Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Harper's BAZAAR Indonesia Kembali Adakan Asia NewGen Fashion Award 2022/2023

Harper's BAZAAR Indonesia Kembali Adakan Asia NewGen Fashion Award 2022/2023

Harper’s BAZAAR Indonesia kembali mencari desainer-desainer muda berbakat melalui acara Asia Newgen Fashion Award (ANFA). Acara ini merupakan kompetisi yang digagas Harper’s BAZAAR di kawasan Asia Tenggara (Thailand, Indonesia, Malaysia, dan Singapura). Tujuannya untuk menemukan dan mewadahi desainer-desainer muda berbakat di negara masing-masing agar nantinya bisa menjadi desainer yang profesional dan diakui.

Tahun ini terdapat 12 finalis yang telah melewati masa seleksi penjurian semifinal hingga penjurian final babak pertama sebelum akhirnya tampil di grand final. Mengangkat tema sustainability, setiap finalis membawa koleksi hasil rancangan berjumlah 5 looks menyesuaikan dengan karakteristik masing-masing finalis.

Ria Lirungan selaku Editor-in-Chief Harper’s BAZAAR Indonesia mengatakan, “NewGen Fashion Award biasanya memilih 10 finalis, tetapi kali ini juri mendapatkan 12 finalis karena standarnya terpenuhi.”

Lebih lanjut, Sebastian Gunawan selaku fashion designer mengatakan, "Pada ANFA kali ini, saya melihat banyaknya peserta yang menggunakan bahan-bahan dengan tema sustainability yang cukup menarik, di mana mereka mencoba memberikan hawa baru lewat siluet, walaupun permainan creative fabric yang beragam. Dan kali ini juga dapat kita lihat bahwa para kontestan berusaha untuk saling memberikan ide-ide baru yang cukup menarik."

Para jurinya pun terdiri dari desainer fashion ternama serta representasi dari institusi fashion lainnya seperti retail, pusat perbelanjaan, dan produsen tekstil. Juri yang terlibat adalah Ria Lirungan (Editor-in-Chief Harper's BAZAAR Indonesia), Michael Pondaag (Fashion Director Harper’s BAZAAR Indonesia), Lisa Malonda (Istituto Maragoni), Didi Budiharjo (fashion designer), Sebastian Gunawan (fashion designer), Zamri Mamat (General Marketing Plaza Indonesia), dan Michelle Tjahyadikarta (Head of Business Operations Jeeves).

Ke-12 finalis tersebut adalah Alvenia Kristanti Salim (Alvenlim), Aurelia Pamela Tjandra (Zofielle), Ayla Putri Jaya (Saroong Atelier), Ayumi Aldina (po.et.rie), Daciadhia Phoebehana (Dacia), Desi Dwi Lestari (iii (Triple.i)), Dian Raffi’ul Mujtaba (Ganji), Geralda Almira Pribadi (Geralda Almira), Gratia Anadena (Anadena (not business per se)), Karen Christy Jong (Karen Christy), Maysa Mojahed Ali Naji (Maysa Naji), dan Nadia Ladilafani (Misskami).

Kompetisi Asia NewGen Fashion Award 2023 ini menghasilkan 3 orang pemenang. 2 orang pemenang utama, yaitu Daciadhia Phoebehana dan Geralda Almira Pribadi, akan mendapatkan beasiswa berupa short course selama 3 minggu di Istituto Marangoni, uang tunai sebesar Rp10.000.000, voucher belanja di Plaza Indonesia senilai Rp5.000.000, serta dukungan promosi dan publikasi dari Harper’s BAZAAR Indonesia. Sementara, 1 orang pemenang pilihan Plaza Indonesia, Maysa Mojahed Ali Naji, berhak mendapatkan voucher belanja senilai Rp5.000.000.

Di Indonesia sendiri, ANFA diketahui telah melahirkan sejumlah nama besar di industri fashion, seperti Peggy Hartanto dan Sheila Agatha Wijaya (Sean & Sheila) di tahun 2013, Cynthia Fransisca dan Audrey Chairunissa di tahun 2015, William Utama (pemenang Grand Final ANFA 2016) dan Wilsen Willim di tahun 2016, Michelle Kristiani Tjong (runner-up Grand Final ANFA 2017) dan Alifia Maqnuum di tahun 2017, Andandika Surasetja (runner-up Grand Final ANFA 2018) dan Frederika Cynthia Dewi di tahun 2018, hingga Kelly Vallerie (pemenang Grand Final ANFA 2019) dan Dea Yuliana di tahun 2019. (M&B/Talitha Putik Arawanda/SW/Foto: Dok. Harper’s BAZAAR Indonesia)