Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Bikin Lapar, 5 Film Bertema Chef yang Seru dan Inspiratif

Bikin Lapar, 5 Film Bertema Chef yang Seru dan Inspiratif

Profesi sebagai chef saat ini semakin digemari banyak orang, mulai dari anak-anak sampai dewasa. Rasanya ingin terus memasak menu yang lezat dan disajikan cantik di atas piring, sehingga bisa memukau orang yang menikmatinya.

M&B juga punya rekomendasi film yang menceritakan perjalanan seseorang menjadi chef hebat. Makanan yang ditampilkan pun bisa bikin lapar atau bahkan menginspirasi Moms untuk menjadi seorang chef juga.

1. Hunger

film tentang chef hunger netflix

Hunger merupakan film yang dirilis pada 8 April lalu di platform streaming Netflix. Film asal Thailand ini mengisahkan tentang Aoy (Chutimon Chuengcharoensukyingsoon), seorang perempuan muda yang bekerja sebagai chef di restoran kecil milik keluarganya. Suatu hari, Aoy direkrut oleh seseorang yang bekerja di restoran bernama Hunger milik Chef Paul (Nopachai Chaiyanam).

Chef Paul sendiri dikenal punya reputasi sebagai chef yang jenius sekaligus kejam. Meski begitu, hidangan menunya terbilang mewah dan selalu menjadi incaran pejabat serta public figure di negaranya. Namun di balik keagungan Chef Paul, penonton justru diajak untuk melihat sisi gelap industri kuliner yang jarang diketahui orang banyak. Namun, perlu diketahui bahwa film ini kurang cocok jika ditonton bersama Si Kecil ya, Moms.

2. The Menu

film tentang chef the menu disney hotstar

Pada November 2022 lalu, film The Menu juga menjadi salah satu film bertema chef yang sering menjadi perbincangan. Film ini dirilis di Disney+ Hotstar dan bergenre horor komedi, meskipun tidak ada unsur hantu di dalamnya.

Kisah film ini dimulai saat Margot (Anya Taylor-Joy) dan Tyler (Nicholas Hoult), sepasang kekasih berkesempatan datang ke restoran Hawthorne. Restoran mewah di pulau terpencil ini milik seorang selebriti sekaligus chef terkenal bernama Julian Slowik (Ralph Fiennes).

Sejak hidangan pertama hingga terakhir, penonton akan merasakan sensasi kagum dengan menu yang disajikan, tapi ngeri dengan cerita di balik setiap hidangannya. Film ini juga kurang pas untuk ditonton anak di bawah 17 tahun, ya.

3. Chef

film tentang chef film chef 2014

Jika dua film di atas tergolong untuk orang dewasa, maka film Chef yang rilis di 2014 ini bisa menjadi tontonan untuk keluarga. Film ini berkisah tentang Chef Carl Casper (Jon Favreau), seorang head chef yang kehilangan kariernya karena kesalahpahaman dengan seorang kritikus saat ia masih bekerja di restoran. Carl yang sudah putus asa kemudian dibantu oleh sang mantan istri, Inez (Sofía Vergara), untuk menjalani bisnis food truck.

Carl lalu bepergian ke beberapa negara bagian di Amerika dengan food truck-nya bersama rekannya, Martin (John Leguizamo) dan putranya, Percy (Emjay Anthony). Ketiganya pun mendapatkan pengalaman tak terlupakan, terutama bagi Carl dan Percy yang hubungan antara ayah dan anak tampak semakin kuat.

4. Ratatouille

film tentang chef ratatouille 2007 disney

Ratatouille merupakan salah satu film kartun bertemakan profesi chef yang dibuat oleh Disney dan dirilis pada 2007. Film ini pun sukses meraih penghargaan Oscar sebagai Best Animated Feature Film of The Year pada 2008.

Film ini bercerita tentang Remy, seekor tikus yang unik karena sangat menggemari dunia memasak. Ketika tanpa sengaja ia mendatangi restoran bintang lima di Paris, Remy bertemu dengan manusia bernama Linguini.

Keduanya pun bekerja sama untuk membuat Linguini tetap bekerja di restoran tersebut. Sementara itu, Remy jadi belajar banyak hal tentang dunia kuliner dari chef yang bekerja di sana. Visual yang apik dan hidangannya sangat menggugah selera dengan cerita yang juga menyentuh. Film ini bisa menjadi tontonan favorit untuk keluarga Anda, Moms.

5. Koki-Koki Cilik

film tentang chef koki-koki cilik

Salah satu film asal Indonesia yang membahas tentang profesi seorang chef adalah Koki-Koki Cilik yang rilis pada 2018. Berkisah tentang Bima (Farraz Fatik) yang gemar memasak dan ingin mengikuti jejak sang ayah yang menjadi tukang masak profesional. Ia pun berhasil masuk cooking camp yang dibuat oleh Chef Grant (Ringgo Agus Rahman). Bima juga bertemu dengan teman-teman baru serta pengalaman yang seru.

Film ini pun memiliki sekuel Koki-Koki Cilik 2 yang tayang pada 2019 lalu. Ceritanya pun tidak kalah seru karena masih membahas dunia memasak, terutama food truck. Moms dan Si Kecil tentu akan terhibur dengan alur cerita serta semangat dari setiap karakter di film ini.

Apakah ada aktor yang Moms sukai dan bermain sebagai chef? Mungkin Moms jadi tertarik untuk semakin mengenal profesi chef dan bahkan tertarik untuk mengikuti kompetisi memasak setaraf chef andal, nih. Semoga terinspirasi dan selamat menonton ya, Moms! (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Dok. Netflix, themoviedb.org)