Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Wajib Coba! Ini Rekomendasi Restoran Makanan Khas Jawa dan Bali di Jakarta

Wajib Coba! Ini Rekomendasi Restoran Makanan Khas Jawa dan Bali di Jakarta

Moms, Anda dan keluarga pecinta kuliner? Tentunya petualangan rasa yang Anda jelajahi di Indonesia tak akan ada habisnya. Dengan jumlah total 17.508 pulau dan sekitar 300 suku bangsa, Tanah Air kita memiliki masakan khas yang berbeda, yang mencerminkan tradisi dan keunikan wilayahnya masing-masing. Tak terkecuali dengan Pulau Jawa dan Bali yang juga punya kuliner unik dan lezat yang sayang untuk dilewatkan.

Demi bisa menikmati hidangan khas Jawa dan Bali yang autentik, kini Anda tak perlu jauh-jauh menyambangi daerahnya. Di Jakarta sendiri, sudah banyak restoran yang menyajikan hidangan khas Jawa dan Bali dengan cita rasa yang begitu tradisional. Berikut ini, M&B berikan rekomendasi restoran makanan khas Jawa dan Bali untuk Anda.

1. Sate Khas Senayan

Sejak berdiri, tepatnya pada tahun 1974, Sate Khas Senayan telah menspesialisasikan diri dalam menyajikan berbagai hidangan yang berasal dari pulau Jawa. Pasalnya, masakan Jawa umumnya dapat ditemukan dengan mudah di seluruh penjuru Nusantara dan disukai banyak orang. Namun, seiring makin dikenalnya masakan Bali, Sate Khas Senayan pun turut menyajikan hidangan yang kaya akan budaya dari Pulau Dewata.

Restoran Sate Khas Senayan terkenal dengan berbagai hidangan satenya, termasuk Sate Ayam, Sate Kambing, dan Sate Sapi. Untuk Sate Ayam, daging ayamnya dibumbui dengan resep rahasia dan disajikan bersama bumbu kacang yang gurih. Namun, tidak seperti Sate Madura yang telah dikenal luas, tekstur bumbu kacang yang lebih halus di sini mengingatkan pada sate ayam yang ditawarkan oleh pedagang kaki lima di Ponorogo, Jawa Timur.

sate khas senayan

Selain sate, Sate Khas Senayan juga menyajikan aneka sajian lezat khas Indonesia lainnya, seperti Tahu Telur, Soto Ayam Ambengan, dan Nasi Kuning Campur. Hidangan ini diracik dengan menggunakan resep tradisional dan tentu saja bahan-bahan unggulan, yang menjamin cita rasa terbaik dari masakan Indonesia yang autentik.

tahu telor

Tak hanya di Jakarta, saat ini Sate Khas Senayan telah memiliki cabang hingga berbagai lokasi di daerah, seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi lho, Moms.

2. Sate Express Senayan

Sate Express Senayan yang juga didirikan pada tahun 1974 merupakan perpanjangan dari Sate Khas Senayan. Sekilas, menu-menu yang ditawarkan restoran satu ini memang terlihat serupa dengan Sate Khas Senayan. Namun, begitu Anda melihat menunya lebih dalam lagi, Anda akan menemukan bahwa hidangan di sini lebih sederhana dengan harga yang juga lebih terjangkau.

Berfokus pada para pengunjung yang mementingkan harga, kenyamanan, dan layanan yang cepat, Sate Khas Express menawarkan makanan cepat saji dan juga paket nasi dengan harga yang bersahabat. Paket yang ditawarkan termasuk Paket Sate, Paket Nasi Campur, Paket Soto, dan lain-lain.

sate lilit bali

Gerai-gerai Sate Express Senayan ini terdapat di lokasi food court dan area kantor yang membuat para pengunjung bisa dengan mudah menikmati makanan cepat dan lezat dalam suasana yang santai dan nyaman. Konsep restoran ini tentu cocok buat Anda yang memiliki kesibukan di jadwal keseharian, tapi tetap ingin menikmati hidangan populer khas Indonesia.

3. Sate & Seafood Senayan

Sate & Seafood Senayan dibuka pada bulan September 2018 lalu. Restoran ini menawarkan berbagai hidangan laut yang melengkapi pilihan menu di Sate Khas Senayan. Di sini, Anda dan keluarga bisa menikmati hidangan laut yang segar, seperti gurame, kakap, kepiting lumpur, cumi-cumi, dan udang galah, yang dimasak dalam berbagai cita rasa khas Jawa dan Bali.

sate & seafood senayan

Ketika memesan, Moms bisa memilih langsung ikan pilihan Anda dari akuarium yang ada untuk memastikan kesegarannya. Moms juga bisa memilih saus favorit Anda, seperti sambal matah Bali yang populer, bumbu rujak yang manis dan pedas, serta saus khas Betawi, pucung dan pesmol.

Selain itu, restoran ini juga melayani Gurame Terbang lho, Moms. Sebelum digoreng kering, ikan ini secara khusus dipotong dari bagian atasnya, yang menghasilkan bentuk sayap di bagian tengahnya.

Teknik ini hanya bisa dilakukan pada ikan gurame yang segar. Karena porsi hidangan lautnya yang besar, Sate & Seafood Senayan adalah tujuan ideal untuk mengadakan acara makan malam bersama teman, kerabat, dan tentunya keluarga tercinta.

sate express senayan

Saat ini, Sate & Seafood Senayan tersedia secara eksklusif di beberapa gerai terpilih Sate Khas Senayan, yaitu di Tanah Abang dan Kebon Sirih. Dalam beberapa bulan ke depan, akan ada gerai-gerai baru dari brand ini yang siap menyusul untuk dibuka.

Nah, sudah enggak bingung lagi kan, Moms, bila ingin menikmati makanan khas Indonesia dengan rasa tradisional nan autentik? Kini giliran Anda dan keluarga yang menentukan pilihan! (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Sate Khas Senayan/Instagram)