Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Kreasi Gunting Tempel, Aktivitas Menyenangkan yang Baik untuk Tumbuh Kembang Balita

Kreasi Gunting Tempel, Aktivitas Menyenangkan yang Baik untuk Tumbuh Kembang Balita

Sebagai salah satu cara efektif sekaligus variasi kegiatan untuk meningkatkan tumbuh kembang Si Kecil, Moms bisa mengajaknya bermain kreasi gunting tempel sederhana.

Faktanya, bermain kreasi gunting tempel merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk menstimulasi Si Kecil serta bisa memengaruhi kecerdasan kognitif dan motoriknya.

Manfaat bermain kreasi gunting tempel

Beberapa manfaat bermain kreasi gunting tempel untuk anak dan pola gunting tempel yang bisa Moms praktikkan di rumah bersama Si Kecil, antara lain:

1. Menstimulasi motorik halus

Di usia 3-5 tahun, perkembangan motorik halus anak perlu dilatih dengan baik. Motorik halus berkaitan dengan keterampilan fisik yang melibatkan koordinasi tangan dan mata serta otot kecil.

Untuk menstimulasi motorik halus, Moms bisa mengajak Si Kecil untuk menggambar pola, menggunting, dan menempelkannya pada sebuah bidang, misalnya kertas. Selain bisa melatih motorik halus, kegiatan ini juga bisa mengasah daya kreativitas dan imajinasi anak sejak dini.

2. Melatih keseimbangan anggota tubuh kanan dan kiri

Kegiatan kreasi gunting tempel juga dapat membantu melatih keseimbangan anggota tubuh bagian kanan dan kiri Si Kecil. Dengan melakukan aktivitas ini, secara tidak langsung anak akan menggunakan kedua sisi tubuhnya secara seimbang.

Misalnya, pada saat proses menggunting, kedua tangannya akan ikut bekerja bersamaan, tangan kanan memegang gunting dan tangan kiri memegang kertas.

3. Melatih kepercayaan diri

Permainan kreasi gunting tempel juga bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan diri Si Kecil. Kegiatan ini merupakan tantangan bagi anak yang harus diselesaikannya. Setelah berhasil menyelesaikan tantangan tersebut, maka Si Kecil akan merasa bangga dan percaya diri dengan kemampuannya.

Moms dan Dads juga bisa memberikan Si Kecil pujian sesuai dengan kemampuannya, sehingga ia akan merasa lebih percaya diri dan merasa diapresiasi. Anda bisa berikan pujian seperti, "Kamu sudah berusaha keras, kamu sangat hebat."

4. Melatih gerak tangan

Memberikan aktivitas kreasi gunting tempel pada anak juga bisa membantunya melatih gerak tangannya. Saat Si Kecil menggunting kertas, maka ia akan menggerakkan jari-jarinya dengan semampunya. Aktivitas ini bisa membantu melatih keluwesan jari dan tangan Si Kecil.

5. Belajar mengontrol perilaku

Dengan melakukan kegiatan ini, Moms bisa melihat bahwa anak bisa belajar regulasi diri untuk mengontrol sikap dan perilaku dirinya sendiri. Pasalnya, saat melakukan permainan gunting tempel, mungkin ada saja beberapa hal yang berjalan tidak sesuai dengan harapannya, seperti hasil guntingan kertasnya tidak sesuai atau tidak bisa menempel sesuai dengan keinginannya.

Melalui permainan ini, ajarkan juga Si Kecil untuk lebih teliti, sabar, berhati-hati, serta tidak mudah menyerah dan marah. Nantinya, hal ini bisa membantu anak menghadapi situasi tertentu di kemudian hari yang mungkin berjalan tidak sesuai dengan keinginannya.

6. Melatih konsentrasi

Bermain kreasi gunting tempel juga bisa melatih fokus, konsentrasi, dan perhatian anak. Pasalnya, ketika Si Kecil menggambar pola, memotong kertas sesuai bentuk pola, dan menempelkan pola tersebut, itu semua membutuhkan konsentrasi dan fokus agar ia bisa melakukannya dan menyelesaikannya dengan baik.

7. Menambah kedekatan dengan orang tua

Khususnya untuk Dads yang sering bekerja di luar rumah dan tidak punya banyak waktu untuk anak, bermain kreasi gunting tempel bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan berkualitas bersama Si Kecil di hari libur. Permainan sederhana ini juga bisa menambah kedekatan Si Kecil dengan Moms dan Dads. Ini merupakan cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Pola kreasi gunting tempel untuk Si Kecil

Tidak perlu rumit, berikut ini beberapa bentuk pola sederhana yang cocok untuk usia anak balita Anda, seperti:

1. Pola penguin

Pola penguin merupakan salah satu pola favorit anak untuk kreasi gunting tempel. Ini juga bisa mengajarkan dan mengenalkan Si Kecil tentang bentuk penguin. Moms juga bisa minta ia untuk menggambar rumah bagi penguin kertasnya itu.

2. Pola lentera mini

Moms bisa ajak anak untuk menggambar dan menggunting pola bentuk lentera mini yang cantik, lho. Dijamin Si Kecil akan suka dengan bentuk pola seperti ini karena sangat lucu, apalagi dengan kertas berwarna-warni. Setelah itu, minta anak untuk menggantungkan lentera mini dari kertas itu di tempat yang ia inginkan, misalnya di kamar tidurnya.

3. Pola bunga dan rumput

Pola bunga dan rumput adalah salah satu pola sederhana yang bisa Moms ajarkan kepada balita. Ajak Si Kecil membuat banyak potongan pola bunga dan rumput, lalu minta ia untuk menempelkannya di sebuah kertas berdampingan layaknya taman bunga yang cantik.

4. Pola lingkaran dan loop

Ini adalah salah satu pola yang sangat sederhana untuk dibuat Si Kecil. Ajarkan ia untuk membuat bentuk lingkaran penuh, lalu minta ia untuk memotong pola itu sesuai dengan garis lingkaran yang sudah dibuat sebelumnya.

Pola ini bisa membantunya belajar menguasai potongan melengkung yang lebih rumit dibandingkan potongan lurus. Dari sini Anda juga bisa melihat bagaimana kemajuan keterampilan anak dalam menggunting, Moms.

Itulah beberapa manfaat dan pola kreasi gunting tempel yang bisa Anda praktikkan di rumah bersama Si Kecil. Meskipun merupakan permainan sederhana dan hanya membutuhkan alat dan bahan seadanya, aktivitas ini bisa memberikan banyak manfaat untuk tumbuh kembang Si Kecil. Untuk keperluan menggunting, Moms bisa berikan gunting khusus anak yang aman untuk Si Kecil. Selalu awasi juga balita Anda ketika menggunakan gunting agar tidak melukai tangannya. (M&B/Calvin/ZA/SW/Foto: Freepik)