Type Keyword(s) to Search
KID

6 Cara untuk Memutihkan Kulit Anak Secara Alami dan Aman

6 Cara untuk Memutihkan Kulit Anak Secara Alami dan Aman

Anak-anak memang suka sekali bermain di luar ruangan dengan apa saja dan kapan saja, bahkan ketika sedang panas terik sekalipun. Inilah yang kemudian bisa menyebabkan kulit mereka jadi menggelap.

Faktanya, anak-anak memiliki jenis kulit yang lebih tipis, lebih halus, dan sangat sensitif, yang berarti Moms perlu cara paling aman untuk memutihkan kulit anak yang menggelap karena rentan terhadap kerusakan.

Nah, Moms, jika Anda punya masalah yang serupa, berikut ini beberapa cara yang aman dan alami untuk memutihkan kulit anak.

1. Menggunakan masker susu dan kunyit

Sebuah ulasan dalam Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology menunjukkan bahwa kunyit terbukti efektif untuk meratakan warna kulit berkat kandungan kurkuminoid di dalamnya yang sangat kaya akan antioksidan dan pencerah kulit alami.

Campurkan kunyit bubuk dan susu hingga membentuk seperti pasta, lalu oleskan pasta tersebut dengan lembut di wajah, tangan, dan seluruh tubuh Si Kecil. Biarkan sampai kering. Bilas masker susu dan kunyit yang sudah mengering dengan kain basah yang lembut. Setelah itu, mandikan Si Kecil tanpa menggunakan sabun berbahan kimia yang malah bisa mengeringkan dan mengiritasi kulitnya.

2. Menggunakan masker kunyit dan buah bit

Tak hanya masker susu dan kunyit, Anda juga bisa menggunakan campuran kunyit dan buah bit untuk membantu memutihkan kulit anak. Campurkan bubuk kunyit dengan jus buah bit, buat menjadi pasta kental, dan oleskan ke kulit Si Kecil secara merata. Biarkan sampai kering, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Selain ampuh sebagai salah satu cara untuk memutihkan kulit anak, masker campuran kunyit dan buah bit juga bisa membantu menjaga kulit tetap ternutrisi dan halus serta bisa mengurangi jerawat.

3. Mengonsumsi buah-buahan

Memasukkan buah-buahan yang bergizi ke dalam menu makanan harian anak bisa membantu memutihkan kulit Si Kecil yang menggelap dari dalam. Moms bisa berikan anak buah-buahan segar atau jus buah.

Menurut studi dalam jurnal Dermatoendocrinology, dibuktikan bahwa kandungan antioksidan dalam buah-buahan mampu menetralkan radikal bebas, meminimalkan kerusakan kulit, menutrisi kulit, dan membuat kulit anak tampak lebih cerah, sehat, dan glowing.

4. Memakai sunscreen khusus anak

Membiasakan anak Anda menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan bisa membantu mengurangi dan mencegah kulit menggelap pada Si Kecil. Hal tersebut juga bisa mencegah terjadinya sunburn pada anak atau iritasi kulit akibat paparan sinar matahari yang berlebihan.

Saat memilih sunscreen untuk anak Anda, pilihlah sunscreen dengan minimal SPF 30 dan PA +++, yang mampu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Hindari juga kandungan para-aminobenzoic acid (PABA) karena bisa mengiritasi kulit Si Kecil.

Biasakan pula anak untuk mengenakan topi, baju lengan panjang, dan celana panjang saat harus beraktivitas di luar ruangan untuk melindungi kulitnya dari paparan sinar matahari yang berbahaya.

5. Menggunakan kentang merah

Tak hanya baik untuk dikonsumsi, kentang merah ternyata juga bisa digunakan untuk memutihkan kulit anak. Cukup kupas kentang merah mentah dan cuci bersih, lalu parut kentang hingga menjadi butiran kasar. Usapkan parutan kentang merah tersebut ke seluruh tubuh Si Kecil sebelum mandi.

Kentang merah bisa berfungsi sebagai eksfoliator alami yang mampu mengangkat penumpukan sel-sel kulit mati dan mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit baru yang lebih sehat. Inilah yang membuat kulit Si Kecil terlihat lebih bersih, cerah, dan glowing.

6. Memakai masker oatmeal dan air mawar suling

Satu lagi cara memutihkan kulit anak yang bisa Moms coba, yaitu menggunakan masker oatmeal dan air mawar suling. Campuran kedua bahan ini diketahui bisa membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit, berkat sifat pencerah alami dan vitamin di dalamnya.

Gunakan ground oatmeal, lalu campurkan dengan air mawar suling hingga menjadi pasta kental. Tambahkan dua tetes lavender essential oil. Kemudian, oleskan secara merata ke kulit Si Kecil. Biarkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Itulah beberapa cara yang bisa Moms coba untuk memutihkan kulit anak secara alami dan aman tanpa mengiritasi kulit Si Kecil. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Freepik)