Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Pelajaran Hidup yang Bisa Ditiru dari Drakor Doctor Cha

7 Pelajaran Hidup yang Bisa Ditiru dari Drakor Doctor Cha

Moms, me time memang paling seru nonton drakor alias drama Korea, ya? Nah, salah satu drakor yang sedang ramai dibahas adalah Doctor Cha yang tayang di Netflix sejak 15 April 2023 lalu. Drakor 16 episode ini enggak cuma seru, tapi juga relate banget dengan kehidupan para ibu.

Drakor ini mengisahkan sosok Cha Jeong-suk (diperankan oleh Uhm Jung-hwa), seorang ibu yang rela menghentikan kariernya sebagai dokter demi mengurus keluarga. Selama 20 tahun, Jeong-suk berusaha menjadi ibu, istri, dan menantu yang sempurna, tapi usahanya lama-lama tidak dihargai. Kesal, Jeong-suk pun akhirnya memutuskan untuk kembali sekolah dokter spesialis dan melanjutkan mimpi besarnya yang sempat tertunda 20 tahun.

Walau suaminya seorang profesor di rumah sakit terkemuka, perjalanan Jeong-suk dalam menuntut ilmu tak berjalan lancar dan tanpa privilese apa pun. Jeong-suk bahkan harus berakting tidak mengenal suaminya sendiri selama di rumah sakit. Mirisnya, kebaikan dokter Cha justru dibalas air tuba. Perlahan perselingkuhan suaminya dengan Choi Seung-hee, profesor cantik sekaligus mantan kekasih Seo In-ho, suami dokter Cha. 

Begitu banyak pelajaran hidup yang bisa diambil dari drakor Doctor Cha ini. Tak hanya pelajaran soal berkeluarga, tetapi juga soal dedikasi dan ambisi dalam meraih cita-cita. Belajar dari Cha Jeong-suk, yuk cermati beberapa pelajaran kehidupan ini!

1. Ibu rela melakukan segalanya demi anak

Pernah menjadi mahasiswa kedokteran terpintar di angkatannya, dokter Cha rela gantung ijazah demi mengurus keluarga, khususnya kedua anaknya. Baginya, tidak ada yang lebih penting daripada memastikan anak-anaknya tumbuh optimal. Pengorbanan lainnya adalah walau tahu suaminya selingkuh, dokter Cha sempat memilih diam dan merahasiakannya dari keluarga. Ia tidak ingin kedua anaknya terluka jika orang tua mereka bercerai.

2. Kebohongan pasti terungkap

Sebaik-baiknya Seon In-ho menutupi perselingkuhannya, akhirnya terbongkar juga. Walau fakta itu sangat menyakitkan bagi dokter Cha, seorang istri tentu berhak tahu fakta di balik kebohongan suaminya.

Pernikahan yang dilandasi kebohongan hanya membuahkan kesengsaraan. Sebelum kemelut rumah tangga makin kelam, biasakan untuk selalu mengusung kejujuran antara suami istri. Jangan sampai kisah seperti Seo In-ho merusak rumah tangga.

3. Tak ada kata terlambat mengejar cita-cita

Seperti yang Moms tahu, dokter Cha adalah contoh ibu yang rela mengubur cita-citanya selama 20 tahun demi mengurus keluarga. Namun, siapa sangka, kejenuhan dan rasa tidak dihargai yang ia terima justru menjadi cambuk yang membakar semangatnya untuk meraih cita-cita.

Ya, dokter Cha kembali menjadi mahasiswi dan mengambil spesialisasi dokter keluarga, suatu hal yang seharusnya sudah ia lakukan 20 tahun lalu. Tak ada kata terlambat, walaupun tak mudah, tetapi di episode 16 kita bisa menjadi saksi kesuksesan dokter Cha meraih mimpi yang tertunda.

4. Jangan menggantungkan kebahagiaan pada orang lain

Sebelumnya, dokter Cha menggantungkan kebahagiaannya pada suami dan keluarganya. Ia merasa kebahagiaan harus selalu dinikmati bersama keluarga. Bayangkan betapa hancur hatinya ketika keluarganya tidak punya banyak waktu lagi untuk dihabiskan bersama. Kesibukan suami dan anak-anaknya membuatnya terjebak di sebuah kehampaan.

Sadar kalau kebahagiaan harus ia ciptakan sendiri, maka dokter Cha mulai melakukan hal-hal yang ia inginkan, mulai dari belanja, spa, hingga mengejar cita-cita yang lama tertunda; menjadi dokter spesialis; dan jalan-jalan naik motor besar! Wah, keren ya, Moms.

5. Kesetiaan mahal harganya

Selama ini Seo In-ho seperti kurang bersyukur memiliki istri yang sangat setia dan serba bisa. Namun sayang, itu semua justru ia balas dengan perselingkuhan. Ketika dokter Cha akhirnya memilih untuk pergi dan memutuskan bercerai, Seo In-ho baru sadar kalau ia telah menyia-nyiakan sosok wanita yang sangat hebat.

Menyesalkah Seo In-ho? Tentu saja penyesalannya sangat dalam, tapi keputusan dokter Cha sudah bulat. Pelajaran untuk para Dads, ketahuilah kalau kesetiaan adalah hal mewah yang mahal harganya. Appreciate that!

6. Tak ada pelarian cinta

Spoiler alert: Di episode 16, profesor Roy Kim akhirnya mengungkapkan cintanya pada dokter Cha. Dokter Cha yang baru saja resmi bercerai dari Seo In-ho, bisa saja menerima cinta Roy dan membina rumah tangga bersamanya. Namun, dokter Cha tidak ingin gegabah dan tidak ingin menerima cinta Roy hanya demi pelarian.

Setelah menyandang status janda, dokter Cha ingin mengejar cita-cita dan membahagiakan diri juga ibunya terlebih dahulu. Ia membuka sebuah restoran, tempat praktik dokter, dan tempat tinggal dengan rumah kaca untuk ibunya bercocok tanam. Good choice, doc!

7. Kejahatan dibalas dengan kebaikan

Dokter Cha menerima perlakuan jahat dari banyak orang, mulai dari suaminya sendiri, Seung-hee si selingkuhan, dan bahkan mertuanya sendiri. Apakah dokter Cha membalas mereka dengan kejahatan yang sama? Ternyata tidak! Dokter Cha tetap bersikap baik dan penuh hormat, karena hidup sudah penat, tidak perlu menambah kepenatan dengan dengki dan dendam. Benar kan, Moms? (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Instagram @jtbcdrama)