Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

10 Drama Korea Romantis Terbaik yang Wajib Anda Tonton, Bisa Bikin Baper

10 Drama Korea Romantis Terbaik yang Wajib Anda Tonton, Bisa Bikin Baper

Drama Korea bergenre romantis merupakan salah satu jenis film yang paling banyak diminati. Pasalnya, selain alur ceritanya yang menarik dengan adegan romantis yang mendebarkan hati, drama Korea dengan genre ini biasanya juga diperankan oleh aktor tampan dan aktris cantik dengan chemistry yang kuat, sehingga berhasil membuat para penggemar jadi baper atau terbawa perasaan.

Berikut ini beberapa rekomendasi drama Korea romantis yang bisa Anda tonton dan sayang untuk dilewatkan, Moms.

1. Yumi’s Cells

Yumi’s Cells adalah salah satu drama Korea komedi romantis yang cukup unik dan berbeda dengan kebanyakan drama bergenre sama lainnya. Pasalnya, drakor ini tak hanya menceritakan kisah cinta pemeran utamanya saja, tetapi juga menampilkan sel-sel dari pemeran utamanya.

Drama ini merupakan adaptasi dari webtoon terkenal dengan judul sama, yang bercerita tentang seorang pekerja kantoran berusia 30 tahun bernama Yumi yang telah lama melajang dan tidak tertarik untuk memulai hubungan romantis baru. Hal itu disebabkan oleh sel cinta Yumi mengalami koma setelah shock akibat hubungan cinta yang gagal sebelumnya.

Drama ini menggambarkan pertumbuhan dan transformasinya saat sel-sel di otaknya bekerja keras untuk membangunkan sel cinta dan akhinya membuat Yumi bahagia.

Yumi’s Cells tayang dalam dua season; Season 1 berfokus pada kisah cinta Yumi (Kim Go-eun) dan Go Woong (Ahn Bo-hyun), sedangkan season 2 berfokus pada kisah cinta Yumi dan Yoo Ba-bi (Park Jin-young).

2. Legend of Blue Sea

Legend of The Blue Sea adalah drama Korea bergenre rom-com rilisan tahun 2016 yang dibintangi oleh aktor dan aktris ternama di Korea Selatan, Lee Min-ho dan Jun Ji-hyun.

Drakor ini terinspirasi dari cerita legenda Joseon klasik yang berkisah tentang kehidupan percintaan seorang anak keluarga bangsawan di masa lalu dengan seorang putri duyung.

Satu hal yang sangat menarik dari drama ini adalah setiap karakternya dibuat sangat kuat sehingga alurnya terasa begitu menarik. Jadi, tak heran jika drama 20 episode ini selalu berhasil meraih rating tinggi di setiap penayangannya, baik nasional maupun internasional.

3. A Business Proposal

A Business Proposal juga merupakan sebuah drama Korea dengan genre romantis yang dikemas dengan ringan, sehingga sangat santai dan fun untuk ditonton. Drakor adaptasi webtoon yang berjumlah 12 episode ini menceritakan kisah Shin Ha-ri (Kim Se-jeong), seorang karyawan yang pergi ke kencan buta dengan menyamar sebagai sahabatnya, Jin Yeong-seo (Seol In-ah), tetapi kemudian ia menyadari bahwa orang yang ia temui adalah bosnya di kantor.

4. Hometown Cha-Cha-Cha

Hometown Cha-Cha-Cha adalah drama remake dari film Korea Selatan tahun 2004 berjudul Mr. Handy, Mr. Hong. Drakor ini mengisahkan tentang seorang dokter gigi bernama Yoon Hye-Jin (Shin Min-a) yang memutuskan untuk pindah dan membuka klinik di desa tepi laut, Gongjin. Di sana, Yoon Hye-Jin bertemu dengan Hong Du-Sik (Kim Seon-ho). Di sinilah awal mula kisah cinta keduanya yang sangat menggemaskan.

Drakor ini benar-benar menyuguhkan vibes healing yang sangat menenangkan dan menyenangkan untuk ditonton. Ditambah, adegan romantis di dalamnya juga bisa bikin baper, Moms!

5. Twenty Five Twenty One (2521)

drama korea romantis terbaik

Drama Korea rilisan tahun 2022, Twenty Five Twenty One, menyuguhkan cerita yang sangat menarik yakni tentang kehidupan romantis lima karakter dari tahun 1998 hingga 2021; Na Hee-do (Kim Tae-ri), Baek Yi-jin (Nam Joo-hyuk), Ko Yu-rim (Bona), Moon Ji-woong (Choi Hyun-wook), dan Ji Seung-wan (Lee Joo-myung), dari persahabatan hingga kisah cinta yang manis. 

