Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Fakta Menarik di Balik Film Disney The Little Mermaid

7 Fakta Menarik di Balik Film Disney The Little Mermaid

Sejak Moms masih kecil, tayangan dan karakter Disney pasti sudah menemani hari-hari Anda. Hingga sekarang sudah punya anak, Disney memang enggak pernah bosan berinovasi dan menghadirkan film-filmnya yang selalu keren. Nah, para pecinta Disney pasti sudah enggak asing dengan karakter Princess Ariel dari film The Little Mermaid yang sudah hadir sejak 1989.

Berita baiknya, di Mei 2023 ini Disney meluncurkan film live action The Little Mermaid, lho! Film karya sutradara Rob Marshall ini dibintangi oleh Halle Bailey sebagai pemeran utamanya. Enggak cuma ceritanya yang menarik, The Little Mermaid juga punya banyak fakta menarik yang jarang diketahui nih, Moms. Penasaran? Read on!

1. Berasal dari dongeng klasik

Para penggemar The Little Mermaid pasti tahu kalau film Disney yang satu ini sudah dibuat sejak tahun 1989. Namun, tahukah Moms kalau The Little Mermaid merupakan film adaptasi dari dongeng klasik yang ditulis oleh Hans Christian. Menariknya lagi, dongeng klasik ini sudah ada sejak 1830-an lho, Moms. Keren banget ya, karyanya masih mendunia sampai sekarang.

2. Banyak pro dan kontra

Princess Ariel bisa dibilang karakter Disney yang paling berbeda dengan Princess lainnya. Rambutnya merah, tinggal di lautan, dan memiliki banyak saudara perempuan yang mirip semua. Namun di versi live action ini, karakter-karakter The Little Mermaid banyak menuai pro dan kontra.

Ariel adalah tokoh yang paling disorot karena secara fisik terbilang sangat berbeda dari versi animasinya. Begitu pun dengan saudara-saudaranya yang memiliki ciri fisik berbeda-beda, walaupun sama-sama anak King Triton.

3. Banyak nama yang berubah

Moms pasti tahu kalau Ariel adalah anak ke-7 dari 7 bersaudara. Ariel punya 6 kakak perempuan yang semua namanya berawalan huruf A: Attina, Alana, Aquata, Arista, Adella, Andrina. Nah, di versi live action ini, nama-nama kakak perempuan Ariel berubah menjadi berakhiran A: Perla, Indira, Mala, Tamika, Karina, dan Caspia.

Lalu, Ariel kok namanya beda sendiri karena tidak berakhiran huruf A? Ini rupanya dijadikan petunjuk karakter Ariel yang sedikit rebel dan berbeda dengan kakak-kakaknya. She’s born to be stand out!

4. Motivasi Ariel berubah

Masih ingat kenapa Ariel sangat ingin berubah menjadi manusia? Ya, karena Ariel jatuh cinta dengan seorang pangeran yang tinggal di darat dan ia ingin menjadi manusia agar bisa bersatu dengan pangeran tersebut.

Di versi live action ini motivasi Ariel menjadi manusia pun berubah. Di sini, Ariel ingin menjadi manusia karena ingin mematahkan stigma tentang manusia adalah sosok yang jahat. Ariel ingin membuktikan bahwa tidak ada yang salah dengan manusia yang berada di daratan, manusia tidak berbeda dengan mermaid.

5. Ariel tinggal di Caribbean

Versi asli The Little Mermaid tidak pernah menyebutkan mereka tinggal di laut mana. Tapi di versi live action ini, ada adegan Ariel dan Eric yang menunjukkan mereka berada di suatu pulau di South America, Caribbean. Keterangan lokasi ini juga semakin ditunjukkan dengan pakaian dan budaya orang-orang yang menjadi detail di film ketika Ariel dan Eric meninggalkan istana.

6. Komposer lagunya masih sama

Fakta menarik di balik film The Little Mermaid adalah komposer yang menggubah lagunya masih sama dengan komposer versi animasi tahun 1989. Komposer itu adalah Alan Menken, komposer beken yang sudah sering menghasilkan karya untuk film Disney. Alan yang membuat lagu untuk The Little Mermaid 1989, kini juga menjadi komposer The Little Mermaid 2023. Ia berkolaborasi dengan penulis lagu Lin-Manuel Miranda.

7. Pengisi suara jadi cameo

Jodi Benson adalah pengisi suara Ariel di versi animasi tahun 1989. Suara Jodi sangat erat di telinga anak-anak yang tumbuh besar bersama film animasi Ariel. Nah, untuk itu, Jodi Benson tampil sebagai cameo penjaga toko di film versi live action ini.

Adegannya adalah Ariel sedang jalan-jalan di pasar dan bertemu dengan penjaga toko makanan. Ia adalah Jodi Benson, yang menawarkan semangkuk makanan untuk Ariel. Jodi memberikan garpu untuk Ariel mencoba makanan, yang malah Ariel pakai untuk menyisir rambut. Adegan ini sangat nostalgic lho, Moms!

Walaupun punya banyak perbedaan dengan versi aslinya, film ini tetap layak untuk ditonton. Sambil quality time dengan Si Kecil, Anda juga bisa sekalian nostalgia masa kecil saat menonton The Little Mermaid nih, Moms. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Dok. Disney)