Type Keyword(s) to Search
KID

4 Macam Lomba Kreatif dan Mendidik yang Bisa Anak Anda Ikuti

4 Macam Lomba Kreatif dan Mendidik yang Bisa Anak Anda Ikuti

Sebagai orang tua, Anda tentu ingin yang terbaik buat Si Kecil, betul kan, Moms? Untuk mewujudkannya, Anda mengajak anak aktif mengikuti berbagai kegiatan positif, mulai dari memasukkannya ke tempat les hingga mengikuti berbagai perlombaan.

Mengikuti perlombaan merupakan kegiatan yang sangat bagus untuk perkembangan anak, karena bisa membuat ia punya semangat kompetisi yang bagus, mendidiknya untuk lebih kreatif, membangun dan melatih kepercayaan dirinya, sekaligus mengenalkan kepadanya arti menang dan kalah serta bagaimana cara menghadapinya.

Ada banyak jenis dan macam-macam perlombaan kreatif yang bisa anak Anda ikuti, Moms. Ini beberapa di antaranya.

Lomba cerdas cermat

Lomba cerdas cermat adalah salah satu lomba kreatif dan mendidik yang bisa anak Anda ikuti. Jenis lomba yang satu ini bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar dan mengasah ketangkasan dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan.

Selain itu, lomba cerdas cermat termasuk dalam kategori lomba yang cukup mendidik karena bisa melatih Si Kecil untuk memperkaya wawasan dan pengetahuannya. Tema lomba cerdas cermat sendiri biasanya beragam, mulai dari sejarah nasionalisme dan kemerdekaan, matematika, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris.

Lomba nyanyi lagu daerah dan nasional

Jika Si Kecil sudah menunjukkan potensi bernyanyi yang baik sejak dini, coba ajak ia untuk mengikuti lomba nyanyi lagu daerah dan nasional. Selain bisa mengasah kemampuan bernyanyi dan melatih kepercayaan diri Si Kecil, lomba ini juga menjadi cara yang bagus untuk mengajaknya mengenal dan melestarikan lagu-lagu daerah dan nasional.

Lomba kreasi kesenian

Selain lomba nyanyi, macam-macam lomba kreatif dan mendidik lainnya yang bisa anak ikuti adalah lomba kreasi kesenian. Lomba kreasi kesenian merupakan jenis lomba yang terdiri dari berbagai lomba, yakni lomba seni tari, lomba musikalisasi puisi, lomba dance modern, dan lomba menyanyi lagu pop. Jenis lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan bakat anak.

Lomba kostum

Satu lagi, lomba kreatif yang bisa anak Anda ikuti yaitu lomba kostum. Jenis lomba ini sangat bagus karena bisa mengajarkan kepada anak berbagai macam kostum juga mengasah kreativitasnya. Adapun ide kostum yang bisa dikenakan oleh anak untuk mengikuti lomba kostum ini antara lain adalah:

1. Kostum profesi

Di lomba ini, anak Anda bisa berkreasi mengenakan kostum yang berkaitan dengan profesi yang ia cita-citakan. Jika anak punya cita-cita menjadi seorang dokter, misalnya, maka Moms bisa memakaikan Si Kecil kostum dokter untuk memotivasinya agar suatu saat nanti ia bisa menjadi seorang dokter dan mengenakan pakaian dokter yang sesungguhnya.

2. Kostum pahlawan nasional

Selain kostum profesi, Moms juga bisa memakaikan Si Kecil kostum pahlawan nasional, misalnya kostum pahlawan nasional Teuku Umar yang identik dengan pakaian adat Aceh lengkap dengan topi adat dan senjata tradisionalnya.

Tujuan dari mengikuti lomba kostum pahlawan nasional buat anak adalah untuk mengenalkan kepada Si Kecil mengenai pahlawan-pahlawan yang telah berjuang dan berkorban demi kemerdekaan Indonesia.

3. Kostum pakaian adat

Moms juga bisa memilih kostum pakaian adat untuk mengenalkan Si Kecil dengan pakaian adat dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Nah, itulah macam-macam lomba kreatif yang mendidik serta bermanfaat untuk mengasah kemampuan, bakat, dan kreativitas Si Kecil. Sebagai orang tua, Anda perlu mendukung segala aktivitas positif yang bisa meningkatkan perkembangan anak. (M&B/Calvin/ZA/SW/Foto: Freepik)