Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rekomendasi Produk Skincare untuk Hilangkan Flek Hitam di Wajah

Rekomendasi Produk Skincare untuk Hilangkan Flek Hitam di Wajah

Dari sekian banyak permasalahan kulit, flek hitam adalah salah satu yang suka bikin keki. Setuju, Moms? Dikutip dari Vogue, Dr. Michele Green, dermatologis di New York City, menyebutkan bahwa flek hitam terjadi ketika kulit memproduksi melanin terlalu banyak.

Penyebabnya bisa beragam, mulai dari paparan sinar matahari, kurangnya nutrisi, hingga penuaan. “Meskipun begitu, hampir semua flek hitam adalah hasil dari paparan sinar matahari,” ujar Dr. Green. Terkadang, paparan sinar matahari menyebabkan produksi melanin yang tak seimbang. Melanin yang berlebih kemudian menumpuk dan menimbulkan flek hitam.

Singkatnya, flek hitam merupakan kasus hiperpigmentasi. Karena itu, flek hitam sebenarnya bisa dicegah dengan penggunaan sunblock atau sunscreen dengan takaran SPF yang cukup. Moms perlu segera berkonsultasi dengan dokter jika flek hitam berubah warna, bentuk, dan ukuran untuk waspada terhadap kanker kulit.

Lalu, apa yang bisa dilakukan jika flek hitam sudah muncul di kulit wajah? Moms bisa gunakan produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan, vitamin (A,C, atau E), ferulic acid, resveratrol, niacinamide, atau retinol. Selain itu, jangan lupa rutin mengeksfoliasi untuk menghilangkan sel kulit mati dan menjaga kulit wajah tetap segar dan sehat.

Walaupun begitu, memilih produk perawatan kulit untuk menghilangkan flek hitam pada wajah bisa tricky ya, Moms. Tak perlu khawatir, karena kali ini M&B telah mengkurasi beberapa produk efektif untuk menghilangkan flek hitam. Let’s scroll down below, Moms!

1. Kiehl’s Clearly Corrective Dark Spot Solution

Brand asal Amerika Serikat ini bertugas untuk menyamarkan flek hitam, meratakan warna kulit, memudarkan bekas jerawat, serta mencerahkan kulit wajah Anda. Serum ini tak mengandung silikon, pewangi, pewangi buatan, dan bebas paraben, sehingga aman digunakan untuk Anda yang memiliki kulit sensitif sekalipun. Bahan aktif pada serum ini adalah ethyl ascorbic acid atau vitamin C.

2. Lacoco Dark Spot Essence

Dengan bahan aktif AHA, BHA, PHA, niacinamide, serta licorice extract, esens dari Lacoco ini bermanfaat untuk menyamarkan flek hitam kulit serta menghilangkan bekas jerawat atau bopeng. Tak hanya itu, esens ini juga mampu membantu melembapkan dan mencerahkan kulit wajah Anda. Untuk hasil yang maksimal, Moms bisa gunakan produk ini setiap 2-3 kali seminggu.

3. Skintific SymWhite 377 Dark Spot Serum

Mengandung ceramide, serum dari Skintific ini mampu menjaga kelembapan sehingga membantu memudarkan flek hitam di wajah. Selain itu, kombinasi dari niacinamide dan tranexamic acid berperan sebagai agen anti-inflamasi yang menenangkan jaringan kulit. Karena itu, serum ini bisa bekerja efektif untuk menekan produksi melanin penyebab flek hitam.

4. Somethinc Dark Spot Reducer Ampoule

Berjenis ampoule, produk penyamar flek hitam dari Somethinc ini memiliki konsentrat bahan aktif yang lebih tinggi. Produk ini diformulasikan dengan tranexamoyl dipeptide-23, oligopeptide-2, dan d-panthenol yang akan menjaga kelembapan kulit sekaligus mencerahkan kulit dan menyamarkan flek hitam pada wajah.

5. SK-II GenOptics Aura Essence

Dengan teknologi formulasi GenOptics Aura Complex, De-Meano P3CTMI, yang mengandung inositol, niacinamide galactomyces atau PITERA, serta ekstrak tanaman prunus yang kaya antioksidan, esens dari SK-II ini cepat meresap sehingga ampuh untuk menyamarkan flek hitam di wajah Anda. Tak hanya itu, esens ini juga bermanfaat untuk mencerahkan dan menjaga kulit Anda dari penuaan dini. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)