memiliki lebih banyak area penyerapan dan mengurangi risiko kebocoran samping.
  • Indikator urine: Memudahkan untuk mengetahui apakah popok Si Kecil sudah penuh atau belum dengan perubahan warna dari kuning ke biru.

MAKUKU SAP Diapers Slim Care kini hadir dalam tipe celana (ukuran M, L, XL, XXL) dengan harga Rp 89.200,00. MAKUKU SAP Diapers Slim Care tersedia di Superindo, Hypermart, Hero, Grand Lucky, AEON, Transmart, dan Diamond Supermarket. Atau bagi Moms yang lebih nyaman berbelanja online, Anda bisa kunjungi akun MAKUKU Indonesia Official di Lazada, Shopee, Tiktok Shop, dan Tokopedia. (M&B/SW/Foto: Senivpetro/Freepik, MAKUKU)