6. Soundtrack #1


Soundtrack #1 adalah drama Korea romantis yang bercerita tentang seorang pria dan wanita yang telah bersahabat baik selama 20 tahun. Kini, akhirnya mereka menyadari bahwa ada rasa cinta yang tumbuh di hati keduanya, bukan hanya sekadar rasa sayang kepada sahabat. Drakor ini tayang dalam 4 episode, jadi cocok banget untuk binge-watching!

7. Crash Course in Romance

Crash Course in Romance adalah drama Korea rilisan tahun 2023 yang berhasil menjadi salah satu drama hit tahun ini dengan rating tertinggi dalam sejarah televisi kabel Korea.

Drakor ini mengikuti kisah hubungan rumit antara seorang guru les matematika terbaik dengan pemilik toko banchan yang putrinya adalah salah satu murid guru matematika tersebut. Drakor ini juga menyoroti pentingnya pendidikan dan sekolah anak bagi para ibu-ibu di Korea Selatan.

8. Summer Strike

drama korea romantis terbaik

Drama Korea Summer Strike menceritakan tentang seorang karyawan biasa bernama Lee Yeo-Reum (Seol Hyun) yang memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan pindah ke sebuah desa kecil yang asing baginya.

Di sana ia lalu bertemu dengan seorang pustakawan bernama An Dae-Beom (Im Si-Wan) yang sering membantunya beradaptasi dengan lingkungan desa. Seiring berjalannya waktu, keduanya pun mulai merasa nyaman satu sama lain dan saling menemukan kebahagiaan kecil bersama.

9. Kokdu: Season of Deity


Kokdu: Season of Deity menandai kembalinya Kim Ju-hyun ke layar kaca setelah rehat sejenak dari dunia hiburan. Di drakor ini, Kim Ju-hyun beradu akting dengan aktris cantik, Lim Soo-Hyang.

Kokdu: Season of Deity adalah drakor yang berfokus pada kisah cinta antara malaikat maut Kokdu (Kim Ju-hyun) dengan seorang dokter andal tapi sering dipandang rendah karena latar belakangnya, Han Gye-jeol (Lim Soo-hyang).

10. Crash Landing on You

Crash Landing on You adalah salah satu drama Korea romantis terbaik dengan rating tertingi yang wajib Anda tonton. Drakor ini bercerita tentang kisah cinta rumit antara Yoon Se-Ri (Son Ye-Jin), seorang pewaris perusahan besar di Korea Selatan dengan Ri Jeong-Hyeok (Hyun-Bin), seorang perwira militer Korea Utara.

Keduanya tanpa sengaja bertemu setelah suatu hari, Se-Ri mengalami kecelakan paralayang akibat angin kencang dan mendarat di Korea Utara. Jeong-Hyeok mencoba melindunginya dan menyembunyikannya dari tentara Korea Utara yang anti dengan Korea Selatan. Namun, hal itu justru membuatnya jatuh cinta dengan Yoon Se-Ri, begitu pun sebaliknya.

Manfaat Positif nonton Drama Korea untuk kesehatan mental

Selain bisa me-refresh otak dan pikiran, nonton drama Korea ternyata juga punya banyak manfaat lainnya lho, Moms. Beberapa manfaat positif yang bisa didapatkan dari nonton drakor, antara lain:

1. Mampu meredakan stres

Salah satu manfaat positif nonton drama Korea adalah membantu meredakan stres. Hal ini karena saat nonton drakor, tubuh akan melepaskan hormon dopamin dan endorfin, yang keduanya berguna untuk memperbaiki suasana hati jadi lebih baik. Inilah yang kemudian bisa mengurangi dan meredakan stres yang dialami.

2. Mengurangi kecemasan

Selain mengurangi stres, nonton drakor juga bermanfaat untuk mengurangi kecemasan atau anxiety. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa menonton drama atau film bisa membuat seseorang jadi merasa lebih baik dan lebih tenang, yang pada gilirannya akan membantu mengurangi kecemasan dan membuat tubuh dan pikiran lebih rileks.

3. Memberikan motivasi dan pengetahuan

Nonton drakor bisa bermanfaat untuk memberikan motivasi, misalnya motivasi untuk bekerja lebih keras untuk bertahan hidup dan berusaha lebih giat untuk meraih cita-cita dan masa depan. Nonton drakor juga bisa bikin Anda termotivasi untuk belajar bahasa dan budaya Korea, yang bisa menambah nilai dan skill diri Anda serta memperkaya wawasan Anda, Moms. 

Itulah 10 rekomendasi drama Korea romantis terbaik sekaligus manfaat positif nonton drakor. Selamat menonton rekomendasi drama Korea romantis di atas ya, Moms! (M&B/Calvin/ZA/SW/Foto: @tvn_drama, @jinyoung_0922jy, Asianwiki, Netflix)