Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rekomendasi Tabungan Pendidikan Anak Terbaik untuk Moms dan Dads

Rekomendasi Tabungan Pendidikan Anak Terbaik untuk Moms dan Dads

Ada banyak hal penting yang Moms dan Dads perlu rencanakan saat memutuskan untuk menyekolahkan anak. Salah satunya adalah biaya pendidikan Si Kecil. Apa lagi di masa kini, ada berbagai macam sekolah yang bisa Anda pilih untuk anak Anda. Dan hal ini tentu akan berimbas kepada besarnya biaya pendidikan yang harus Anda keluarkan.

Untuk itu, merencanakan dana pendidikan anak perlu dilakukan sedini mungkin, sejak Si Kecil masih bayi atau bahkan sejak Anda masih hamil, Moms. Ini diperlukan agar keuangan keluarga tidak terlalu terbebani saat sudah waktunya anak bersekolah. Salah satu cara untuk merencanakan pendidikan anak sejak dini adalah dengan membuka tabungan pendidikan.

Tabungan pendidikan adalah jenis tabungan yang ditujukan untuk menyimpan dana pendidikan anak, sejak TK, SD, SMP, SMA, bahkan hingga kuliah. Tabungan pendidikan anak merupakan salah satu solusi terbaik buat Moms dan Dads untuk mempersiapkan dana pendidikan bagi anaknya dalam jangka panjang.

Nah, berikut ini rekomendasi produk tabungan pendidikan anak dari beberapa bank ternama yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak, yuk, Moms dan Dads!

1. Mandiri Tabungan Rencana

Bank Mandiri mengeluarkan Mandiri Tabungan Rencana untuk membantu pengelolaan keuangan dengan baik dan terencana agar Anda dapat mewujudkan apa pun rencana Anda, termasuk merencanakan dana pendidikan anak Anda, Moms dan Dads. 

Mandiri Tabungan Rencana memungkinkan Anda untuk menabung secara rutin melalui penarikan dana otomatis (autodebet) dari rekening tabungan setiap bulan. Menabung pun jadi terasa lebih ringan dan menjadi kebiasaan yang tidak membebani Anda.

Ada sejumlah keuntungan yang bisa Anda dapatkan antara lain kebebasan menentukan dan mengubah setoran bulanan mulai Rp100.000 atau USD 10 per bulan, jangka waktu yang fleksibel (1 tahun sampai dengan 20 tahun), dan perlindungan asuransi gratis bagi penabung hingga Rp5 juta atau USD500 per bulan untuk setiap penabung.

2. Tahapan Berjangka BCA

Tabungan ini akan membantu Moms dan Dads membentuk kebiasaan menabung secara rutin demi mewujudkan impian Anda, seperti merencanakan pendidikan untuk anak. Tahapan Berjangka BCA adalah  produk tabungan yang dikhususkan untuk perorangan dengan setoran rutin dalam jumlah dan jangka waktu tertentu, ditambah asuransi jiwa.

Produk ini merupakan tabungan perorangan dengan setoran dalam jumlah tetap yang dilakukan secara berkala selama periode waktu tertentu yang wajib dibayar oleh nasabah setiap bulan sesuai dengan tanggal autodebet yang dipilih. Moms dan Dads bisa tentukan sendiri jangka waktu tabungan mulai dari 1-20 tahun dengan setoran bulanan mulai dari Rp500.000 per bulan dengan kelipatan Rp50.000.

Sejumlah keuntungan yang bisa Moms dan Dads peroleh dengan membuka tabungan ini antara lain tidak ada biaya administrasi tiap bulannya, bebas menambah dana sewaktu-waktu di luar setoran bulanan, dan gratis perlindungan asuransi jiwa bagi nasabah selama jangka waktu menabung.

3. Tabungan Pendidikan CIMB Niaga

CIMB Niaga merupakan salah satu bank yang memiliki produk tabungan pendidikan anak yang bisa menjadi pilihan Anda. Tabungan pendidikan CIMB Niaga tidak menetapkan batasan waktu sehingga Moms dan Dads bebas menentukan kapan tanggal jatuh tempo tabungan. Untuk setorannya, Anda bisa memulai dari Rp100 ribu per bulan. Ditambah lagi ada pemberian asuransi gratis dengan jaminan hingga Rp160 juta.

Untuk membuka tabungan pendidikan anak di bank ini, Moms dan Dads harus punya tabungan CIMB Niaga untuk digunakan sebagai sumber dana pendebetan setoran bulanan. Anda pun bisa melihat perkembangan tabungan Anda di mana pun dan kapan pun melalui OCTO Mobile dan OCTO Clicks. Moms dan Dads juga bisa menikmati pilihan menabung otomatis dengan setoran dan jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan melalui GOAL Savers.

4. BNI Tapenas

BNI Tapenas bisa dijadikan solusi perencanaan keuangan Anda, Moms dan Dads, termasuk untuk dana pendidikan anak. Tapenas (Tabungan Perencanaan Masa Depan) adalah simpanan berjangka untuk membantu perencanaan keuangan Anda untuk mewujudkan tujuan masa depan dengan lebih pasti dan aman.

BNI Tapenas menggunakan sistem autodebit. Jadi, dana yang ada di rekening akan ditarik secara otomatis pada tanggal 5 setiap bulannya. Anda pun bisa menentukan setoran rutin per bulannya, mulai dari Rp100 ribu hingga Rp5 juta. Tabungan pendidikan ini juga dilengkapi dengan perlindungan asuransi bebas premi.

5. Britama Rencana

Britama Rencana merupakan tabungan investasi dengan setoran tetap bulanan, mulai mulai dari Rp100 ribu hingga Rp5 juta. Setoran tambahan juga bisa dilakukan sewaktu-waktu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Untuk jangka waktu, nasabah bebas menentukannya, mulai dari 1 tahun hingga 20 tahun.

Berbeda dengan bank lainnya, dana tabungan ini bisa dicairkan kapan saja tanpa dikenakan biaya. Jadi, jika suatu saat Moms dan Dads butuh dana darurat, Anda bisa menariknya kapan saja. Tak hanya itu, tabungan ini juga dilengkapi dengan fasilitas perlindungan asuransi jiwa bagi nasabah hingga Rp1 miliar.

Nah, sekarang Moms dan Dads tinggal pilih, Anda mau produk tabungan yang mana untuk dana pendidikan Si Kecil. Selamat menabung! (M&B/SW/Foto: Jcomp/Freepik)