Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Dukung Persiapan Anak Kembali ke Sekolah, IKEA Hadirkan Back to School Program

Dukung Persiapan Anak Kembali ke Sekolah, IKEA Hadirkan Back to School Program

Momentum menyambut tahun ajaran baru sering kali menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua, terutama untuk memulai kembali rutinitas anak, dan mengembalikan mood Si Kecil setelah melewati libur panjang.

Meski masih ada waktu cukup lama sebelum dimulainya tahun ajaran baru, mempersiapkan anak untuk siap sekolah sangatlah penting, terutama buat Si Kecil yang baru mau masuk sekolah tahun ini.

Menurut Psikolog Amanda Margia Wiranata, S.Psi., M.Psi., dengan masih ada waktu yang cukup, hal tersebut justru menjadi kesempatan buat Moms dan Dads untuk mengajarkan agar anak tidak perlu takut dan khawatir masuk sekolah di hari pertama.

Menurut Amanda, langkah awal yang bisa orang tua lakukan untuk mengembalikan mood anak agar semangat kembali ke sekolah setelah libur panjang salah satunya adalah dengan mempersiapkan perangkat dan fasilitas belajar di rumah, contohnya dengan mempersiapkan meja belajar.

“Kalau dapat suasana yang baru, (seperti) penataan meja belajar yang baru, mungkin bisa menambah mood anak. Atau mungkin (dengan) pewarnaan, kasih cat (baru) atau aksesoris yang bisa menambah mood anak. Sehingga anak jadi punya harapan, ketika nanti masuk sekolah, ‘aku sudah siap dengan alat tulis, dengan buku-buku yang diperlukan’. Dan dia sudah lebih siap untuk membuka diri terhadap pengalaman-pengalaman baru nanti di kelas dan dengan teman-temannya. Dengan begitu anak akan merasa nyaman masuk sekolah.”

Peran orang tua pada hari pertama ajaran baru memang sangat penting, karena hal tersebut dapat memengaruhi kepercayaan diri yang akan menjadi pondasi dalam proses pembelajaran anak di hari-hari selanjutnya. Karena itu, IKEA Indonesia berkomitmen untuk selalu mendampingi orang tua dalam melakukan segala persiapan secara maksimal melalui program Back to School.

Ririn Basuki selaku Communication & Public Relations Manager IKEA Indonesia mengatakan bahwa program Back to School bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan inspirasi dalam mengembalikan semangat anak bersekolah melalui perubahan kecil yang dapat diaplikasikan oleh para orang tua di rumah.

“Sebagai orang tua, kita dituntut untuk bisa memahami apa yang dibutuhkan anak untuk kembali ke sekolah. Orang tua bisa memulai dengan menyiapkan ruang belajar yang nyaman, menyediakan perlengkapan sekolah mulai dari alat tulis sampai dengan perlengkapan pendukung lainnya yang dapat menumbuhkan semangat belajar anak dan memicu mereka untuk menuangkan kreativitasnya, ”papar Ririn saat Press Conference IKEA Back to School Program (6/6/2023).

Dalam program ini, ada banyak edukasi, tips, dan tricks yang bisa membantu orang tua dalam mempersiapkan kebutuhan anak sebelum memasuki tahun ajaran baru.

“Masing-masing anak pastinya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dan pastinya harus disesuaikan dengan fase tumbuh kembang mereka. Sebagai contoh, anak yang berada di fase taman kanak-kanak cenderung suka bermain dan mengeksplorasi hal-hal baru di sekitarnya. Orang tua bisa memfasilitasi dengan perabot seperti meja kecil, papan tulis, dan perlengkapan yang bisa mereka gunakan untuk berkreasi,” lanjut Ririn.

IKEA Back to School Program sendiri memiliki berbagai rangkaian workshop persiapan anak untuk kembali ke sekolah. Seluruh informasi lengkap mengenai program ini bisa Moms dan Dads lihat langsung di website IKEA Indonesia. (M&B/SW/Foto: Dok. IKEA)