Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

8 Konsep Foto Maternity Sederhana Tapi Berkesan yang Bisa Moms Tiru

8 Konsep Foto Maternity Sederhana Tapi Berkesan yang Bisa Moms Tiru

Kehamilan merupakan salah satu momen paling membahagiakan buat Anda ya, Moms dan Dads. Jadi, tak heran jika banyak pasangan suami istri yang ingin mengabadikan momen bahagia ini dengan foto maternity atau maternity shoot.

Dalam beberapa tahun belakangan, maternity shoot menjadi salah satu tren yang sering dilakukan ibu hamil. Layaknya foto prewedding, sebenarnya maternity shoot tidak wajib dilakukan. Namun, tidak ada salahnya pula untuk dilakukan, bukan?

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum melakukan maternity shoot dan konsep maternity sederhana yang bisa jadi inspirasi, Moms dan Dads.

Yang harus dipersiapkan sebelum maternity shoot

1. Memilih fotografer yang cocok

Kenyamanan menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat ingin melakukan sesi maternity shoot. Untuk alasan itu, cobalah meluangkan waktu untuk sedikit mengenal fotografer sebelum memulai sesi pemotretan. Atau, alangkah lebih baik jika Moms dan Dads memilih fotografer yang sudah Anda kenal sebelumnya. Dengan begitu, Moms bisa lebih tenang, tidak canggung, dan nyaman saat berpose di depan kamera.

2. Menyusun rencana dengan matang

Melakukan maternity shoot sederhana perlu dipersiapkan dengan rencana yang matang, seperti mempertimbangkan lokasi (di rumah, studio, ataupun outdoor). Jika Anda ingin melakukan maternity shoot di dalam rumah, pastikan tersedia pencahayaan yang baik agar hasil fotonya lebih cerah dan clear.

Anda juga perlu mempersiapkan riasan, hair style, dan pakaian yang akan digunakan. Supaya tidak menghabiskan budget yang banyak, Moms bisa menggunakan dress cantik yang Anda miliki, tidak perlu membelinya. Moms bisa merias wajah dan melakukan hair style sendiri, tidak perlu menyewa makeup artist untuk hal ini. Anda bisa mencari inspirasinya di pinterest atau mendapatkan tutorialnya di YouTube.

3. Pilih waktu maternity shoot yang tepat

Aturlah waktu yang tepat untuk melakukan sesi maternity shoot, misalnya sekitar pertengahan pada bulan ketujuh kehamilan. Pasalnya, di sekitar usia kehamilan tersebut baby bump sudah terlihat dan tampak sangat seksi. Pregnancy glowing pun akan terpancar secara alami dari diri Anda, Moms.

Selain itu, di usia kehamilan tujuh bulan, Moms sudah tampak segar karena frekuensi mual yang sudah cenderung berkurang.

Konsep maternity shoot sederhana yang bisa jadi inspirasi

1. Bersama pasangan dengan konsep outdoor

Bagi Moms yang lebih suka pemotretan dengan konsep outdoor serta ingin menonjolkan nuansa alam yang natural, coba pertimbangkan untuk melakukan maternity shoot sederhana di pantai. Berlatar ombak dan pasir pantai sungguh bisa menghasilan maternity shoot yang sangat ciamik.

Moms bisa menggunakan flowy dress berwarna putih dan Dads bisa menggunakan kemeja berwarna senada dan celana berwarna cokelat beige. Hasilnya dijamin sangat estetik dan instagramable.

2. Bersama pasangan di dalam studio 

Jika Moms tidak ingin pergi jauh-jauh untuk melakukan maternity shoot, Anda bisa menyewa studio foto untuk melakukan sesi pemotretan. Tidak perlu konsep foto yang rumit, cukup gunakan background foto polos dengan warna netral, lalu Moms dan Dads bisa memakai pakaian yang perfectly match dengan background foto.

Agar tidak terkesan monoton, Anda bisa menambahkan bunga atau dedaunan kering sebagai properti foto atau dipegang sebagai hand flower bouquet.

3. Berfoto menggunakan pakaian serba hitam

konsep foto maternity sederhana

Selain di studi foto, Moms juga bisa melakukan sesi maternity shoot di rumah saja, lho. Anda cukup mengandalkan dinding putih polos di rumah yang dipadukan dengan outfit sederhana berwarna hitam, sehingga menciptakan kombinasi warna monokrom yang sangat cantik.

Atau, Moms juga bisa memanfaatkan model gorden sheer berwarna putih, lalu Anda bisa berpose di antara gorden dengan dress berwarna hitam. Sungguh sangat estetik!

4. Berfoto ala street style

Bagi Moms yang ingin konsep lebih santai untuk maternity shoot, Anda bisa meniru konsep maternity shoot sederhana dengan tema street style. Moms dan Dads bisa menggunakan outfit casual, seperti menggunakan kaus, celana jeans, dan sneakers. Konsep foto semacam ini bisa memberikan kesan santai dan fun.

5. Berfoto dengan hasil USG

konsep foto maternity sederhana

Meskipun tampak sangat mainstream,  konsep maternity shoot semacam ini nyatanya bisa membawa kesan personal dan sangat bermakna. Moms bisa berfoto dengan memegang hasil USG sambil memerkan baby bump Anda. Ambil fokus angle di bagian perut dan hasil USG saja.

6. Berfoto bersama hewan kesayangan

Jika Anda memiliki hewan peliharaan kesayangan di rumah, Moms bisa mengajaknya melakukan maternity shoot bersama. Dekatkan hewan peliharaan kesayangan Anda ke perut sambil mengajaknya bermain-main.

7. Gunakan letter board

konsep foto maternity sederhana

Konsep maternity shoot sederhana menggunakan letter board ini juga bisa Anda tiru. Moms bisa menggunakan berbagai ornamen yang ada untuk menunjukkan kalau si bayi akan segera lahir sebentar lagi. Moms juga bisa mengganti letter board dengan tulisan yang Moms inginkan, bahkan bisa menambahkan perlengkapan bayi di sekitarnya agar tampak semakin menarik, personal, dan bermakna.

8. Tricky pose

Cobalah untuk mengajak Dads agar berpose seolah-olah juga sedang hamil. Pose ini bukan hanya sekadar lelucon, tetapi bisa memberikan makna yang cukup mendalam. Pasalnya, masa kehamilan tidak hanya dijalani oleh Moms, tetapi juga ada Dads yang selalu setia mendampingi Anda.

Moms dan Dads bisa berdiri menyamping dan sejajar, Dads di bagian depan dan Moms berada di sampingnya. Pose ini bisa menciptakan ilusi seolah yang hamil adalah Dads, bukan Moms.

Nah, itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan maternity shoot dan konsep maternity sederhana yang bisa Moms dan Dads tiru, sehingga bisa meninggalkan kenangan yang berkesan bagi Anda, Moms, Dads, dan Si Kecil nantinya. (M&B/Calvin/ZA/SW/Foto: RODNAE Productions/Pexels)