Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

8 Drama Korea Terbaik tentang Dokter yang Wajib Anda Tonton

8 Drama Korea Terbaik tentang Dokter yang Wajib Anda Tonton

Drama Korea sudah menjadi pilihan tontonan yang digemari banyak kalangan, dari wanita muda hingga ibu-ibu. Ada banyak genre drakor dengan alur cerita sangat menarik yang bisa Anda tonton, salah satunya adalah drakor yang bercerita seputar kehidupan dokter.

Drama Korea tentang dokter tidak hanya sekadar memberi kisah yang menarik untuk diikuti, tetapi juga bisa menambah sedikit pengetahuan Anda tentang dunia kedokteran. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi drakor tentang dokter yang bisa Anda tonton untuk mengisi waktu luang Anda, Moms.

1. Hospital Playlist 

drama korea tentang dokter

Berbicara soal drama Korea tentang kedokteran, tidak lengkap rasanya jika tidak memasukkan Hospital Playlist ke dalam daftar rekomendasi. Drakor yang satu ini berhasil menjadi hit dengan memperoleh rating tertinggi, tidak hanya di Korea Selatan tetapi juga di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Bisa dikatakan, Hospital Playlist adalah salah satu drakor tentang kedokteran terbaik.

Hospital Playlist berfokus pada kisah 5 sahabat yang semuanya berprofesi sebagai dokter spesialis di rumah sakit yang sama. Awalnya, mereka bertemu saat masih berstatus mahasiswa di sekolah kedokteran, lalu persahabatan mereka terus berlanjut hingga dewasa dan menjadi dokter spesialis andal. Drakor ini tidak hanya menyuguhkan kisah persahabatan yang manis, tetapi juga pengetahuan tentang ilmu kedokteran dan penyakit, serta playlist lagu-lagu yang enak di dengar.

Hospital Playlist tayang dalam dua musim yang dua-duanya memiliki alur cerita yang sangat menarik dan seru untuk diikuti.

2. Dr. Romantic 

drama korea tentang dokter

Dr. Romantic adalah drakor tentang dokter yang bercerita mengenai seorang ahli bedah terkenal bernama Boo Yong-Joo yang dikenal dengan julukan "Hand of God." Boo Yong-Joo tiba-tiba saja menghilang dan tidak ada yang tahu persis mengapa dan ke mana ia menghilang. Ternyata, Boo Yong-Joo sekarang menjadi Teacher Kim, seorang kepala bedah di rumah sakit kecil yang hebat dan andal. Teacher Kim menyebut dirinya dokter romantis dan menikmati hidupnya dalam pengasingan. Drakor ini tayang dalam tiga musim yang semuanya memiliki plot sangat seru.

3. Good Doctor 


Good Doctor adalah drakor tentang dokter yang menceritakan tentang Park Si On, seorang sarjana dengan savant syndrome yang memiliki kemampuan memori tingkat genius dan keterampilan spasial yang tajam.

Si On akhirnya masuk sebagai residen bedah anak di salah satu rumah sakit. Ia diberi waktu 6 bulan untuk membuktikan kemampuannya. Namun, karena kondisi mental dan emosionalnya yang tidak biasa, Si On menghadapi konflik dari sesama teman residen, dokter senior, dan pasiennya, yang memandangnya sebagai anak kecil dan tidak bisa diandalkan. Rumah sakit adalah tempat yang sengit dan kompetitif, dan tantangan yang dihadapi Si On pun semakin rumit ketika ia jatuh cinta dengan sesama teman residennya.

4. Doctor Strange

Doctor Strange adalah drakor yang wajib banget masuk ke dalam daftar tontonan Anda. Doctor Strange memiliki plot yang sangat menarik, yakni bukan hanya sekedar kisah dokter, tetapi juga kisah cinta yang romantis.

Drakor ini menceritakan tentang seorang anak bernama Park Hoon dan ayahnya yang diculik dan dikirim ke Korea Utara. Setelah dikirim ke Korea Utara, Park Hoon dan ayahnya ditolak untuk kembali ke Korea Selatan.

Di Korea Utara, Park Hoon dilatih menjadi dokter oleh ayahnya yang juga merupakan seorang dokter. Ia menjadi seorang ahli bedah kardiotoraks andal. Melihat adanya kesempatan, Park Hoon melarikan diri kembali ke Korea Selatan, dan bekerja sebagai dokter spesialis di rumah sakit top Korea Selatan, Rumah Sakit Universitas Myungwoo. Di rumah sakit, ia bertemu dengan sesama dokter yang mirip dengan kekasihnya di Korea Utara yang menghilang.

5. Ghost Doctor 

Ghost Doctor adalah drakor yang menampilkan sebuah konsep fantasi menarik, unik, dan sedikit komedi, sehingga dijamin sangat menghibur untuk ditonton. Drakor ini berfokus pada 2 dokter yang mempunyai latar belakang, personaliti, dan skill berbeda, Cha Young-min (Rain) dan Go Seung-tak (Kim-Bum). Karena sebuah kecelakaan, Cha Young-min mengalami koma dan tidak sadarkan diri.

Meskipun begitu, arwah Young-min dapat memasuki tubuh Seung-tak dan memanfaatkannya untuk mengobati pasien-pasiennya. Mereka berdua bekerja sama untuk mengobati pasien yang sekarat.

6. Doctor John

drama korea tentang dokter

Sedikit berbeda dengan drakor pada umumnya yang seringnya hanya memiliki 16 episode, Doctor John justru punya episode yang lebih panjang, yakni 32 episode. Drakor tentang dokter ini berfokus pada Cha Yo-han (Ji Sung), seorang dokter anestesiologi.

Yo-han mempunyai sikap kasar dan dingin, tapi ia adalah dokter yang genius. Bersama dengan Kang Shi-young (Lee Se-young), residen anestesiologi, ia mencoba menemukan penyebab rasa nyeri akut yang diderita pasien-pasiennya secara misterius dan mengobatinya.

7. Hospital Ship 

Hospital Ship mengisahkan tentang sekelompok dokter muda dari rumah sakit ternama di Seoul yang ditugaskan untuk memberikan perawatan medis kepada penduduk setempat yang tinggal di pedesaan melalui kapal rumah sakit yang berlayar mengelilingi pulau-pulau kecil. Para dokter ini juga harus mengesampingkan ego mereka untuk merawat pasien-pasien di sana.

8. Doctor Prisoner


Satu lagi rekomendasi drakor tentang dokter yaitu Doctor Prisoner, yang mengisahkan tentang seorang dokter yang melakukan balas dendam karena dituduh bersalah. Nam Koong Nim berperan sebagai ahli bedah yang baik dan andal, tapi ia dituduh melakukan malpraktik pada pasiennya. Karena kejadian itulah, ia lalu dikeluarkan dari rumah sakit dan reputasinya jadi hancur. Ia memutuskan bekerja sebagai dokter di penjara dengan niat tertentu: balas dendam.

Itulah beberapa rekomendasi drama Korea terbaik tentang dokter yang sangat menghibur dan bisa jadi pilihan tontonan di waktu luang Anda. Selamat menonton, Moms! (M&B/Calvin/ZA/SW/Foto: @hospitalplaylist_official/@tvn_drama/Asianwiki/Mydramalist)