Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Ibu Hamil Minum Yakult, Aman Enggak, Sih?

Ibu Hamil Minum Yakult, Aman Enggak, Sih?

Saat hamil memang paling enak minum yang segar-segar ya, Moms. Apalagi di awal kehamilan saat masih sering mual dan muntah karena morning sickness, pasti enak banget kalau minum yang dingin, manis, dan sedikit asam. Salah satu minuman yang sering dicari adalah Yakult, suatu merek minuman probiotik yang mirip dengan yoghurt.

Yakult digadang-gadang penting bagi kesehatan, karena bisa menjaga kesehatan usus dan membantu melancarkan BAB. Kehamilan memang rentan sembelit atau konstipasi. Pantas saja kalau banyak bumil yang rutin minum Yakult setiap hari. Pertanyaannya: Ibu hamil minum Yakult, aman enggak, sih? Untuk menjawabnya, simak penjelasan di bawah ini ya, Moms.

Sekilas info tentang Yakult

Bukan sekadar minuman manis pelepas dahaga, Yakult juga diyakini punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Yakult dibuat dari fermentasi susu skim dan gula dengan bakteri Lactobacillus casei Shirota, bakteri baik yang masuk golongan probiotik. Probiotik sendiri merupakan istilah untuk mikroorganisme yang memberi efek baik kesehatan atau mikroorganisme lainnya.

Minuman ini ditemukan pada tahun 1935 oleh ilmuwan Minoru Shirota, yang namanya diabadikan sebagai nama genus bakteri Lactobacillus casei Shirota. Bakteri ini terbukti aman bagi manusia, kuat, dan tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu, sehingga bisa menjaga kesehatan pencernaan dengan baik. Tiap botol Yakult mengandung lebih dari 6,5 miliar kultur bakteri L. casei Shirota lho, Moms. Bahan baku lainnya dalam Yakult adalah air, sukrosa, susu skim bubuk, dekstrosa, dan perisa identik alami.

Ibu hamil boleh minum Yakult?

Kandungan utama dalam Yakult adalah probiotik. Mengutip Healthline, penelitian telah menguak fakta bahwa Lactobacillus dan Bifidobacterium adalah dua contoh probiotik yang terbukti aman untuk dikonsumsi jangka panjang. Walau aman, tetap saja probiotik tidak boleh dikonsumsi berlebih karena bisa meningkatkan risiko resistensi antibiotik dan risiko kesehatan lainnya.

Manfaat Yakult untuk ibu hamil

Selain enak, Yakult juga aman diminum saat hamil dan punya banyak manfaat, lho. Ibu hamil minum Yakult? Kandungan probiotiknya bermanfaat untuk:

1. Menyehatkan pencernaan

Mengutip Healthline, mengonsumsi probiotik saat hamil bisa menjadi cara terbaik untuk meningkatkan bakteri baik agar saluran cerna selalu sehat. Sebuah studi pada 2020 terhadap 49 wanita menemukan fakta bahwa wanita hamil yang mengonsumsi probiotik sejak usia kandungan 17 minggu sampai melahirkan memiliki variasi bakteri yang lebih banyak. Semakin beragam bakteri di saluran cerna, artinya semakin sehat juga saluran cerna Anda. Sedangkan ragam bakteri yang sedikit di saluran cerna bisa meningkatkan risiko gangguan metabolik.

2. Mencegah persalinan prematur

Studi juga menyebutkan bahwa kehamilan bisa lebih panjang jika ibu hamil rutin mengonsumsi suplemen probiotik, dibandingkan mereka yang hanya mengonsumsi plasebo. Studi ini pun menyebutkan probiotik bisa secara signifikan mengurangi risiko kematian dan necrotizin fasciitis, sebuah infeksi langka yang mengancam nyawa dan sering terjadi pada ibu hamil.

3. Mengurangi risiko eksim

Anak yang lahir dari ibu yang rutin mengonsumsi probiotik ternyata memiliki risiko eksi yang lebih rendah, lho. Mungkin ini sebabnya World Allergy Organization merekomendasikan para ibu hamil untuk mengonsumsi probiotik, khususnya bagi mereka yang memiliki keluarga dengan riwayat alergi.

4. Meredakan depresi dan cemas berlebih

Ibu hamil mungkin lebih rentan mengalami depresi dan cemas berlebih (anxiety), baik saat hamil maupun setelah melahirkan. Nah, untuk itu ada studi yang mengajak 80 wanita hamil untuk minum probiotik Lactobacillus rhamnosus HN001 sejak kehamilan usia 14-16 minggu sampai 6 bulan setelah melahirkan. Hasilnya, risiko depresi dan cemas berlebih pun menurun signifikan dibandingkan mereka yang mengonsumsi plasebo.

5. Mengurangi risiko komplikasi setelah melahirkan

Rutin mengonsumsi probiotik ternyata membantu menjaga kadar gula darah dan insulin selama hamil, Ketika ini terjaga dengan baik, maka bukan cuma risiko diabetes yang berkurang, tetapi risiko komplikasi setelah melahirkan juga berkurang.

Sumber probiotik selain Yakult

Setelah tahu banyaknya manfaat mengonsumsi probiotik (seperti yang ada dalam Yakult), Moms yang sedang hamil tentu mau mendapatkan manfaatnya, kan. Enggak harus minum Yakult saat hamil kok, Moms, beberapa makanan berikut ini juga kaya akan probiotik, seperti:

  • Yoghurt
  • Kombucha
  • Tempe
  • Kimchi
  • Kefir
  • Miso
  • Sauerkraut

Jangan lupa konsumsi juga makanan lain yang bergizi lengkap dan seimbang ya, Moms. Ingat, tidak ada satu pun makanan yang bisa memenuhi semua kebutuhan ibu hamil. Yuk, biasakan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi lengkap! (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)