Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rekomendasi Buku Parenting Islami untuk Panduan Pola Asuh Anak

Rekomendasi Buku Parenting Islami untuk Panduan Pola Asuh Anak

Disadari atau tidak, menjadi orang tua juga berarti dituntut untuk selalu belajar tentang banyak hal. Salah satunya adalah menjalani tugas utama dalam mendidik, membimbing, dan mengasuh anak. Tidak hanya mengawasi perkembangan motorik serta karakter anak, tetapi juga mengenal ilmu mengenai pola asuh, termasuk parenting islami.

Sebagai umat Islam, Anda tentu perlu mengetahui lebih jauh mengenai parenting islami. Dengan pola asuh ini, orang tua bisa mengasuh dan mendidik anak berdasarkan syariat islam serta berpedoman pada Al-Qur’an dan Hadis. Dan sebagai panduan, berikut ini M&B punya beberapa rekomendasi buku parenting islami yang bisa menjadi bekal buat Moms dan Dads dalam pengasuhan anak secara islami.

1. Pendidikan Seksual untuk Anak dan Remaja dalam Islam (Ummu Ihsan Choiriyah & Abu Ihsan al Atsary)

Buku Parenting Islami - Pendidikan Seksual Untuk Anak Dan Remaja Dalam Islam – Ummu Ihsan Choiriyah

Faktanya, Moms dan Dads perlu memberikan pendidikan seksual sejak dini pada anak. Dari buku terbitan @pustaka_alkhoir ini, Anda bisa menerapkan pendidikan seksual sesuai dengan ajaran Islam, dimulai dengan upaya menjaga aurat, menjaga pandangan, tidak bersentuhan dengan yang bukan muhrim, dan lainnya. Buku ini ditulis dalam bahasa yang sederhana serta mudah dijelaskan pada anak.

2. Islamic Montessori Inspired Activity (Zahra Zahira)

Buku Parenting Islami - Islamic Montessori Inspired Activity - Zahra Zahira

Buku yang ditulis oleh Zahra Zahira (@ms.zahrazahira) ini membahas soal metode pendidikan Montessori yang dipadukan dengan pendekatan Islam. Di dalamnya berisi lebih dari 200 Montessori activity yang dikelompokkan ke dalam 30 tema mingguan. Berbagai pelajaran dari buku yang diterbitkan oleh @bentangpustaka ini di antaranya adalah studi Islam, kehidupan praktis, sensorik, bahasa, matematika, seni, dan kriya.

3. Memupuk Keimanan Anak (Abdullah bin Hamd Ar-Rakf)

Buku Parenting Islami - Memupuk Keimanan Anak - Abdullah bin Hamd Ar-Rakf

Mendidik anak adalah salah satu amalan teragung yang tidak pernah berhenti pahalanya. Di dalam buku ini, Moms dan Dads bisa mengajarkan anak untuk menjaga fitrah mereka tetap dalam iman. Buku yang diterbitkan oleh @penerbitaqwam ini berisikan pentingnya pendidikan iman serta jawaban dari pertanyaan penting seputar keimanan yang sering ditanyakan anak dengan bahasa ringan untuk dipahami orang tua.

4. Prophetic Parenting Cara Nabi Mendidik Anak (DR. Muhammad Nur Abdul Hafidzh Suwaid)

Buku Parenting Islami - Prophetic Parenting (Cara Nabi Mendidik Anak) – Dr. Muhammad Nur Abdul Hafidzh

Buku terjemahan yang diterbitkan oleh penerbit @proumedia ini terdiri dari 17 bab dan 600-an halaman. Di dalamnya, Moms dan Dads akan menemukan cara mendidik anak sejak lahir hingga membentuk aktivitas ibadah yang baik bagi anak. Cara-cara ini pun pernah dicontohkan oleh Nabi atau cara-cara yang tertulis di Al-Qur’an, lengkap dengan hadis dan ayatnya.

 5. Positive Parenting (Mohammad Fauzil Adhim)

Buku Parenting Islami - Positive Parenting– Ustad Fauzil Adhim

Satu lagi buku parenting islami dari penerbit @proumedia yang menggabungkan sumber-sumber positive parenting dari barat dan khazanah Islam dalam mendidik anak. Buku yang ditulis oleh pakar parenting islami, Ustad Fauzil Adhim (@mohammadfauziladhim) ini mampu memberikan pemahaman mengenai pembangunan karakter dan akhlak bagi seorang anak.

Hal yang utama dalam parenting islami adalah mengenalkan hubungan antara manusia dan Allah SWT (hablumminallah), serta hubungan antara manusia dan sesama manusia lainnya atau makhluk hidup lain (hablumminannas). Dari pemahaman ini, diharapkan anak bisa tumbuh menjadi anak yang saleh dan salihah serta dekat dengan Tuhannya.

Nah, semoga berbagai buku di atas bisa membantu Moms dan Dads menerapkan parenting islami kepada Si Kecil, ya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik, shopee.co.id, aqwam.com, proumedia.com, tokopedia.com)