Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Mengenal Sleeping Mask dan Manfaatnya untuk Wajah Anda

Mengenal Sleeping Mask dan Manfaatnya untuk Wajah Anda

Melakukan perawatan wajah sebelum tidur merupakan hal yang penting dilakukan setiap perempuan. Selama tidur, kulit memiliki tingkat metabolisme yang lebih tinggi, yang akan membantu dalam regenerasi dan perbaikan sel serta jaringan kulit yang mengalami kerusakan, termasuk kulit wajah.

Sleeping mask merupakan salah satu opsi yang baik dalam produk perawatan kulit untuk mendukung kesehatan kulit wajah di malam hari. Namun, Moms tahu enggak sih, apa itu sleeping mask dan apa saja manfaatnya? Simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu sleeping mask?

Sleeping mask, atau dikenal juga dengan sebutan masker malam, merupakan produk perawatan kulit yang dioleskan sebelum tidur dan dibiarkan semalaman untuk memberikan manfaat lebih.

Cukup aplikasikan sleeping mask pada area kulit wajah yang sudah dibersihkan, lalu tunggu selama 30 menit sebelum tidur sehingga berbagai bahan aktif dalam sleeping mask bisa terserap oleh kulit dan tidak menempel pada bantal. Pada pagi harinya, bilas wajah dengan air sampai bersih.

Sleeping mask memang dirancang untuk menempel lebih lama pada wajah, sehingga hasilnya dapat terserap lebih dalam ke dalam kulit selama semalaman. Sleeping mask juga bisa digunakan siapa pun, tapi manfaatnya akan optimal jika digunakan oleh kulit yang cenderung kehilangan kelembapannya atau dehidrasi.

Manfaat sleeping mask

1. Melembapkan kulit

Manfaat utama dari penggunaan sleeping mask adalah untuk melembapkan kulit. Sleeping mask kaya akan bahan-bahan yang memberikan kelembapan intensif pada kulit Anda. Saat Anda tidur, sleeping mask akan bekerja untuk mengunci kelembapan, menghidrasi kulit, dan memberikan sensasi kesegaran saat Anda bangun di pagi hari.

2. Mencerahkan kulit

Menggunakan masker secara teratur di malam hari bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang eksfoliasi pada kulit Anda. Ini akan membuat kulit wajah terlihat lebih cerah. Selain itu, kulit Anda akan tampak lebih bersinar dan bercahaya. Dengan demikian, Anda bisa mengatasi masalah kulit kusam.

3. Melindungi kulit

Selain bisa menyerap hingga lapisan kulit yang paling dalam, sleeping mask juga punya kemampuan untuk melindungi kulit dari debu dan kotoran yang bisa menyumbat pori-pori.

Sleeping mask membentuk lapisan pelindung yang akan mencegah kotoran dan debu menempel pada pori-pori. Bukan cuma itu, lapisan tersebut juga membantu menjaga bahan aktif di dalam sleeping mask tetap terkunci, sehingga bisa bekerja secara efektif dalam menembus kulit. Selama digunakan semalaman, sleeping mask tidak akan menguap sehingga manfaatnya akan bertahan lebih lama.

4. Membantu regenerasi kulit

Mengutip Alodokter, regenerasi kulit terjadi di malam hari. Puncak regenerasi kulit tersebut biasanya terjadi pada jam 10 malam, di mana sel-sel kulit berganti dua kali lebih banyak dibandingkan di siang hari. Karena itu, menggunakan sleeping mask akan membantu meregenerasi kulit Anda di malam hari.

Untuk mendapatkan manfaat ini, penting buat Anda memilih dan menggunakan sleeping mask yang khusus dirancang dengan nutrisi dan vitamin yang mampu membantu memperbaiki kondisi kulit Anda. Misalnya, Moms bisa memilih sleeping mask yang diformulasikan khusus untuk mengatasi masalah jerawat.

Vitamin dan nutrisi yang terkandung di dalam masker tersebut akan diserap dengan baik oleh kulit. Dengan penggunaan secara rutin, kulit Anda bisa melakukan regenerasi dan kondisinya akan membaik seperti sebelumnya.

5. Menjaga keremajaan kulit

Sleeping mask juga memiliki kemampuan untuk menjaga kekenyalan kulit dan mencegah penuaan. Dengan kandungan nutrisi dan hidrasi yang terdapat di dalamnya, masker ini akan memberikan manfaat bagi kulit agar terlihat lebih kenyal, halus, mulus, dan tampak sempurna. Dengan menggunakan sleeping mask, kulit pun akan terhindar dari munculnya garis-garis halus dan bintik-bintik hitam yang bisa mengganggu penampilan.

6. Memberikan efek relaksasi

Selain manfaat perawatan kulit, menggunakan sleeping mask juga mampu memberikan efek relaksasi dan membantu Anda tidur dengan nyenyak. Aromaterapi yang terkandung dalam beberapa jenis sleeping mask bisa menenangkan pikiran dan meningkatkan kualitas tidur Anda.

Dengan memasukkan sleeping mask ke dalam rangkaian skincare malam, Moms bisa merasakan semua manfaat yang sudah disebutkan di atas. Pastikan juga Anda memilih sleeping mask yang sesuai dengan jenis dan masalah kulit. Jangan lupa menggunakan secara teratur untuk hasil yang optimal. (M&B/Talitha Putik Arawanda/SW/Foto: Freepik)